Day 8 - Tips Supaya Betah di Rumah Saja


Tips betah di rumah ala introvert. Tanpa diminta, kami pun dengan senang hati menjalani. Mungkin bagi kalian si social butterfly, beraktivitas dari rumah saja akan sangat bosan, engap dan mengganggu. Namun bagi kami para homebody, apapun kondisinya, bagaimanapun cuacanya, stay at home adalah sesuatu yang membahagiakan, saat itulah kami bisa menambah energi. Hehe

Lalu apa sih koentji bagi para introvert supaya bisa betah di rumah? Tenang saja, kali ini saya akan berbagi bagaimana saya bisa hidup dan betah berlama-lama sebagai homebody. Stay on page ya!

Cleaning (Tim 'Nginem')
Bersih-bersih bisa menjadi salah satu opsi kegiatan saat di rumah. Nyuci baju, nyuci piring, nyapu halaman, dan merapikan perabotan rumah. Kalau pas rajin dan niat, pekerjaan rumah tangga bakal dikerjakan dengan semangatnya. Tidak hanya bersih-bersih yang terlihat saja ya, jangan lupa manfaatkan waktu luang di rumah untuk membersihkan handphone dan laptop. Mulai dari bersihkan gadget kita dengan cairan dan lap microfabric, hingga membersihkan memori dari file-file yang usang.

Have fun by myself (Tim Asik Sendiri)
Bagaimana sih menghibur diri saat di rumah? Maka pertama-tama saya akan siapkan homebody starterpack! Apa saja tuh? Buat saya, masuk kamar, buka gadget (hp atau laptop), wifi/kuota lancar, camilan, eh kalau pas puasa gini mending nyalain kipas angin/AC kenceng-kenceng deh. Dan lanjut having fun! Marathon drama berepisode, nulis/ngeblog, bikin konten DIY, nyalain lagu sambil karaokean sendiri. Saya juga suka bereksperimen masak-masakan, membuat camilan rumahan, entah jadi atau nggak, yang penting dicoba dulu. 

Boost up your skills (Tim Rajin)
Di rumah saja, bisa makin pinter? Gimana caranya? Kalau saya lebih milih nonton youtube tentang percakapan bahasa inggris, biar bisa ngomong english. Karena kita dijelaskan secara langsung oleh native speakers, bisa cek linknya disini. Materinya lengkap, penjelasannya rinci dan easy to understand, dan kita dilatih praktek secara langsung juga. Yah biar kek orang gila ngomong-ngomong sendirian di dalam kamar. Saya sering begini soalnya! Tidak hanya bahasa inggris kok, kita bisa belajar bahasa-bahasa lainnya juga, kalau saya sih sedang mendalami bidang keterampilan, mulai dari jahit, quilling, embroidery, photography dan memasak. Banyak pilihan channel youtube yang menyediakan materi-materi tersebut, tinggal kalian pilih materi apa yang sedang digandrungi dan ingin dipelajari.

Lying down and do nothing (Tim Rebahan)
Pernah gak kalian merasa males ngapa-ngapain? Males gerak dan berpindah tempat? Saya pasti akan begini ketika internet gak mendukung, udara dingin berhujan, pikiran stuck ide pun gak lancar. Akhirnya saya cuma rebahan, gegoleran, sambil healing down menjauhkan pikiran-pikiran negatif. Karena rebahan dan gak ngapa-ngapain gak selamanya jelek kok, siapa tau dengan berdiam diri malah melancarkan ide dan kita bisa menciptakan konten-konten menarik untuk dibagi. Ya kan? Karena sebagian tulisan disini tercipta saat saya melamun, merenung dan rebahan. Ketahuan banget anaknya mageran!

Simple exercise (Tim Bugar)
Berkegiatan full di rumah pasti akan membuat badan kita lelah juga, meskipun cuma tiduran saja dan gak ngapa-ngapain di rumah, kalian tetap perlu menjaga kesehatan tubuh lho.  Supaya badan plong rasanya, cukup berolah-raga ringan dalam 10 menit atau 20 menit saja, akan membuat kita lebih rileks dan imun kita lebih stabil. Contohnya dengan berjalan kaki, naik turun tangga, main hulahoop, atau stretching seperti yoga di kasur/matras. Jadi meski di rumah saja, badan tidak kaku dan tetap bugar.

Nah kalian masuk tim yang mana nih? Kalau saya memang hampir semua pernah saya jalani, karena memang itu rutinitas saya di rumah. Ohiya, bisa jadi tips ini manjur bagi kalian, tapi bisa juga tidak. Boleh dicoba dan lakukanlah improvement, seiring berjalannya waktu kalian pasti akan temukan cara yang paling cocok untuk diri sendiri.

Ingat, kita bantu putuskan rantai Covid-19 dengan stay at home!

Tidak ada komentar

Posting Komentar