Serunya Berburu Takjil di Bulan Ramadan, Ada yang Gratis Juga Lho!

Serunya Berburu Takjil Bulan Ramadan
Assalamu'alaikum, ngomongin soal takjil saya lumayan excited nih teman-teman. Ya apalagi kan hal yang bikin bahagia setelah berpuasa seharian, jelas makanan takjil dong. Saya pun manusia biasa yang tetap tergoda dengan jajanan takjil, maksudnya tuh saya gak bakal nolak juga kalau diajak berburu takjil, apalagi kalau dikasih gratis kan. Hehe

Nah berhubung mau bahas takjil, ada beberapa topik tentang berburu takjil yang ingin saya tulis disini, mulai dari update berita, tips n trik berburu takjil, sampai informasi soal takjil. Gak perlu panjang intronya ya, langsung cus baca di bawah aja yaah 👇

Viral di TikTok! Masyarakat Non Muslim Ikut Berburu Takjil

Masyarakat Non Muslim Ikut Berburu Takjil
Baru-baru ini muncul konten viral yang membahas mengenai masyarakat non muslim yang ikut berbondong-bondong mencari takjil di bulan Ramadan. Bulan puasa memang momen yang paling dinanti umat muslim seluruh dunia, tapi tak disangka momen Ramadan ini juga yang ditunggu-tunggu oleh rekan kita yang Non Muslim. Mereka dengan semangat menyambut Ramadan karena menantikan jajanan yang dijual untuk menu takjil. Katanya mereka ikut berburu takjil karena ada beberapa makanan yang hanya dijual selama bulan Ramadan saja, dan juga karena vibes membeli jajan di Pasar Ramadan ini sangatlah berbeda dibandingkan beli di pasar biasa. Tuh kan, yang non muslim aja bahagia banget berburu takjil, yang muslim juga harus lebih excited dong! Jangan kasih kendor bestie!

Lucunya banyak netizen muslim yang merasa iri dan tersaingi karena kehadiran rekan Non Muslim tersebut di tengah para penjual takjil. Gimana tidak, mereka yang nonis dengan semangat berangkat ke pasar takjil lebih awal dibandingkan para muslim yang berpuasa, bahkan ada yang jam 2 siang sudah mendatangi lapak atau jam 3 sudah siap-siap untuk berburu takjil. Sungguh patut diacungi jempol semangatnya! Kenapa yang muslim-muslim ngerasa tersaingi? Karena menurut kami mereka punya privilege untuk lebih dulu membeli dan langsung menyantap takjil tanpa menunggu adzan maghrib sebagai tanda berbuka puasa, dan ada kemungkinan stock jajanan yang dijual menipis karena sudah diborong oleh rekan kita yang Non Muslim. Banyak sekali komen netizen +62 yang menimbulkan gelak tawa :

👩 : Itu mereka yang nonis ikut beli takjil, pas udah beli langsung dimakan apa nunggu maghrib?
🙆‍♀️ : Tolong Ya Allah, kalau pas bulan puasa yang diikat jangan cuma setannya aja, kalau bisa umat nonis para pencari takjil juga.
👧 : Please! Jangan ada yang ngasih tau kalau takjil di masjid ada yang gratissss
👦 : Agamamu agamamu, agamaku agamaku, takjilmu takjilku juga

Kocak banget, ada-ada saja ya temans, tapi keseruan bersaing berburu takjil ini beneran jadi momen yang tak terlupakan lho. Betapa toleransi beragama ini sangat indah dan damai ☺

Tips Memilih Takjil yang Aman untuk Berbuka Puasa

Tips Memilih Takjil yang Aman
Berburu takjil adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, momen seperti inilah yang dinanti setelah menahan lapar dan haus seharian. Namun kita juga harus lebih teliti dan selektif selama mencari/membeli takjil. Usahakan selalu memperhatikan faktor kesehatan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Menurut penjelasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada akun Twitter (25/04/2022), @bpom_ri, berikut ini adalah tips memilih menu takjil yang aman untuk berbuka puasa :

1. Perhatikan Kebersihan Lokasi Penjaja : Berjualan di area yang bersih dan tidak berdekatan dengan tempat pembuangan sampah
2. Perhatikan Kebersihan Penjaja : Tangan dalam keadaan bersih serta menggunakan alat bantu saat mengambil makanan, seperti gorengan
3. Perhatikan Kebersihan Pangan : Makanan dijual dalam wadah yang tertutup, meminimalisir kontak dengan serangga (contoh : lalat)
4. Perhatikan Warna Pangan : Hindari membeli makanan yang berwarna mencolok karena mengandung pengawet atau pewarna kimia
5. Perhatikan Suhu Pangan : Memilih pangan dingin yang dijual dingin, atau pangan tetap panas yang dijual panas, dan hindari penggunaan es balok untuk menjaga suhu pangan
6. Perhatikan Kemasan : Membeli makanan kemasan dalam kondisi utuh, tidak bocor dan tidak gembung, sedangkan untuk makanan siap saji tidak menggunakan plastik hitam atau kertas bekas

Nah buat kalian yang ingin berburu dan memulai peperangan - ngewar - dengan para pencari takjil lain, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan selama pencarian takjil supaya  mendapatkan hasil yang maksimal selagi berkah di Pasar Ramadan kali ini.

