Day 6 - Masker Hits saat Pandemi Covid-19


Mewabahnya Covid-19 di Indonesia menjadi momok tersendiri bagi warga negaranya. Semakin hari semakin memburuk. Menyikapi hal demikian, pemerintah Indonesia menganjurkan pemakaian masker bagi setiap warganya yang beraktivitas di luar rumah. Meski begitu banyak juga yang belum paham pentingnya penggunaan Masker dalam aktivitas sehari-hari. Padahal menurut penelitian di Amerika Serikat, Virus Corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan dengan orang yang terpapar. Mengerikan, semudah itu guys!

Mereka yang tak mengenakan masker kadang beralasan karena mencari masker saat ini langka dan harganya sangat mahal. Memang benar! Namun sebenarnya ada banyak opsi masker yang bisa kita pakai selama pandemi Covid-19 ini. Meski dengan kekuatan dan efektivitas yang berbeda-beda ya.

Kali ini saya mau bahas mengenai macam - macam masker anti corona hits pada saat ini, mulai dari yang berbentuk biasa, umum hingga model masker nyentrik yang menarik perhatian. Sebelumnya di Indonesia sendiri sudah banyak sekali model - model masker, namun setelah adanya wabah Covid-19 kreativitas orang Indonesia rasanya semakin liar. Hehe

Berikut adalah trend masker yang sedang nge-hype di Indonesia :

Masker Bedah (Surgical Mask)
Masker kesehatan yang sempat susah dicari dan semakin mahal harganya. Dulu harga 1 box isi 50 pcs hanya 20.000-an, sewaktu wabah corona mulai masuk di Jakarta harganya pun melambung drastis, bahkan ada yang dijual sekitar 300.000-an, isinya pun sama 50 pcs juga. Untungnya produsen masker seluruh dunia, termasuk produsen dari Indonesia juga, sedang gencarnya memenuhi perlengkapan medis dokter dan perawat yang menangani pasien corona. Sekarang harga masker ini berangsur normal. 

Masker N95
Tipe masker ini mampu memfilter sekitar 95% partikel yang melayang di udara. Masker ini juga termasuk dalam APD sebagai pelengkap tim medis dalam menangani pasien corona. Desainny lebih kaku dibanding masker bedah sebelumnya.

Masker Kain
Saat harga masker bedah semakin melambung tinggi, dan saya pun tak sanggup mencapainya #ea, karena memang ketersediannya yang langka. Saya sama mama pun mencari ide dengan membuat masker kain sendiri. Yaa meskipun masker yang saya pakai berkendara setiap hari juga buatan sendiri sih. Tapi kali ini kami buat bermacam - macam model, mulai dari tali (seperti gambar di atas), tali hijab berkalung leher, elastis earloop, dan elastis hijab. Mama saya juga menerima pesanan suka rela lho, khusus warga di rumah, kainnya dari mereka yang pesan, kami yang eksekusi.

Masker Scuba
Masker ini juga gak kalah ngehitsnya lho! Desainnya simple minimalis, warna yang ditawarkan juga variatif. Ada yang polosan ada pula yang bermotif. Jangan sampai salah pilih ya guys, material scubanya harus yang benar - benar bisa memfilter udara yang kita hirup, jangan sampai dapat murah tapi kw, hmm no kw-kw club ya guys.
Shopee : karaaa.id

Masker Brukat
Siapa nih yang suka barang - barang cantik dan manis? Cocok banget pakai masker brukat ini, memberikan kesan standout dan mevvah guys. Pas banget buat outfit kondangan, atau bisa dipakai seragaman hari raya nanti.
Instagram : @hennidzaki

Masker Batik
Masker batik semakin viral ketika Menteri Kesehatan Bapak memberikan update setiap hari mengenai Covid-19 di Indonesia, beliau menggunakan masker batik dengan model earloop dan selalu berganti-ganti motif setiap hari. Menjunjung tinggi kearifan lokal ga sih? Good!
Shopee : adinatabatik

Masker Ukir/Ethnic
Masker paling antik ya ini nih, tetiba saya dikirimin sebuah dm dari teman saya, katanya untuk inspirasi pernikahan di tengah wabah corona. Bagus juga idenya! Kelihatannya masker ini banyak sekali celahnya, jadi kalau untuk penangkal virus sepertinya kurang joss gandos, tapi untuk fashion oke banget.
Instagram : @iis_yunerli_66

Maskernya lucu - lucu gemesin kan ya? Namun jangan lupa ya guys, apapun tipe maskernya, carilah masker yang paling efektif menangkal virus, tetap berkomitmen menjaga jarak aman dan menjaga kebersihan diri sendiri.
Jika pandemi Covid-19 telah berakhir, nantinya tulisan saya ini bisa jadi cerita atau kenang - kenangan mengenai fenomena penggunaan masker di hampir sebagian besar wilayah di seluruh dunia. Dan kita bisa bernostalgia betapa kreatifnya orang di seluruh dunia (terutama Indonesia) dengan bercipta masker antik yang booming pada zamannya.

Semoga pandemi ini segera berakhir, kita semua bisa segera melewati masa sulit melawan virus tak kasat mata ini. Semoga bumi cepat sembuh dan semesta meng-amin-kan segala doa kita.

Tidak ada komentar

Posting Komentar