7 Contoh Kegiatan Sosial yang Cocok Dilakukan saat Bulan Ramadan

Kegiatan Sosial selama Ramadan
Assalamu'alaikum, akhirnya udah sampai di postingan yang ke 10. Bela-belain nulis pas jam istirahat dan editing gambarnya sehabis sahur sambil nunggu sholat subuh. Finally, bisa sampai sini dan gak sabar kurang sedikit lagi gaes. Tolong banget buat diri sendiri, selesaikan sampai postingan ke 15 yah! Aamiin. Langsung masuk ke topik aja yuk! 

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, pada bulan yang suci ini umat muslim bersama-sama melakukan ibadah puasa dan diwajibkan untuk menahan hawa nafsu (makan/minum, dll) sebagai bentuk ketakwaan kita terhadap Allah SWT. Selain berpuasa tanpa makan dan minum, banyak sekali kegiatan selama bulan Ramadan yang bisa kita lakukan agar puasa kita mendapatkan banyak pahala.

Sebagai fitrahnya manusia, tentunya bersosialisasi itu sangat penting dalam kehidupan masyarakat guna mempererat hubungan antar manusia, menambah ilmu dan membentuk kepribadian yang unik sebagai karakter bermasyarakat. Pada bulan kebaikan ini, biasanya banyak orang berramai-ramai melakukan kegiatan sosial dengan tujuan mencari keberkahan Ramadan semaksimal mungkin.

Oleh karena itu ada baiknya kita memilih kegiatan sosial yang manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.  Beberapa kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan serta mempererat hubungan persaudaraan antar sesama dan keluarga.

Contoh Kegiatan Sosial saat Bulan Ramadan
Berikut ada beberapa contoh kegiatan sosial yang cocok dilakukan saat bulan Ramadan :

1. Buka Bersama
Berkumpul dan bercengkrama bersama teman-teman seperjuangan atau beberapa circle pertemanan saat berbuka puasa. Buka Bersama atau biasa disebut dengan bukber adalah momen yang tepat untuk mengundang kerabat, teman dan rekan kerja, atau kelompok lainnya untuk duduk makan bersama sambil menyantap hidangan spesial. Kegiatan bukber ini sudah biasa dilaksanakan dan menjadi tradisi dalam bulan Ramadan. Selain itu bukber juga bertujuan untuk memperkuat silaturahmi dan hubungan antar individu.  

2. Berbagi Takjil Gratis
Banyak orang yang terpaksa harus berbuka puasa di jalan, bisa karena pekerjaan atau memang terjebak macet. Oleh karena itu kegiatan berbagai takjil ini dapat menolong para pengendara mobil, motor, atau alat transportasi lain serta pejalan kaki yang masih ada di jalanan ketika waktu berbuka. Biasanya kegiatan ini dilakukan secara berkelompok pada sore hari menjelang buka puasa, caranya dengan menyebar di pinggiran jalan sambil berbagi takjil atau makanan pada semua orang yang melewatinya. Seperti sabda Rasulullah SAW yang mengatakan "barang siapa memberi makan pada orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala seperti orang-orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun". MasyaAllah, mari terus menebar kebaikan.

3. Sahur On The Road (SOTR)
Selain berbagi takjil, ada lagi kegiatan sosial dengan tema berbagi yaitu Sahur On The Road (SOTR). Kegiatan ini biasa dilakukan oleh komunitas atau organisasi tertentu, kalian juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sama seperti takjil, berbagi sahur juga bisa dilakukan di pinggir jalan atau menyebar ke lokasi-lokasi tertentu. Kalian bisa membagikan makan sahur untuk orang-orang yang harus berjuang sejak pagi buta, atau bahkan belum sempat istirahat karena tuntutan ekonomi. Misalnya dibagikan ke tukang sapu, pemulung, anak jalanan, tukang ojek, atau orang lain yang membutuhkan. Dengan makan sahur di jalanan seperti ini, kita bisa merasakan betapa nikmatnya makan bersama di luar dengan orang-orang yang membutuhkan. 

