Pengalaman Tes Career Opportunities ANTAM 2017

            Pada bulan April 2017 PT. ANTAM, Tbk. membuka kesempatan berkarir untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Saat itu terdapat 3 jalur penerimaan yaitu AFGP (Antam Fresh Graduate Program) program magang (internship) untuk lulusan minimal S1, Experienced untuk yang berpengalaman minimal 3 tahun pada bidangnya, dan Admin/Officer untuk lulusan minimal D3. Lebih jelasnya bisa dilihat pada posternya berikut ini :
Pengumuman Loker ANTAM
            Selama kurang lebih 6 bulan, saya mengikuti serangkaian tes rekrutmen ANTAM untuk posisi Admin/Officer mulai dari Mei – Oktober 2017. Disini saya ingin berbagi cerita pengalaman tes yang telah saya ikuti, stay on page ya 😚

Administrasi
Pada tahap ini peserta dapat mengisi biodata/resume melalui typeform khusus dari ANTAM, masih seperti biodata pada umumnya, kami mengisi beberapa poin seperti nama, tempat tanggal lahir, jurusan, universitas, pengalaman organisasi, pengalaman bekerja dan skor TOEFL. Karena saya lulusan Geofisika, sedangkan saat itu ANTAM tidak menuliskan jurusan Geofisika sebagai kualifikasinya, maka saya isi jurusan saya sebagai Teknik Geologi. Seingat saya pada tahun 2017 sertifikat TOEFL tidak perlu dilampirkan, namun pada tahun 2018 ini beberapa berkas seperti ijazah, CV, sertifikat TOEFL, dll ikut dikirimkan melalui form tersebut.

Tes Kepribadian
Kira – kira 1 bulan setelah tutup pendaftaran, terdapat pengumuman peserta yang dinyatakan lolos melalui website dan email untuk masing – masing kandidat. Tes selanjutnya adalah psikotes online, masing – masing peserta telah diberikan link untuk mengerjakan tes, lengkap dengan passwordnya melalui email. Tes ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 hari dan peserta bebas mengerjakannya pada waktu tertentu selama tidak melebihi batas hari yang telah ditentukan.
Terdapat kurang lebih 120 pertanyaan, berupa pernyataan – pernyataan, kemudian kita diminta untuk memilih pernyataan yang paling sesuai dengan diri kita masing – masing. Beberapa pertanyaan memang menjebak, berikut ini contohnya :
Yes/No : Saya jarang makan berlebihan
Yes/No : Saya tidak akan meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan
Disini peserta diminta untuk memilih yes apabila pernyataan itu sesuai dengannya dan no apabila pernyataan itu tidak sesuai dengannya. Tips untuk mengerjakan ini, pertama adalah jujur, sebisa mungkin dijawab sesuai dengan kepribadian kita yang sebenarnya karena pada saat wawancara psikolog dan user akan terlihat kejujuran kita dalam menjawab psikotes tersebut. Yang kedua adalah hati – hati, karena beberapa soal memiliki pernyataan yang menjebak, kita harus bisa menyesuaikan apa sebenarnya yang dimaksud dan tujuan dari soal tersebut, lagipula pada tahap ini tidak ada batas waktu pengerjaan hanya saja soal tersebut berlaku selama 2 hari, jadi sebisa mungkin teliti ya guys. Dan terakhir adalah jangan lupa berdoa, karena sesungguhnya saya termasuk orang yang mengandalkan keberuntungan dari kekuatan doa selama mengerjakan soal-soal ini. hehe

Material Test
Lama menunggu tak ada kabar, ternyata 1 bulan kemudian hilal muncul. Saya lolos tahap selanjutnya untuk material test, apa itu Material Test? Tes ini berisi pertanyaan – pertanyaan sesuai dengan jurusan masing – masing. Dalam kasus saya, pertanyaan tersebut seputar geologi dan pertambangan, ada pula pertanyaan tentang K3 yang menurut saya pertanyaan ini juga keluar pada material test untuk jurusan lain. Tes materi ini terdapat 80 soal dengan batas waktu 2 jam dan tes tersebut dibuka selama 2 hari. Tips dalam mengerjakan tes ini adalah menyediakan internet yang stabil, belajar jauh – jauh hari dan membuka kembali materi – materi kuliah yang telah usang, serta tentunya terus berdoa.