1. Datang Lebih Awal

Buat kalian yang mengincar jajanan takjil tertentu, cobalah datang lebih awal agar tidak kehabisan, karena jika datang mepet waktu berbuka biasanya dagangan sudah ludes diborong lainnya. Idealnya mulai mencari takjil sekitar jam 5 sore.

2. Menentukan List Makanan yang Diinginkan

Supaya tidak lama-lama di pasar Ramadan dan belanjaan sesuai budget, lebih baik jika kita sudah menentukan list jajanan yang akan dibeli. Hal tersebut dapat mempersingkat waktu dan minim desakan antar umat manusia pemburu takjil.

3. Berkeliling Dahulu Sebelum Membeli

Apabila kalian belum menentukan pilihan makanan apa yang mau dibeli, lebih baik untuk berkeliling dahulu, melihat-lihat pilihan yang ditawarkan oleh seluruh pedagang dan bandingkan saja harganya (jika berani menanyakan harga lebih dulu). Dengan begitu kalian bisa mendapatkan gambaran makanan mana yang paling menggugah selera di hari itu, dan bonusnya adalah kita bisa dapat harga yang bersaing.

4. Belanja sesuai Kebutuhan

Biasanya mejelang berbuka puasa, yang ada di dalam perut sudah meronta-ronta, dari mata turun ke perut. Alhasil kita belanja dengan impulsif dan membeli apa saja yang ada di depan mata. Padahal kenyataannya perut kita tak sanggup menampung seluruhnya. Oleh karena itu, biasakan membeli takjil sesuai kebutuhan saja, batasi dengan minimal membeli 2-3 jenis saja.

5. Membawa Uang Secukupnya

Selain karena bisa mengundang bahaya di tengah keramaian membawa uang terlalu banyak juga bisa mendorong perilaku konsumtif. Kalau kita pegang uang banyak, pasti bawaannya pengen belanja lagi dan belanja terus. Sekarang kan jamannya udah cashless, lebih baik jika bisa menggunakan qris dibandingkan harus membawa uang cash yang terlalu banyak. Jadi bawalah uang secukupnya saja.

Throwback Berburu Makanan Takjil Gratis

Berburu Makan Takjil Gratis
Cerita-cerita soal takjil begini, saya jadi ingat waktu masih jaman jadi mahasiswa dan menyandang gelar anak kos beberapa tahun lalu. Eh udah 1 dekade yang lalu ya. Angkatan tua banget saya 😅

Dulu suka banget ikut pengajian di masjid pas menjelang berbuka puasa, terus dapat makanan berbuka gratis, jelas gak mungkin sendirian lah, lagian saya ikut geng PPT (Para Pencari Takjil) juga pastinya karena faktor lingkungan. Kalau nggak diajak, saya gak bakal punya pengalaman seperti itu. Mau sungkem dan terima kasih dulu ke temen-temen kuliah yang berhasil mengajak saya keluar kandang. Hehe

Emang saat itu rame banget istilah PPT di kalangan mahasiswa, nggak tau sekarang masih ada gak yaa? Dan beneran mencari takjil gratis itu membantu banget, terutama buat anak kosan yak! Selain dapat ilmunya pas pengajian bareng ustadz, juga dapat makanan berat yang menunya tuh gak tanggung-tanggung. 

Paling berkesan itu saat ikut kajian di Masjid Raya Prov DIY atau Mesjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Disana sudah ngumpul ramai orang-orangnya, duduk terpisah antara ikhwan dan ukhti yang mendengarkan ustadz menjelaskan suatu topik keislaman, biasanya kajian dimulai sehabis Ashar sekitar jam 4 sore. Saat mendekati maghrib terlihat ibu-ibu dan bapak-bapak yang bergotong-royong menyiapkan makanan buka puasa. Ini yang dibagikan berupa makanan berat ya gaes, lengkap dengan minumannya juga, dan itu semua GRATIS! MasyaAllah berkah banget, semua lini masa mendapatkan jatah pahalanya masing-masing. Baik yang bersedekah material untuk buka puasa, menyiapkan makanan, dan yang ikut kajian pun pasti dapet pahalanya.

Btw kalian juga bisa menyalurkan sedekah takjil untuk Mesjid Gedhe Kauman Yogyakarta lho. Berikut ini nomer rekeningnya :
Sedekah Takjil Mesjid Gedhe Kauman
Note : informasi dari Official Instagram Masjid Gedhe Kauman, apabila teman-teman ragu bisa juga langsung DM miminnya @mesjidgedhe.offcial

Jadi ingat apa kata netizen soal teman nonis kita yang ikut berburu takjil, jangan kasih tau kalau di masjid dapat gratisan ya gaess! Hehe yuks lah serbu yang gratisan sambil nambah ilmu ikut pengajian.

Ohiya sayangnya saya belum punya pengalaman mencari takjil gratis untuk wilayah Mojokerto sekitarnya. Jadi cuma bisa sharing di daerah Yogyakarta saja yaah. Kalau kalian penasaran gimana caranya, cusss dateng aja gaess ke Mesjid Gedhe Kauman. Kebanyakan masjid-masjid lain di Yogyakarta juga ada kok yang menyediakan takjil gratis. Adakah Mojokertensis yang pernah makan gratis untuk berbuka? Dimana dan gimana caranya? Yuk bagi ceritanya buat temen-temen lainnya.

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Tidak ada komentar

Posting Komentar