Skincare Routine selama Ramadan - Tips Mendapatkan Kulit Sehat & Glowing

Skincare Routine selama Ramadan
Assalamu'alaikum, sudah hampir selesai separuh awal Ramadan kita nih, ciwi-ciwi apa sudah ada yang bolong? Kalau saya pas bulan Ramadan tuh selalu insecure karena bolongnya mesti pas akhir Ramadan, udah was was aja takut gak bisa ikut sholat eid. Ada yang senasib gak sih? Dah lah yang penting sudah diniatkan untuk beribadah dan mencari pahala semaksimal mungkin ya temans. Allah Maha Tahu kok 😇

Nah selain insecure tentang puasa bolong-bolong, adakah yang ngerasa insecure sama kondisi kulit saat bulan puasa? Karena perubahan pola hidup saat berpuasa kadang juga berpengaruh pada perubahan hormonal, sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, bisa berubah jadi kering, pecah-pecah, bruntusan, iritasi merah-merah, atau breakout keluar jerawat. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika kulit dirawat dengan hati-hati,  baik kulit wajah dan badan. 

Bulan Ramadan tidak bisa dijadikan alasan untuk meninggalkan skincare routine ya teman-teman. Justru saat berpuasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk merawat kulit wajah, sehingga menjadikan pribadi kita supaya lebih mindful dalam pemilihan dan penggunaan produk skincare yang tepat untuk kulit.

Meskipun penampilan bukanlah hal yang paling utama selama Ramadan, namun menjaga kesehatan kulit wajah akan berpengaruh pada tubuh dan pikiran kita selama menjalani puasa sehari-hari. Tampil dengan wajah yang flawless selama Ramadan akan meningkatkan mood dan kepercayaan diri.

Tips Mendapatkan Kulit Sehat & Glowing

Tips Kulit Sehat dan Glowing selama Ramadan
Berikut ini adalah tips glowing untuk mendapatkan kulit yang sehat, indah dan menawan selama Ramadan :

1. Stay Hydrated
Saat berpuasa tubuh dan kulit berpotensi untuk dehidrasi, yang akan menyebabkan kulit semakin tidak sehat, capek, garis halus semakin terlihat, ditambah dengan perubahan tone dan tekstur kulit. Apalagi jika dari awal kulit kalian adalah tipe kulit kering seperti saya. Untuk mencegah dehidrasi, atasi dengan minum air mineral yang cukup, ingat kode 2-4-2 saja, minimal 8 gelas sehari ya. Jangan sampai kurang! Hindari minuman berkafein karena akan memperparah dehidrasi dalam tubuh.

2. Moisturizing
Jika hidrasi berasal dari dalam, sedangkan kelembapan berasal dari luar. Aplikasikan pelembap minimal 2x sehari saat pagi dan malam sebelum tidur. Kalian bisa menggunakan produk seperti toner, serum dan day cream dengan kandungan Hyaluronic Acid, Ceramide dan Collagen. Di sela-sela aktivitas harian, bisa juga untuk menyemprotkan face mist atau menambahkan produk face oil dalam skincare routine kalian. Apapun jenis kulitnya, sunscreen itu wajib ya teman-teman! Pastikan menggunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah atau memulai aktivitas harian, jangan bosan re-apply tiap 2-3 jam sekali. Paparan sinar matahari bisa semakin merusak kondisi kulit kita yang sudah sangat rentan karena dehidrasi.

3. Keep It Simple
Ramadan bukanlah waktunya untuk berlebihan, tetap sederhana dalam urusan perwajahan kalian. Jangan menggunakan makeup yang tebal, foundie atau bedak yang tebal bisa membuat kulit jadi semakin kering dan memicu jerawat. Pilih produk skincare yang bahannya mild dan gentle, karena tidak akan membuat kulit semakin dehidrasi dan iritasi. Untuk riasan sehari-hari, gunakan produk dengan coverage yang ringan namun tetap menghidrasi kulit, dan pakai produk bibir yang mengandung SPF ya. Jadi seluruh detail wajah kalian tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

4. Eat Healthy Foods
Kulit yang cantik dimulai dari pemilihan asupan makanan yang tepat. Jika menginginkan kulit yang sehat dan glowing saat berpuasa, makanlah makanan yang kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin, mineral, protein, serat dan juga asam lemak. Batasi asupan gula dan garam, makanan fastfood atau kemasan, karena bisa menyebabkan dehidrasi kulit. Hindari makanan hasil ternak (susu, yogurt, dll) jika kalian termasuk acne-prone skin. Bisa juga ditambahkan dengan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau ikan, bahan-bahan tersebut selain bagus untuk kulit pun bagus untuk kesehatan tubuh kita. 