Psikotes
Apabila lolos Material Test, peserta akan dihubungi melalui email untuk mengikuti psikotes di kota pilihan masing – masing. Dalam proses ini, PT. ANTAM berkerja sama dengan PT. Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS). Saat pengumuman, saya sedang berada di daerah Mojokerto, sehingga saya memilih kantor PKSS terdekat yaitu di Kota Surabaya untuk melakukan tes. Kebetulan selama tes tersebut saya bersama dengan 3 dari 5 daftar peserta yang memilih Surabaya sebagai lokasi tesnya, dan ketiganya adalah laki – laki, begitupun yang tidak hadir. Tes psiko ini berlangsung dari jam 09.00 – 14.00 WIB yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah psikotes lengkap yang isinya hitung angka dan bilangan, hubungan kata, penalaran gambar, army alpha test, wartegg, tes gambar pohon, dan tes gambar manusia.
Sesi kedua adalah wawancara psikolog, teknisnya yaitu peserta diwawancarai oleh seorang ibu psikolog dari perusahaan tersebut, lalu peserta diminta menunggu di luar ruangan dan bergantian selama 15 menit. Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh psikolog tersebut tergolong sangat umum, dan pastinya hampir semua jobseeker yang pernah mengikuti wawancara psikolog juga pernah mendapatkan pertanyaan semacam ini. Beberapa diantaranya adalah :
  • Ceritakan tentang dirimu!
  • Sebutkan kelebihan dan kekuranganmu!
  • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan dan posisi yang kamu pilih?
  • Bagaimana kamu menyikapi situasi dan kondisi pekerjaan di kantor? Berikan contohnya!
  • Apa saja kegiatanmu selama perkuliahan? Organisasi?
  • Kualifikasi apa yang membuat perusahaan tidak akan menyesal menerimamu sebagai karyawan?
Dan selebihnya saya malah kebanyakan sharing, harusnya wawancara 15 menit selesai, tapi kami malah ngobrol sampai 45 menit. Karena dari awal saya cerita, ibunya selalu mengajukan pertanyaan – pertanyaan baru yang berkaitan dengan diri saya atau hanya sekedar sharing pengalaman dari ibunya.
Oiya tipsnya untuk psikotes dan wawancara ini, jangan lupa sarapan di awal ya karena waktu tesnya cukup lama kurang lebih 4 – 5 jam. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan psikis terbaik selama mengerjakan soal – soal psikotes, sebisa mungkin kalian belajar terlebih dahulu, bisa browsing soal – soal dari Google atau YouTube juga lho, paling tidak kalian sudah familiar dengan jenis psikotesnya. Untuk wawancara, jangan gugup atau ragu – ragu saat menjawab pertanyaan dari psikolog, jawab dengan singkat dan jelas. Kalian juga boleh menyiapkan beberapa pertanyaan dan berlatih menjawab pertanyaan tersebut, dengan bercermin, selftalk, atau simulasi wawancara dengan teman/sahabat, agar lebih terbiasa dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan tak terduga.

