Day 4 - Tindakan Preventif agar Terhindar dari Covid-19


Menurut World Health Organization, virus corona terbaru jenis Covid-19 ini dapat disembuhkan, beberapa ada yang sembuh sendiri meski tanpa perawatan khusus. Jika pasien tidak merasakan gejala hingga perlu perawatan medis, sebenarnya pasien tersebut boleh diisolasi pribadi di rumah, istilah lainnya self isolated, tentunya harus tetap memperhatikan tata cara perawatan pasien Covid-19 yang benar sesuai anjuran WHO ya. Namun yang namanya wabah atau pandemi, pasti ada kemungkinan menyerang setiap manusia di segala penjuru dunia. Yang lebih parah lagi, jika persebaran virus tidak dicegah dengan baik, pasien akan terus bertambah, terutama jika Covid-19 menyerang orang tua atau yang memiliki riwayat penyakit parah seperti jantung, kanker, diabetes dan lainnya, maka jumlah orang beresiko semakin naik. Jika hal ini tidak ditangani dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan trend angka kematian akan melonjak tinggi. Waduh, baru bayangkan saja sampai bergidik ngeri.

Mengingat resiko terburuk yang mungkin terjadi, pasti akan menggugah kesadaran kita untuk menerapkan gaya hidup sehat dan bersih supaya terhindar dari wabah Covid-19. Selain gaya hidup sehat, sebenarnya apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menghindari wabah corona yang mendunia ini? Mari kita ulas satu per satu sesuai penjelasan di laman WHO yaa.
  • Rajin mencuci tangan
    Jangan malas mencuci tangan! Bersihkan tanganmu menggunakan sabun dan air mengalir, jika tidak ada sabun boleh menggunakan hand sanitizer yang berbasis alkohol.
    Kenapa? Membersihkan tangan dengan sabun dan air bisa membunuh kuman dan virus yang mungkin saja menempel di tangan kita.
  • Tetaplah berjaga jarak
    Berjaga jarak sekitar 1 meter antara kita dan orang lain ketika batuk atau bersin.
    Kenapa? Ketika seseorang bicara, batuk maupun bersin, mereka bisa mengeluarkan cipratan air dari hidung atau mulut, yang mungkin saja membawa virus. Jika kita terlalu dekat dengan mereka, virus tersebut bisa kita hirup melalui udara, termasuk juga virus dari orang yang terjangkit Covid-19.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut
    Kenapa? Tangan kita menyentuh berbagai macam permukaan dan virus bisa saja menempel dengan mudah. Sekalinya terkontaminasi, tangan bisa mentransfer virus ke mata, hidung dan mulut. Jika demikian, maka virus sudah masuk ke tubuh kita dan bisa membuat kita sakit.
  • Berlatih etika batuk
    Pastikan jika kita, dan orang disekitar kita telah mengetahui etika ketika batuk atau bersin. Yaitu dengan menutup mulut dan hidung menggunakan bagian dalam siku atau bisa dengan tissue, lalu segera membuang tissue ke tempat sampah.
    Kenapa? Cipratan air saat batuk dan bersin dapat menyebarkan virus. Dengan mengikuti etika batuk dan bersin, maka kita dapat melindungi orang di sekitar kita dari virus yang menyebabkan penyakit seperti flu, demam, termasuk Covid-19. 
  • Jika merasa demam, batuk, dan sesak nafas, segera periksa ke dokter atau tenaga medis
    Jika merasa tidak enak badan, jangan kemana-mana ya, tetap di rumah saja. Kalau kamu merasakan demam, batuk, dan kesulitan bernafas, segera periksakan ke dokter dan teleponlah lebih dulu untuk konsultasi.
    Kenapa? Kebijakan daerah atau nasional pasti memiliki informasi terbaru mengenai kondisi di area kita. Telepon lebih dulu akan memudahkan tenaga medis mengarahkan kita ke fasilitas kesehatan yang tepat. Hal tersebut juga membantu melindungi kita dari virus dan mencegah persebarannya.
  • Mengikuti perkembangan Covid-19 dan mengikuti saran dari penyedia layanan kesehatan di sekitar kita

Tidak ada komentar

Posting Komentar