5. Treat Yourself and Your Skin
Gak ada salahnya jika kita mengambil perawatan kulit bersama dengan tenaga ahli. Sekali-kali melakukan treatment selama bulan Ramadan ini bisa mengembalikan kondisi kulit yang stress karena perubahan pola hidup selama berpuasa. Contoh dengan eksfoliasi dan facial hydra-oxy yang dapat membersihkan, mencerahkan dan memberikan kelembapan pada kulit wajah. Gak ada salahnya kok melakukan facial di bulan Ramadan, yang gak boleh itu makan dan minum di siang bolong.

Rekomendasi Skincare Routine untuk Kulit Kering Kombinasi

Skincare Routine selama Ramadan
Berpegang dengan 5 tips di atas, saya memilih rangkaian basic skincare untuk perawatan kulit selama bulan Ramadan ini. Apa itu basic skincare? Nah istilah basic skincare ini merupakan rangkaian dasar untuk perawatan kulit yang terdiri dari membersihkan (cleansing), melembapkan (moisturizing), dan melindungi (protecting).

Kali ini saya mau berbagi tentang basic skincare yang saya pakai untuk perawatan kulit. Jenis kulit saya adalah kering kombinasi, dimana daerah pipi dan pelipis sangat kering sedangkan area T-zone (kening, hidung dan dagu) sedikit berminyak. Tenang saja rangkaian skincare ini semuanya aman kok, drugstore/mudah didapatkan, produk-produknya terpercaya dan sudah banyak yang review juga. Yang pastinya saya ikutan pakai dong, dan beberapa produk sudah pernah saya post reviewnya di blog ini juga. Cuss!

Membersihkan (cleansing)
Basic skincare cleansing
Setiap langkah skincare apapun, selalu awali dengan membersihkan kulit wajah hingga bersih. Lakukan double cleansing juga untuk memastikan tidak ada sisa kotoran, debu, bahkan make-up yang tertinggal. Langkah pertama cleansing, kulit bisa dibersihkan menggunakan micellar water, cleansing balm, atau milk cleanser. Kemudian dilanjutkan dengan facial wash. Pemilihan facial wash disini juga penting ya, jadi harus menggunakan produk yang gentle tanpa meninggalkan residu dan tidak mengiritasi kulit. Berikut contoh produk double cleansing :

1. Viva All in One Milk Cleanser : satu produk sudah include dari milk cleanser + toner. Wadahnya kecil, travel friendly. Performa cleansing bagus. Selain praktis, harganya pun sangat murah. Untuk kemasan 100ml sekitar 6K saja. 

2. Wardah Perfect Bright - Cooling Bright Jelly Facial Foam : salah satu produk pencuci muka yang mengandung niacinamide tapi masih aman untuk wajah saya. Teksturnya gel, busanya lumayan dan setelah dibilas tidak meninggalkan rasa kering/ketarik.

3. Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser : produk pencuci muka dari bahan rose oil, sangat cocok buat perbaikan skin barrier. Setiap saya bruntusan selalu pakai Hydra Rose ini sebagai pertolongan pertama. Teksturnya gel, busa tidak terlalu banyak tapi tetap bersih dan gak bikin licin di wajah. 

Melembapkan (moisturizing)
Basic skincare moisturizing
Setelah dibersihkan kita harus mengembalikan keseimbangan PH pada kulit wajah, selain itu kelembapan kulit juga berpengaruh pada pemakaian step skincare atau kosmetik. Biasanya disebut dengan skin preparation sebelum pakai make-up. Caranya dengan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan pelembap aktif. Untuk langkah moisturizing ini ada 3 step yang bisa diikuti yaitu TONER untuk mengembalikan PH kulit, SERUM untuk merawat kulit lebih intens lagi, dan MOISTURIZER untuk menjaga kelembapan kulit. Berikut adalah contoh barang yang pernah saya pakai :

Toner : kebanyakan yang saya pakai adalah toner khusus melembapkan wajah

1. True to Skin Mugwort Cica Essence Toner : performa melembapkannya cukup bagus, tekstur cair dan gak ada rasa lengket. Harga standard brand lokal sekitar 90-100K aja.

2. Skintific 4D Hyaluronic Acid  Essence Toner : teksturnya berupa essence, sedikit kental tapi gak bikin lengket sama sekali. Harganya juga sekitar 90K ya, isinya mayan banyak, daya melembapkannya oke. It's worth to buy for dry skin.

