Buat Kamu Working Mom, Yuks Recook Menu Sahur Praktis Ini untuk Keluarga

Ide Menu Sahur Praktis
Assalamu'alaikum teman-teman blogger, yang mampir kesini kebanyakan blogger juga kan ya? Hehe gapapa lah sekali-sekali nyapanya begini. Btw, terima kasih juga buat teman-teman online yang sengaja maupun tidak sengaja mampir kesini karena link yang tersebar di medsos. Welcome to the jungle! Iya hutan, kan blognya udah serba hijau-hijau begini.

Kali ini saya mau bahas soal menu sahur praktis, sekalian share resep enaknya boleh kan ya? yang pastinya membantu sekali buat para istri + working mom macam saya gini. Eh gak cuma working mom sih, ibu rumah tangga juga kebanyakan nyari yang praktis dan simple buat makan sahur, selain karena waktunya yang minim sekali buat persiapan memasak, kadang juga karena ide yang stuck begitu saja. Ujung-ujungnya kan pasti mencari yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Begitulah konsep makan sahur yang praktis.

Nah resep yang mau saya share di sini adalah sebuah racun dari Bulik saya sendiri, pantesnya sih dipanggil Mbak aja dibanding Bulik. Sekarang mah agak gahoel dikit manggilnya "onti", ceilah biar macam lidah internesionel begitu deh. Dah balik lagi ke topik ya, kemarin dia liburan seminggu di Mojokerto sini dan sebelum datang minta dibelikan Kanzler Crispy Nugget, tau kan yang mana? Katanya mau bereksperimen karena lihat di TikTok yang lagi viral. Iya viral sih, tapi nyatanya saya lebih kudet dari yang kalian bayangkan, karena belum tau yang dimaksud makanan seperti apa. Bahkan jenis nuggetnya aja baru tau pas saya beli di toko frozenan gitu.

Lalu pas dia sampai di Mojokerto dan besokannya langsung ngajakin masak makanan ini nih, eh dicoba-coba enak juga, eh kok bikin nagih ini. Terus karena mau bulan Ramadan, saya dan mama pun kepikiran kalau masakan seperti ini bisa buat menu sahur kan ya, bahannya 1 macam, bumbu pelengkapnya pun gak neko-neko, cusss praktik deh rumah kalian!

Kanzler Nugget Cabe Garam

Kanzlet Nugget Cabe Garam
Bahan :

  • 10 buah nugget
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 10 siung bawang merah potong kasar
  • 10 buah cabe rawit potong kecil-kecil
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur/ayam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuat :

  1. Goreng nugget sedikit kecoklatan dan potong-potong menjadi 3-4 bagian sesuai selera
  2. Tumis semua bumbu dengan api sedang
  3. Jika bumbu sudah agak mengering, masukkan nugget potong lalu masak hingga kering
  4. Masakan siap disajikan

Gimana? Simple dan gak butuh waktu lama buat food prep kan? Masakan ini berhasil menjadi sebuah hidangan yang bikin nasi cepat habis, alias nambah terus nambah lagi. Sebelumnya saya pernah masak dengan bahan Telur, cuma bedanya saya tambahkan terasi kering supaya lebih sedap dan nampol rasanya. Dan rasanya nggak gagal juga, cobain deh! 

Selain resep di atas, saya juga mau berbagi ide menu sahur praktis yang dapat kalian hidangkan untuk makan sekeluarga, dijamin sat set wat wet tapi bisa bikin perut kenyang dan sahur pun aman jaya no drama. Apa saja menunya ya?

1. Telur Dadar/Omelet Jawa
Menu Sahur Praktis Telur Dadar
2. Tempe Kecap
Menu Sahur Praktis Tempe Kecap
3. Cah Kangkung
Menu Sahur Praktis Cah Kangkung
4. Telur Orak Arik
Menu Sahur Praktis Telur Orak Arik
5. Sup Telur Jagung
Menu Sahur Praktis Sup Telur Jagung

Yuk tambahin lagi ide makan sahur praktis versi kalian, coba deh sebutkan menu andalan keluarga di rumah, apakah ada yang sama dengan list di atas?

Namun meskipun praktis-praktis begitu, jangan lupa ditambah dengan makanan/minuman pelengkap lainnya yaa. Karena kita harus beraktivitas yang menguras energi tanpa makan dan minum seharian, jadi usahakan memilih asupan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa. 

Berikut ini ada beberapa pilihan menu pelengkap sahur yang bisa kalian ikuti?

  • Air madu hangat
  • Buah-buahan
  • Infused Water
  • Salad/sayur-sayuran
  • Vitamin suplemen

Bisa dipilih salah satu atau dua, bebas sesuai mana yang kalian suka. Kalau dibayangin aja emang keliatan ribet ya, tapi ribet atau tidak itu tergantung dari kalian mengatur waktunya. Untuk air madu hangat bisa kalian bikin dalam waktu yang singkat, sedangkan makanan lain bisa kalian siapkan malam sebelumnya sehabis sholat terawih (dimasukkan ke lemari pendingin yah teman-teman), jadi pas sahur tinggal buka kulkas saja, dijamin pola hidup lebih sehat tanpa tapi.

Sekian sharing tentang menu sahur praktis dari saya, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi semua pembacanya. Jangan lupa mampir lagi di blogpost lainnya yah. Semoga berkah puasanya di bulan Ramadan! 

***

Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Tidak ada komentar

Posting Komentar