Cerita Ngabuburit Seru di Bulan Ramadan, Kegiatan Positif yang Cocok Buat Kamu

Ngabuburit Seru di Bulan Ramadan
Assalamu'alaikum, sudah hampir setengah bulan kita berpuasa ya. Tepat hari ini kita masuk di hari ke 11 Ramadan. Gimana gimana? Sudah ada agenda apa nih menjelang lebaran begini? Biasanya dah mulai banyak agenda bukber, banyak manusia memadati pusat perbelanjaan dan mulai mikirin baju lebaran yaak. Jadi sudah ada agenda bukber berapa rombongan nih? Sejauh ini, baru 1 circle aja yang ngajakin saya bukber. Wkwk sedih amat! Nggak sih biasa aja.

Eh ada satu yang lupa disebut, yaitu Ngabuburit! Kegiatan ngabuburit ini adalah suatu kegiatan menunggu adzan maghrib berkumandang sebagai tanda berbuka puasa pada bulan Ramadan. Kegiatan ini pun bermacam-macam jenisnya, ada yang sekedar jalan-jalan sore, mencari takjil gratis, belanja kuliner berbuka di pasar Ramadan, atau menghabiskan waktu dengan mengobrol di sebuah cafe/restoran. Selain itu ada juga yang mengisi waktu ngabuburit dengan mengikuti kajian atau ceramah keagamaan di Masjid. Banyak sekali pilihan ngabuburit biar puasamu tidak terasa berat dan berlalu begitu saja tanpa ada hikmahnya. Ceilah! 

Kegiatan Positif Ngabuburit yang Cocok Buat Kamu

Agar ngabuburit tak sekedar nongkrong di jalanan tanpa tujuan ya temans, berikut ini adalah beberapa kegiatan positif untuk ngabuburit sambil menunggu adzan maghrib :

1. Bermain sambil belajar dengan Anak/Keponakan
Bermain dan Belajar dengan Anak
Berinteraksi dengan anak-anak menjadikan momen menunggu semakin tidak terasa, karena semakin seru pasti akan semakin larut. Jadikan waktu ngabuburit untuk bermain sambil belajar dengan anak atau keponakan kalian. Contoh disini saya memilih untuk menggambar, melukis dan mewarnai bersama Asiy. Kegiatan ini juga sekaligus mengasah kreativitas anak-anak sejak dini. Selain itu kalian juga bisa membuat prakarya atau kerajinan saat waktu luang ini, misalnya kartu ucapan, hampers atau amplop angpao untuk dibagikan saat momen lebaran nanti. Menyenangkan sekali bukan? 

2. Upgrade Your Skill

Upgrade Your Skills
Meskipun waktu ngabuburit ini sangat singkat, katakanlah cuma 2-3 jam saja sebelum maghrib, namun di waktu tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengasah skill yang kita punya atau menggali kemampuan baru yang belum pernah ada. Banyak sekali website yang menyediakan free course untuk meningkatkan kualitas diri kita masing-masing. Selain itu juga bisa mengikuti webinar atau kulWAP yang ditawarkan secara daring untuk berbagai jenis bidang kemampuan. Buat kalian yang ingin memperbaiki CV bisa ikut pelatihan career, atau buat ibu-ibu yang ingin menambah skill memasak juga ada pelatihan online tentang membuat kue lebaran lho. Tinggal disesuaikan saja skill yang diinginkan atau dibutuhkan. Karena sudah jaman digital begini kita yang dipaksa untuk melek teknologi akan sangat terbantukan dengan adanya fasilitas belajar online. Jangan sampai ketinggalan ya temans! 

Selain skill yang bermanfaat untuk karirmu, juga ada softskill lain yang bisa kita kupas satu per satu. Contohnya praktik memasak, belajar make-up atau fashion, kerajinan (melukis, merajut, sulam), menulis, dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari.

3. Menghadiri Kajian/Seminar

Ikut Kajian atau Seminar
Kalau tadi sudah urusan duniawi, supaya balance saya berikan juga ide ngabuburit yang senantiasa mengingatkan kita pada Allah SWT. Yes, mengikuti kajian atau seminar keagamaan bersama dengan ustadz atau ustadzah, kegiatan ini bisa dilakukan online dengan webinar atau kulWAP, dan juga offline dengan mendatangi masjid-masjid terdekat. Disitu kita bisa mengasah ilmu pengetahuan tentang agama, menambah persaudaraan muslim dan muslimah dan yang pasti hati akan selalu adem karena dikelilingi oleh orang-orang yang positive vibes banget.

4. Menulis Jurnal atau Blog

Menulis Jurnal atau Blog
Menulis adalah sarana healing bagi para blogger. Saat ngabuburit pun juga bisa dimanfaatkan untuk menulis, termasuk saya ini yang selalu menulis di sela-sela istirahat atau saat menunggu buka puasa di kantor. Kalian para blogger juga bisa mengikuti challenge dari komunitas kesayangan kalian untuk memacu semangat menulis, contohnya ya BPN Ramadan Challenge yang diadakan setiap tahun lho guys. Selain membuat artikel kalian juga bisa menumpahkan seluruh perasaan, keluh kesah hari itu, dan curhat random dalam sebuah tulisan. Dengan harapan tulisan-tulisan di blog kita nantinya akan bermanfaat untuk para pembacanya. 

5. Berolahraga Ringan

Berolahraga Ringan
Berpuasa bukanlah alasan yang tepat untuk berleha-leha atau malas-malasan. Justru kita harus tetap aktif bergerak supaya tubuh tidak terasa kaku. Tetap lakukan olahraga ringan, contohnya yoga atau stretching, kegiatan ini pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Dengan melakukan olahraga ringan seperti itu, tubuh akan terasa sehat dan bugar meskipun sedang berpuasa. Tak lupa juga untuk langsung menggantikan cairan tubuh yang keluar saat berolahraga, dengan memilih asupan makanan atau minuman yang tepat saat berbuka puasa. Sebenarnya waktu ngabuburit sore ini malah pas banget untuk berolahraga, karena setelah energi terkuras habis, saat adzan maghrib langsung bisa kita recharge dengan membatalkan puasa.

Nah itu dia 5 ide pilihan ngabuburit yang cocok buat kamu. Kalau kalian lebih suka yang mana? Barangkali ada ide lain yang bisa dilakukan bersama, boleh sharing juga lhooo.

Yuk, jadikan waktu ngabuburitmu lebih produktif supaya puasamu tidak sekedar menahan haus dan lapar saja,  tetapi bisa menghasilkan dan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Terlebih jika karya yang dibuat saat ngabuburit tersebut bisa menghasilkan cuan lebih banyak lagi.

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

2 komentar

  1. Wah, ngabuburitnya produktif ini. Btw, blognya estetik sekali, Kak. Bikin betah liat-liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, terima kasih sudah mampir yaa. Boleh banget liat-liat yang lain di blog ini 😊 semoga betah dan mampir lagi kak hehehe

      Hapus