Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan supaya Diet Tetap Aman dan Sehat

Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan
Assalamu'alaikum para pembaca setia, kali ini saya mau mencoba berikhtiar menulis konsisten selama Bulan Ramadhan. Mengapa demikian? Karena saya mau ikutan BPN Ramadan Blog Challenge 2024. Yah meskipun belum tau nantinya bakal sejauh apa dan sekuat apa menulis dikejar deadline begini. Yang penting mau ikut semangat menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan menulis bermanfaat. Marhaban Yaa Ramadhan.

Nah challenge kali ini cukup berbeda nih dari yang pernah saya ikuti sebelumnya, biasanya tantangan menulis 30 hari penuh, sekarang jadi tantangan bermain-main dengan keyword di blog. Jadi, Blogger Perempuan Network sudah membuat beberapa list keyword yang bisa kita pakai sebagai panduan menulis. Pada hari pertama tantangan menulis kali ini saya mau ngasih tips-tips berpuasa, terutama buat kalian yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan supaya Diet Tetap Aman dan Sehat

Siapa nih yang berpuasa tapi sedang program diet? Ingin menurunkan berat badan, menjaga agar tetap proporsional dan ideal, atau hanya sekedar ingin menjalani pola hidup sehat. Saat berpuasa adalah waktu yang tepat untuk melakukan diet, karena kita akan mendapatkan pahala sekaligus tubuh yang lebih sehat, ibaratnya sekali dayung dua pulau terlampaui. Namun saat berpuasa tentu harus diimbangi juga dengan beberapa hal yang mendukung program diet kita, jangan sampai sudah berpuasa seharian tapi malah gagal diet karena balas dendam saat berbuka. Ngerti kan balas dendam yang bagaimana? Apalagi puasa sambil diet yang menyiksa diri sendiri, seperti sengaja tidak sahur atau berbuka hanya dengan minum manis. Aduhh! Kasian lambungnya lho. Itu mah bukan diet sehat, justru malah kita menjalani puasa yang tidak aman untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah tips berpuasa di Bulan Ramadhan supaya diet tetap aman dan sehat :

1. Jangan melewatkan sahur

Mengawali puasa dengan sahur sangat dianjurkan ketika kita memutuskan berpuasa sambil menjalani program diet. Justru sahur tidak boleh dilewatkan karena makan sahur dapat menjaga energi saat berpuasa dan mengontrol porsi makan selama berbuka. Bayangkan saja ketika kita berpuasa tanpa sahur terlebih dahulu, artinya perut kita akan kosong sepanjang hari, energi tetap terkuras karena aktivitas seharian, hal tersebut dapat menimbulkan perilaku impulsif saat berbuka karena kita cenderung makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Biasanya saat berbuka puasa pun akan lebih 'craving for sugar' alias nyari yang manis-manis dan juga makanan yang berminyak, niat diet supaya BB ideal malah gagal seketika. Jadi jangan lupa untuk sahur ya teman-teman.

2. Pilihlah makanan yang sehat

Memilih makanan yang sehat dan tepat dapat membantu tubuh kita beradaptasi selama berpuasa. Kita bisa menentukan menu makanan berdasarkan waktu sahur dan berbuka. Ketika sahur, pilihlah makanan yang lumayan lambat dicerna supaya kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar, seperti kelompok makanan karbohidrat dan berserat. Contohnya oatmeal, sereal, kentang, gandum, kacang-kacangan dan juga sayuran. Sedangkan untuk menu berbuka kita bisa mengawali dengan makan makanan sehat yang bisa mengembalikan energi, seperi kurma dan buah-buahan manis. Lalu dilanjutkan dengan hidangan utama yang lengkap dan seimbang komposisinya.

Usahakan untuk mengurangi makanan/minuman yang manis dan berlemak karena bisa menggagalkan rencana diet yang sudah kita susun sebelumnya.

3. Hindari minuman berkafein

Minuman berkafein tinggi bisa kita temui dari kopi maupun teh. Hindari minuman berkafein tinggi, terutama saat sahur karena bisa memicu rasa haus yang terus menerus dan meningkatkan rasa lapar. Setelah berpuasa seharian, kadar gula darah akan turun, sehingga untuk mengembalikan gula darah dalam tubuh sebaiknya saat berbuka kita mengonsumsi kurma atau madu sebagai pengganti gula dapur, dan mengganti minuman dengan kandungan manis alami (bukan gula), contoh : wedang madu hangat. Mantaps ini.

4. Minum air mineral yang cukup

Karena berpuasa selama lebih dari 12 jam sehari, yang mana kita dilarang untuk makan maupun minum. Proses berpuasa meningkatkan resiko tubuh kita mengalami kekeringan atau dehidrasi. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita mampu mengatur pola minum dan memberikan hidrasi tubuh dengan porsi yang cukup. Tetaplah berteguh pendirian dengan jadwal minum minimal 8 gelas sehari, meskipun kondisi berpuasa tidak menghalangi kita untuk minum air dengan cukup. Kita sendiri bisa mengatur jadwal minum air untuk sahur dan selama berbuka hingga sahur kembali. 

5. Tetap berolahraga ringan

Berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Meskipun sedang berpuasa kita juga bisa berolahraga ringan lho. Kalau kalian takut kehilangan cadangan  energi di siang hari, bisa banget dilakukan malam hari setelah sholat terawih. Namun olahraga ringan seperti yoga, stretching, atau senam tidak memerlukan energi dan waktu terlalu banyak, jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Cukup sederhana bukan tips untuk diet sehat selama berpuasa? Yuk sharing tips apa lagi yang bisa diterapkan selama berpuasa?


***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

2 komentar

  1. Makasih sharingnya. Yup, sudahsejak lama aku kurangi nasi. Dan puasa jadi lebih semangat karena mau tak mau makannya juga berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bun, saya juga kurangi nasi, tidak se-barbar dulu kalau makan. Karbo itu kalau kebanyakan ya jahat juga buat badan ya bun 🙃 Semangat untuk puasanya 🥰

      Hapus