3. Dojako Toner : ini toner segede gaban yang kalau dihitung-hitung jadi super hemat banget. Isinya 600ml bisa dipakai kurang lebih sampai 6 bulanan. Kemampuan melembapkannya so-so aja sih, jadi harus apply berlayer-layer sampai tingkat kelembapan yang diinginkan, lembapnya juga tidak tahan lama. Tapi karena jatuhnya murah, favorit banget sih buat saya. 

Serum : biasanya saya pilih kandungan serum untuk melembapkan, anti penuaan dan mencerahkan

1. Nature Republic Good Skin Noni Ampoule : kandungan buah mengkudu yang bikin kulit semakin sehat, teksturnya kental, sekali pakai langsung ada efek glowing

2. Azarine Retinol Smooth Serum : kandungan retinolnya sangat gentle dan minim iritasi, cocok banget buat pemula yang mau cobain pakai retinol, harganya pun sangat terjangkau

3. Skintific Symwhite377 Dark Spot Eraser Serum : cocok untuk menghilangkan noda/bintik hitam, flek dan bekas jerawat. Teksturnya cair sedikit kental, mudah meresap ke kulit, dan baunya enak banget kayak kue manis. Kalau buat pecinta produk lokal, harganya ini lumayan pricey yah, tapi worth to try kok

Moisturizer : yang saya pilih disini produk lokal semuanya yaa, bahan alami khusus untuk menghidrasi kulit dan harganya ramah di kantong

1. Roro Mendut Red Jelly Glowing Skincare Booster : seperti namanya red jelly pelembap ini berupa gel warna merah dengan campuran biji rosehip. Bisa dipakai untuk pagi dan malam hari. Performa melembapkannya oke dan bikin wajah cerah

2. Azarine Intens Luminous Barrier Moisturizer : daya lembapnya nampol abis karena varian ini emang berfokus untuk kulit yang kering. Menurut saya emang agak sedikit lengket jika apply kebanyakan, jadi pakai secukupnya aja yaa, dan pastinya harga affordable sekaleee

3. The Originote Hyalucera Moisturizer : melembapkan sekaligus untuk memperbaiki skin barrier. Teksturnya gel, gak bikin lengket dan mudah meresap di kulit. Pelembap lokal yang murah bangettt tapi kualitasnya oke punya

Tidak perlu memakai semuanya secara bersamaan, dan tidak harus ketiga macam produk tersebut dipakai. Kalian bisa skip toner dan serum karena 2 produk ini hanya opsional, jadi kalau mau pakai moisturizer saja boleh banget lho. 

Melindungi (protecting)
Basic skincare protecting
Mau dirawat sedemikian rupa kulit wajahnya, kalau tidak mau pakai sunscreen, percuma lah rasanya! Mau seberapa mahal atau murah, bagus atau jelek, pun produk yang sudah terjamin aman, tanpa menggunakan sunscreen pasti kulit kita akan mudah rusak karena paparan sinar UV. Please kawan, mumpung sik enom, nganggo o sunscreen! Wajib banget plisss! 

1. Implora Perfect Shield Sunscreen SPF 40 PA++++ : Sunscreen yang paling saya suka karena harganya sangat murah tapi kualitas gak murahan. Finishing-nya satin glowing tapi gak bikin kering. Dan pastinya gak bikin whitecast sama sekali. 

2. Hanasui Collagen Water Sunscreen SPF 50 PA++++ : Sunscreen cream dengan finishing watery, produk ini sekaligus bisa melembapkan kulit karena mengandung collagen water. No whitecast, tidak lengket, mudah meresap dan gak geser kalau ditimpa make-up.

3. The Originote Ceramella Sunscreen SPF 50 PA++++ : Sunscreen ini mengandung ceramide, vitamin C dan Niacinamide. Jadi selain untuk melindungi sekaligus untuk skin barrier, mencerahkan kulit dan antioksidan. Ingredient-nya merupakan best combo untuk sebuah sunscreen. Teksturnya creamy, sangat ringan, hasil watery dan gak lengket.

Meskipun terlihat sederhana, basic skincare merupakan langkah wajib yang bermanfaat untuk membersihkan, melindungi dan sekaligus merawat kulit, sehingga kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

Selain dari produk-produk drugstore di atas, ada nih medical skincare yang menawarkan rangkaian produk untuk semua masalah kulit, bahannya aman dan efektif untuk perawatan sehari-hari. Apa yaah? Yaps, rangkaian produk perawatan kulit dari Theraskin Kosmetika

Rekomendasi Produk Theraskin Kosmetika

Rekomendasi Theraskin Skincare
Theraskin merupakan brand skincare lokal yang dikembangkan bersama dokter kulit sebagai terapi untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Sesuai dengan tagline-nya "Therapy for Your Skin", Theraskin dikenal sebagai medical skincare pilihan pakar dermatologi untuk memenuhi kebutuhan skincare di klinik dokter dan apotek seluruh Indonesia.