Wawancara User
Sekitar 2 minggu setelah proses seleksi di Surabaya, saya mendapatkan email bahwa saya masuk ke tahap selanjutnya yaitu Interview User. Saya diminta untuk mengirimkan CV atau resume melalui email resmi ANTAM. Sekitar beberapa hari setelahnya, ada balasan email berupa form konfirmasi kehadiran, termasuk disitu adalah nomor HP dan ID Line. Buat apa ID Line? Oiya, seleksi dari ANTAM ini sudah canggih lho, karena hampir semua seleksinya dilakukan Online. Terutama saat interview user ini, ID Line tadi digunakan untuk Video Call dengan interviewer yang sedang berada di luar pulau Jawa. Kok luar pulau Jawa? Nah saya juga baru tau nih, sewaktu HRDnya nge-add Line saya, dan ternyata beliau adalah pihak HRD dari UBPN ANTAM Maluku Utara. Usut punya usut, saya dapat info dari grup Telegram, ternyata penempatan Admin/Officer ini ada dua daerah, pertama di Maluku Utara dan kedua di Kalimantan Barat. Setiap daerah pun terbagi lagi menjadi officer untuk posisi Surveyor dan sebagai Analyst.
Jadi sewaktu video call berlangsung, ternyata dibalik akun Line yang jauh disana sudah ada 2 bapak – bapak yang siap untuk menginterview. Pertama – tama saya bercakap dengan HRDnya, beliau sekedar memberikan petunjuk bahwa interview hari itu dilakukan oleh Manager Geoteknik disana. Kemudian proses interview diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Manager. Seperti biasa, awalnya kami berkenalan, kemudian pertanyaan – pertanyaan teknis mulai muncul. Pertanyaan ini berkaitan tentang Teknik Geologi, Pertambangan, Psikologis kerja, dan kepribadian kita. Contohnya : coba ceritakan tentang survey bla bla bla, software – software geoteknik yang dikuasi, siapkah ditempatkan di lingkungan kerja yang baru dan jauh, bagaimana bila diminta untuk menjadi pemimpin tim yang isinya sebagian besar cowok – cowok lokal (warlok), dan bagaimana sikap kita atau cara kita beradaptasi dengan warga lokal dan tempat kerja, dsb.
Setelah tahap ini seharusnya masih ada satu tahap lagi yaitu Medical Check Up, tapi sayang sekali saya belum sempat merasakannya dan harus menerima kenyataan pahit bahwa saya ditolak!!! Oh bukan, saya memang belum beruntung dan rejeki saya InsyaAllah ada di tempat lain 😅
Saran dari saya saat interview user ini, jawablah dengan sersan (serius tapi santai) dan jujur, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, singkat dan jelas. Jangan lupa untuk mempelajari materi soal - soal material test karena beberapa ditanyakan kembali saat interview. Maaf untuk tipsnya tidak terlalu banyak ya, karena saya sendiri menyadari masih banyak kekurangan dan begitulah saya gagal.


Terakhir saya ingin menyampaikan sesuatu :
“If you think that you have worked really hard, just work even harder than before, because ‘right now’ isn’t the best timing and ‘opportunity’ didn’t on our side, but you have to believe that it will. Because every success has been through trial and error.”

60 komentar

  1. Postingan yang bermanfaat, semoga segera diberikan yg terbaik ya sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin Yaa Allah, terima kasih atas kunjungannya ya sista ~

      Hapus
  2. Gi, ini website dengan domain sendiri atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya cuma ngikutin tutorial aja yu ekeke pakai free domain, coba cek freenom.com

      Hapus
  3. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya, mba. Maaf, izin tanya, kalau yg dipakai sertifikat toefl universitas boleh gak ya, kayak PTESOL UPI atau TOEFA uin? Barangkali mbaknya tau. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sarastika, thanks for visiting, dulu saya tes TOEFL dari kampus saya sendiri (bukan tes untuk syarat kelulusan ya, tapi memang saya ikut yg untuk cari sertifikatnya), dan boleh. Ada temenku juga daftar AFGP yang awal tahun kemarin, lolos administrasi, sertifikatnya sama seperti saya. Semoga membantu, hope you a best result, good luck Saras.

      Hapus
  4. Waaah terimakasih ya kak sudah berbagi pengalamannya,saya yang baca yang deg degan hehehe 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ikut deg-degan ya? Sakit hati gagalnya jangan ikutan juga lah ya, biar saya aja, semoga hasilnya yg terbaik, semangat. Hehe

      Hapus
  5. Mba mau tanya dong ketika wawancara HRD ditanyakan masalah teknik ditanya hitung hitungan gak ya? Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya wawancara user? gak ada hitung-hitungan kok, tanya tentang masalah teknis di lapangan (karena saya daftar officer bagian lapangan) dan psikologi kerja.

      Hapus
  6. Lama yahh prosesnya,padahal bumn biasanya jeda tiap tahapan seleksi 1-2 mingguan aja

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Bisa ke halaman contact kak 😀 atau langsung email ke ghiaz.hadhary@gmail.com

      Hapus
  8. Malam kak, terima kasih sharingnya. Bermanfaat sekali. Sukses terus kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam kak Resa, thanks for coming and left comment here. Go fight for the best yaa ~

      Hapus
  9. kak mau tanya, jeda waktu nunggu lulus tes materi ke psikotest, waktu itu brp harian ya kak??? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih 1 bulan kak, maaf kalau salah, tapi gak sampai berbulan-bulan kok, tes materi bulan Juni awal dan tes psikotest bulan Juli tengah. As I remember, sorry for my bad memories Hehe

      Hapus
  10. Assalamualaikum kak
    Saya dpt email dr antam bahwa saya dpt undangan tes online .. Nah tes online tahap awal ini apakah berupa Psikotes? Kalo iya, soal psikotes nya apa sama dgn soal cpns? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, biasanya tes awal ini tentang tes kepribadian, kayaknya disebut tes psikologi awal, untuk pemetaan potensi diri, bisa dibaca di tulisan atas ini kak.