4. Bakti Sosial di Panti Sosial atau Rumah Yatim
Ramadan juga saat yang tepat untuk melakukan bakti sosial di panti sosial atau rumah yatim. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan saat bakti sosial, mulai dari mengajar, bermain, pelatihan, atau sekedar buka puasa bersama dan sholat Terawih berjamaah. Dengan melakukan kegiatan bakti sosial ini, kita bisa saling bertukar pengalaman dan perasaan dengan adik-adik atau orang lain yang nasibnya tak seberuntung kita. Selain berbagi rejeki, kita pun bisa sambil belajar dan introspeksi diri, sarana bersyukur atas kelebihan apapun yang Allah kasih pada kita.

5. Sedekah (anak yatim piatu dan kaum duafa)
Bagi kalian yang memiliki rejeki lebih, juga bisa bersedekah dengan memberikan santunan terhadap anak yatim dan kaum duafa. Dengan menyisihkan sebagian kecil rejeki kita untuk mereka, bisa menambah sedikit kebahagiaan yang belum tentu bisa dirasakan semua orang. Santuan ini bisa berupa uang, parcel sembako, bingkisan kue atau bahkan pakaian untuk persiapan merayakan hari Raya. Ingatlah teman bahwasanya ganjaran selama bulan puasa akan dilipatgandakan dibanding bulan-bulan lainnya. Yuk berlomba-lomba menuju kebaikan!

6. Wakaf Al-Qur'an
Menyedekahkan Al-Qur'an sama halnya dengan sedekah tanah atau bangunan yang utuh. Betapa mulianya orang yang bersedekah Al-Qur'an, dimana yang kita sedekahkan akan menjadi amalan jariyah tak terputus walaupun kita telah tiada. Selagi harta wakaf tersebut selalu digunakan manfaatnya, maka pahala terus mengalir untuk pewakafnya.

7. Membersihkan Masjid dan Peralatan Ibadah
Momen Ramadan bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sarana prasarana Masjid/Mushola, supaya tempat beribadah selalu bersih dan nyaman untuk sholat. Selain membersihkan Masjid, jangan lupa untuk mengganti peralatan ibadah yang ada di dalamnya, contoh mukenah, sarung, sajadah, karpet pembatas shaf sholat. Selagi diganti dengan yang bersih dan wangin, yang lama bisa kita cuci lagi untuk menggantikan stock yang telah terpasang. Dengan mencuci peralatan ibadah ini, secara tidak langsung kita juga ikut andil dalam menyempurnakan syarat sah sholat para jamaah masjid yang sholat di dalamnya. 

Manfaat Melakukan Kegiatan Sosial
Nah dari beberapa pilihan kegiatan sosial di atas, kalian sudah pernah melaksanakan yang mana nih? Selain di bulan Ramadan, kita juga bisa rutin berkegiatan sosial untuk mengisi waktu luang supaya lebih produktif. Dilansir dari laman Young On Top (YOT) berikut ini adalah 10 manfaat kegiatan sosial dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Interaksi sosial dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan emosional, dapat membantu mengurangi stress dan menjadi pribadi yang lebih bahagia
  2. Berinteraksi dengan berbagai macam orang dan situasi sosial membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, seperti mendengar, berbicara, berempati
  3. Memperkuat hubungan pertemanan dan mendapat dukungan sosial
  4. Dapat berkontribusi pada komunitas dan merasa puas karena partisipasinya
  5. Mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang lain, baik dalam pekerjaan atau kehidupan bermasyarakat
  6. Secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit mental seperti depresi dan kecemasan
  7. Dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri karena sudah ikut andil dalam kegiatan sosial
  8. Kegiatan sosial yang sering melibatkan aktivitas positif seperti olahraga, seni, amal atau donasi, bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental
  9. Dapat membangun jaringan profesional yang kuat dan meningkatkan peluang berkarir
  10. Berpartisipasi dalam diskusi sosial membuat kita memiliki pandangan yang luas dan meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam isu dan perspektif
Berloma dalam Kebaikan

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Referensi :

  • Young On Top Website - https://www.youngontop.com/10-manfaat-kegiatan-sosial/

1 komentar

  1. Sahur on the road yg udh lama ga dilakuin 😄. Dulu zaman belum nikah masih ngelakuin ama temen2. Kalo skr, dah ga sanggup hahahaha. Siapin sahur buat kluarga dulu 😅

    BalasHapus