Kenapa pilih Theraskin?

1. Dikembangkan bersama dokter kulit
Semua produknya dikembangkan bersama dengan dokter kulit agar terjamin efektivitasnya, diformulasikan dengan bahan dan diformulasikan dengan bahan dan teknologi terkini agar mudah meresap ke kulit dan bekerja secara optimal

2. Variannya lengkap
Berawal dari banyaknya keluhan pasien dan permintaan dokter kulit, produk Theraskin hadir dengan banyak pilihan varian untuk mengatasi masalah kulit seperti flek, pori-pori besar, kulit kering dan tanda-tanda penuaan

3. Bersertifikat
Semua produk Theraskin telah teregistrasi BPOM RI dan bersertifikasi halal, jadi produknya sudah dijamin aman dari bahan-bahan berbahaya

4. Harga yang Affordable
Semua produknya dapat dibeli oleh seluruh kalangan, harganya terjangkau dan bisa diakses secara online ke official marketplace Theraskin atau melalui reseller

Varian Theraskin Berdasarkan Jenis Kulit

Karena sudah pernah mengatasi dan membuat racikan produk skincare khusus untuk pasien serta dokter di seluruh Indonesia, sehingga Theraskin menghadirkan banyak pilihan produk untuk berbagai macam permasalahan kulit :

Theraskin Advanced Acne Series
Advanced Acne Series yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Varian ini mengandung Salicylic Acid dan Tea Tree sebagai bahan aktif untuk mengatasi jerawat. Terdiri dari facial wash, toner essence, serum, day cream, night cream, dan spot treatment untuk obat totol jerawat. Untuk total sepaketnya dibandrol dengan harga sekitar 185K saja. 

Theraskin Oil Control Series
Oil Control Series sangat cocok untuk tipe kulit yang memproduksi minyak berlebihan. Varian ini terbuat dari bahan Enantia Chlorantha Bark Extract, Zinc, Chamomilla Extract, Mandelic Acid, dan Niacinamide yang merupakan bahan aktif utama untuk menenangkan wajah dan menghambat produksi minyak secara berlebih. Dengan harga 135K kalian bisa mendapatkan produk sepaket terdiri dari facial wash, toner essence, serum dan 1 macam face cream yang bisa dipakai pagi dan malam hari. 

Theraskin Skincare Perfect Glow Series
Perfect Glow Series merupakan rangkaian perawatan wajah untuk kulit yang kusam dan memiliki flek hitam. Mengandung hero ingredient Niacinamide, Licorice dan Alpha Arbutin yang merupakan bahan aktif utama untuk mencerahkan kulit. Rangkaian ini terdiri dari facial wash, toner essence, spotless serum, brightening serum, dan 1 macam face cream. Untuk harga sepaketnya yaitu 205K saja.

Theraskin Anti Aging Series
Anti Aging Series untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit dan menyamarkan garis halus. Terdiri dari AHA Cleanser, AHA Toner, Water drop anti-aging serum, dan Collagen plus vitamin face cream. Untuk sepaket ini dibandrol dengan harga 165K saja. 

Dan masih banyak varian lain yang bisa kita pilih menyesuaikan kondisi kulit wajah kita. Banyak pilihan dan kegunaan masing-masing, yang pasti semua produk Theraskin ini dijamin aman, sudah lolos BPOM, halal dan harganya ramah lingkungan alias gak bikin kantong jebol, ceunah 😂

Nah itu dia seluruh rekomendasi produk yang bisa bikin kulit wajah jadi semakin sehat dan glowing. Jangan lupa untuk selalu cermat dan selektif dalam pemilihan skincare, pilih yang aman dan lolos sertifikasi BPOM pastinya. Seperti kata orang bahwa skincare itu cocok-cocokan, bagus hasilnya di saya, belum tentu bagus untuk kalian. Pun juga sebaliknya. Namun alangkah baiknya untuk kita mengenali lebih jauh tentang kulit kita, tipe-tipe kulit wajah juga menjadi salah satu faktor kita cocok memakai skincare tersebut atau tidak. 

Perhatian dengan kondisi kulit dan bagaimana reaksi suatu bahan kosmetik tertentu pada saat pemakaiannya, mengetahui bahan apa saja yang cocok maupun tidak cocok di kulit kita, beberapa hal tersebut sangat membantu dalam pemilihan produk perawatan kulit. Jangan lupa ya teman, perjalanan kulit sehatmu dimulai dari pemilihan produk skincare yang tepat!

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti 
BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Tidak ada komentar

Posting Komentar