      Hapus
    2. Yang ikut test antam 2019 ini sp aja ya .. klw dah keluar pengumuman bisa di share donk infonya

      Hapus
    3. Emang udah ada pengumuman yah?

      Hapus
    4. Hai Andi, jangan lupa check website resmi Antam untuk update pengumuman ya. Semua info resmi hanya diposting di website resminya, kalau bukan ya dipastikan penipuan.

      Hapus
  11. Mba saya kan dapat email dari Antam lolos tes materi lanjut ke psikotes tgl 17-19. Tapi sampai skrg blm juga dikabarin jadwalnya kapan n dimana lokasinya sama PT prima nya? Kalau pengalaman Mba gimana? Biasanya dikabarin lewat email atau ke nomor hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru dibalas ya kak, bisa email langsung saja ke alamat recruitment Antam, InsyaAllah dibalas kok, tapi kalau mepet banget mending ditelepon saja kak. Btw Thanks for coming here.

      Hapus
    2. Bagian apa mba? Kmren saya ikut tes online kluis tp blm ada kabar lagi.. 😥😥

      Hapus
  12. Aihh kakk, bagus banget. Padahal aku masih nyusun skripsi tapi udah ikutan deg-degan karena bentar lagi harus lamar kerja juga. Semoga ini bisa jadi motivasi aku, hehe. Makasih ya kak quotesnya, jadi ngingetin aku buat lebih giat usaha dan berdoa lagi.
    Semangat ya kakk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Atika, I'm so happy to read such a comment, semoga bisa memotivasi lagi dan lagi. Tetap semangat ngerjain skripsinya ya, persiapan buat lamar kerja, jangan lupa berdoa juga ya~

      Hapus
  13. terima kasih pengalamannya. sangat membantu temen2 yg lg berjuang kaya saya hehe. halo aku mau tanya, untuk proses test online apa dikasih waktu berapa menit/jam saat mengerjakan soalnya pada saat kita sudah login? mohon jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for coming here. Kalau dari pengalaman saya dulu, tes online pertama tidak diberikan batas waktu, tapi finish on one sitting. Atau sekali dibuka harus diselesaikan saat itu juga. But it may be different in this year. Good Luck yaa ~

      Hapus
  14. hallo kak.. terima kasih untuk sharingnya
    kebetulan tahun ini saya nyoba juga dan dapat email ikut ujian tes materi online. kira kira yang diujikan disitu apa ya kak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sebutannya tes materi online ya? Kalau saya dulu tes online pertama tentang kepribadian gitu kak. Nah untuk tes materi online saya ikuti setelah lolos beberapa tes sebelumnya. Kalau tes material online dulu yang diujikan sesuai dengan jurusan/posisi yang dituju. Jangan lupa belajar tentang K3 juga ya.

      Hapus
  15. wah rata2 yng mampir di quote ini yg ikut test online,, hehe tank sudah di sahre bermanfaat sekali dan semoga berkah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Thanks for the comment. Good luck if you also take the online test yaa ~

      Hapus
  16. Terima kasih sudah mau berbagi pengalamannya
    Alhamdulillah memberi gambaran tentang tes di PT ANTAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for the comment.. Good luck on your test, Ikke :)

      Hapus
  17. waah sangat bermanfaat sekali :)
    tapi di tahap wawancara terakhir mengenai pertanyaan utk di tempatkan di luar pulau mbaknya menyetujui ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Untuk pertanyaan itu saya menyetujui bekerja di Luar Jawa (Maluku), dan saya sebutkan beberapa alasan mendukung. Tapi memang rejekinya di tempat lain kak. Hehe

