Wisata Gratis di The Taman Dayu Waterpark - Pandaan

The Taman Dayu Waterpark merupakan salah satu fasilitas dari sekian banyaknya fasilitas yang ada di kawasan wisata The Taman Dayu Ciputra Pandaan. Taman Dayu Waterpark ini terletak di daerah Pasuruan, lebih tepatnya yaitu Jl. Raya Surabaya - Malang KM. 48, Pandaan, Bulukandang, Prigen, Pasuruan Jawa Timur. Apabila berangkat dari arah Surabaya, untuk mencapai kawasan ini perlu menempuh perjalanan kira - kira 1 jam sejauh ± 45 km dengan rute Terminal Bungurasih - Taman Dayu.

          Kebetulan saya kesini diajak oleh ayah dalam rangka Family Gathering KRI Raden Eddy Marthadinata (REM) 331 pada tanggal 14 April 2018 sekaligus merayakan hari jadi 1 tahun KRI REM331 yang berulang tahun pada 7 April lalu. Semua akomodasi mulai dari transport, tiket masuk dan makan ditanggung oleh panitia alias gratis (atau jangan - jangan emang udah bayar sebelumnya? 😅 saya mah ngerasanya gratis ya). Perjalanan saya awali dari Mojokerto sekitar jam 5 pagi menuju Terminal Bungurasih, setelah perjalanan selama 1 jam saya dan keluarga tiba di terminal untuk menunggu bus angkatan laut yang berencana membawa rombongan keluarga ke tempat acara. Lalu rombongan berangkat dari terminal jam 07.00 WIB dan sampai di tujuan kira - kira jam 08.00 WIB. Beberapa rombongan keluarga masuk untuk registrasi dengan panitia dan diberikan stempel/cap sebagai tanda masuk di kawasan kolam renang dan sekitarnya.

KRI REM 331 Family Gathering

          Saat masuk di Taman Dayu Waterpark ini kita akan disambut oleh miniShop di sebelah kanan dan tempat pembelian tiket di sebelah kiri. Setelah melewati petugas pintu utama, kita dapat melihat fasilitas berupa kolam renang dewasa (±1,2 meter) yang dilengkapi dengan taman bermain, games, ayunan dan perosotan air. Terdapat toilet yang cukup besar dan bersih di bagian Utara kolam renang, serta panggung mini yang disediakan untuk acara - acara tertentu. Kemudian masuk ke wilayah Timur adalah kolam renang anak, beberapa gazebo, dan taman bermain pasir anak - anak yang sekaligus menjadi tempat berlangsungnya acara Family Gathering ini. Disana sudah disediakan panggung mini dan kursi - kursi, beberapa doorprize dari panitia, hadiah games khusus untuk outbound, dan pastinya ada tempat special untuk makan sepuasnya. Di sebelah Timur dari lokasi acara ini terdapat kolam ikan, tempat duduk dan beberapa pohon rindang yang fotoable macam lukisan, seperti ini :


Di bagian Utara terdapat taman pasir putih yang digunakan sebagai lokasi outbound keluarga sekaligus lapangan volly. Sedikit menanjak lagi, di sebelah taman pasir tersebut ada sebuah Mushola dan tempat wudhu untuk ibadah umat muslim, sayang sekali ukurannya cukup kecil bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung yang datang. Sebelah barat mushola itu terdapat sebuah villa yang tidak dapat diakses sembarangan oleh pengunjung kecuali sudah melakukan reservasi terlebih dahulu.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh MC, perkenalan awak kapal dan foto setiap divisi, bermain outbound keluarga, outbound air dewasa, outbound khusus anak - anak, ishoma, pembagian doorprize dan hadiah pemenang games outbound, penyerahan kenang - kenangan kepada komandan kapal, dan terakhir sesi foto bersama. Yaaah sayangnya saya tidak bisa ikut berenang dan bermain outbond, karena saya tidak bawa baju ganti 😢 But it was still a happy day, karena saya masih bisa main ayunan anak - anak, makan gratis sepuasnya, dapat doorprize, dan tentunya foto - foto bersama keluarga.

Foto bersama di Photobooth Family Gathering Tamandayu
Photosession at Family Gathering's Photobooth

Dapet doorprize family gathering
Yes, I got it!! 🙋

Impression : 
Taman Dayu Waterpark ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga anda saat musim liburan, baik weekdays maupun weekend. Memang untuk biaya masuk terbilang cukup mahal, pada weekdays Selasa - Kamis dipatok harga Rp 25.000 dan pada weekend atau high season dipatok harga hingga Rp 50.000, namun angka tersebut sangat sebanding dengan fasilitas dan pemandangan yang disuguhkan. Bila ingin wisata gratis, anda tak perlu masuk ke kawasan kolam tersebut, karena di bagian luarnya pun sudah disediakan fasilitas gratis lho. Anda bisa melakukan olah raga atau lari kecil di sepanjang jalan masuk kawasan The Taman Dayu Pandaan. Di pagi hari banyak pengunjung datang untuk jogging atau sekedar berfoto - foto hits dengan latar belakang indah dari alam yang beragam.

Tidak ada komentar

Posting Komentar