Jajanan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kangen Setiap Tahunnya

Jajanan Khas Bulan Ramadan
Assalamu'alaikum, baru hari keempat ikutan challenge menulis dari Komunitas Blogger Perempuan, rasanya udah ngos-ngosan banget buat ngejar yang tertinggal. Padahal bukan tantangan 30 hari seperti sebelumnya, yang mana selama bulan Ramadan harus posting minimal 1 kali dalam sehari. Kali ini diberi keringanan cuma 15 tulisan saja, tapi terasa ngoyo banget, terutama buat saya yang gak rajin nulis blog, sebulan sekali saja udah mendingan. Dah cukup curhatnya, lanjut ke topik hari ini. Hehe

Bulan Ramadan adalah bulan berkah dan istimewa yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Selain euforia dari kegiatan keagamaannya, biasanya orang-orang juga menanti momen ini karena ingin menyantap jajanan khas bulan Ramadan. Sebenarnya jajanan tersebut masih tetap ada selain di bulan Ramadan, tapi saat berpuasa jajanan khas tersebut tidak boleh ketinggalan dong. 

Jajanan Ramadan biasanya menjadi hidangan pertama saat berbuka puasa. Bisa berupa makanan atau minuman yang sering disebut dengan takjil. Takjil sendiri identik dengan kudapan yang manis-manis atau berupa camilan goreng-goreng.

Berikut ini adalah jajanan khas bulan Ramadan yang bikin kangen setiap tahunnya :

1. Gorengan

Jajanan Khas Ramadan Gorengan
Salah satu makanan yang paling diminati oleh seluruh masyarakat, khususnya umat muslim saat bulan Ramadan. Biasanya gorengan menjadi makanan yang banyak diburu ketika menjelang berbuka, saking ramainya mereka rela mengantre untuk membeli gorengan ini. Karena tingginya peminat, gorengan tak hanya dijual saat bulan Ramadan saja lho, kalian juga tetap bisa membelinya di hari-hari biasa.

2. Kurma

Jajanan Khas Ramadan Kurma
Kurma adalah salah satu makanan yang identik dengan Ramadan dan puasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan berbuka puasa dengan kurma. Manisnya buah kurma bisa mengembalikan kadar gula yang turun di dalam darah akibat berpuasa seharian penuh. Siapa nih yang keluarganya buka puasa wajib harus ada kurma? 

3. Kolak Pisang

Jajanan Khas Ramadan Kolak Pisang
Ada campuran antara manis dan gurih, serta karbo dan kuah yang segar, kolak menjadi salah satu menu buka puasa yang diminati saat bulan Ramadan. Kolak terbuat dari pisang dan ubi yang diberi kuah santan, atau bisa dicampur juga dengan kolang-kaling. Kolak bisa dinikmati saat hangat maupun dingin dicampur es batu, sama-sama segarnya lho.

4. Klepon atau jajanan pasar lainnya

Jajanan Khas Ramadan Klepon
Klepon menjadi salah satu jajanan khas Ramadan, biasanya cocok disantap saat berbuka puasa. Klepon terbuat dari bahan dasar tepung dan ketan yang dibuat bentuk bola-bola lalu dibalurkan dengan parutan kelapa, di dalamnya terdapat isian gula merah yang menambah rasa manis saat di makan. Selain klepon ada jajanan pasar lainnya yang semakin hype ketika bulan Ramadan tiba, yaitu pastel, risoles, kue lapis, atau kue kukus, dan lain sebagainya. Siap ngewar takjil jajanan pasar? Cus deh sekitar jam 3 sore dekat pasar atau sepanjang jalan pedagang kaki lima.

5. Es Buah/Es Campur

Jajanan Khas Ramadan Es Buah Campur
Wah, cerita tentang es buah saat masih puasa bikin godaan banget nih. Bayangin segarnya campuran buah-buahan dengan kuah gula manis atau kuah susu dan sirup. Buah yang dipakai biasanya semangka, melon, leci, stroberi, nangka, alpukat, atau buah lainnya sesuai selera kita. Kadang dicampur juga dengan biji selasih yang bikin tampilannya semakin cantik dan menggiurkan. Pedagang es buah atau es campur menjadi pedagang yang paling banyak tapi juga paling laris diburu oleh para pencari takjil.
Pilihan Jajanan Khas RamadanNah itu dia 5 jenis jajanan khas bulan Ramadan yang pastinya bakal bikin kangen setiap tahunnya. Kalau Ramadan kalian identik dengan jajanan apa nih kawan? Coba sebutkan makanan khas yang cuma ada/dibikin hanya di bulan Ramadan saja, ada kah?

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

2 komentar

  1. Kalo aku suka arem2 mbaaa 😄. Isi oncom, pedes, mantep deh 😄😍. Tapi kayak kolak juga suka sih. Es buah enak, tapi blm nemu yg rasanya pas di deket rumahku. Jadi jarang beli minuman. Milih kue2 aja.

    cuma sedihnya, krn sedang musim hujan, penjualnya aku liat ga sebanyak thn lalu. Jadi pilihan makanan minuman deket rumah juga ga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa jadi kangen arem2 khas Jogja, saya pertama kali kenal arem2 tuh pas seminar kuliah dulu kak, seumur-umur baru tau namanya arem2 dan setiap seminar juga pasti ada aja arem2nya. Dulu pas di Jogja sempat bosen, karena jajanan disana gak pernah jauh dari arem2. Sekarang malah kangen lagi, di Mojokerto tempatku jarang banget nemu arem2 kak. 🥲

      Hapus