      Hapus
  18. halo kak, terimakasih karena sudah berbagi pengalaman. sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
  19. Terima kasih sharing pengalamannyaa kakk, sungguh sangat bermanfaat :). semangaat kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Enni, thanks for coming here, semoga terus bermanfaat :)

      Hapus
  20. kak mau nanya apakah dalam proses rekrutmen pt.antam selalu melakukan test online? karna tahun ini tim hrd berbeda dengan tim hrd kakak saat itu. berharap ada tes online tahun ini karena saya daftar dan lokasi tes jauh diluar jawa. permasalahannya bukan berarti karena lokasi yg jauh mengurangi niat saya untuk bekerja di pt.antam tp terbentur dana untuk akomodasi kesana��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pengalaman saya memang Antam selalu mengadakan tes online, untuk tes offline pun dulu bisa pilih Kota tes terdekat yang sudah bekerja sama dengan Antam. Ingat ya, ikuti pengumuman dari Website resminya! Hati-hati penipuan mengatasnamakan PT. Antam.

      Hapus
  21. Balasan
    1. Iya kak keren Antamnya, bukan saya 😅

      Hapus
  22. KAK BOLEH TANYA KAK? KOK SAYA IKUT MATERIAL TES HANYA 10 SOAL YA KAK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada perubahan tipe soal dan cara tesnya, saya dulu tes tahun 2017 kak, sudah lama banget kan. Setiap tahun bisa saja berganti alur tesnya.

      Hapus
  23. Kak mau tanya, waktu dulu lolos ke tahap Psikotes emang di emailnya hanya agenda Psikotes aja apa memang diberi tahu akan ada interviewnya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma dikasih jadwal psikotes aja, saya baru tau ada interview pas udah datang di lokasi psikotes.

      Hapus
  24. Kak mau tanya dong, kan dikabarin via email itu psikotes hari senin atau selasa (berarti H-2) dan belum ada info lanjutan dari PT.PKSS ya? Atau emang mendadak gtu ya infonya? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya dulu ada waktu 2-3hari menuju tes psikotes setelah pengumuman lolos. Kalau ga salah gitu kak. Sorry for my bad memories.

      Hapus
    2. saya juga gitu. Tahap selanjutnya, yaitu Psikotes. Pelaksanaan tes ini dilakukan selama 1 (satu) hari yakni diantara Senin dan Selasa, 15 dan 16 Juli 2019.

      Informasi lebih lanjut mengenai hal ini (termasuk apabila terdapat perubahan jadwal dan lokasi Psikotes) akan dihubungi langsung oleh PT Prima Karya Sarana Sejahtera sebagai rekanan PT ANTAM Tbk dalam proses ini.

      sampai sekarang gak jelas tuh testnya hari apa dan jam berapa

      Hapus
    3. untuk psikotest itu nanti bakal diemail sama PT PKSS atau gimana?

      Hapus
    4. Sepertinya kita satu periode pendaftaran PT. Antam. hehe
      Saya baru dapat info via WA admin PT. PKSS untuk komfirmasi kehadiran tes psikotes di lokasi surabaya pada tanggal 16 Juli 2019.
      Mungkin bisa membantu.

      Hapus
  25. Kak tanya dong, untuk seleksi psikotesnya dulu waktu pengalaman kakak dresscodenya seperti apa ya? Formal pelatihan atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya psikotes gak wajib pakai hitam putih, saya dulu pakai blouse biru, hijab motif dan celana kulot. Cuma lebih baik dikoordinasikan dengan pihak PKSS siapa tau ada syarat dresscodenya. Asalkan sopan dan rapi sepertinya tidak masalah.

      Hapus
  26. Mohon info buat rekan2 yang ikut pro-hiring mendaftar sejak juni-juli 2019, sudah sampai tahap apa?? Soalnya setelah material test, pd awal juli, blm ada pengumuman lbh lanjut, ga lolos mgkn wkwkwwk

    Selanjutnya Untuk yang tidak lolos tes, tidak dikasitau ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya untuk peserta yang lolos ada pengumuman via website resminya kok. Untuk yang tidak lolos boleh ditanyakan ke bagian recruitmentnya. Dulu saya memang tidak ada info lolos atau tidak, lebih baik ditanyakan dulu saja yaa.

      Hapus
  27. Terimakasih mbak anggie atas info2nya

    BalasHapus