7 Langkah Kecil Bukti Nyata Kita Mencintai Bumi



Halo guys? Ada yang tahu hari ini hari apa? Rabu! Melihat google doodle hari ini, apakah kalian notice sesuatu? Ada lebah lucu di taman hijau berbunga. Yap, benar sekali! Hari ini adalah perayaan hari Bumi ke-50, dimana setiap tahun pada tanggal 22 April diperingati secara internasional oleh masyarakat di seluruh dunia. Apakah kalian salah satunya? Atau bahkan kalian belum paham mengenai Hari Bumi ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini ya.

Apa itu Hari Bumi?
Seperti yang saya sebutkan di atas, Hari Bumi atau earth day diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Kegiatan ini dicanangkan oleh seorang Senator dari Amerika Serikat yaitu Gaylord Nelson, seorang pengajar lingkungan hidup, pada tahun 1970. Tujuan Nelson menggagas ide Hari Bumi adalah untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang kita tinggali saat ini, Bumi, dengan bentuk aksi nyata melindungi Bumi dari kegiatan manusia yang tak bertanggung jawab. Tanggal 22 April bertepatan pada masa musim semi di belahan Bumi Utara dan masa musim gugur di belahan Bumi Selatan. Di Amerika telah banyak warga negaranya yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi ini, menggelar aksi - aksi postif seperti pawai, gerakan bersama, membentuk komunitas lokal dan program edukasi lainnya.

Sekarang ini Hari Bumi telah diperingati oleh lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi atau Earth Day Network.

Bukti Nyata Kita Mencintai Bumi
Semakin hari Bumi ini semakin menua, penduduknya padat dan menjadi semakin rusak. Padahal Bumi adalah tempat untuk bergantung, menyambung hidup dan berlindung. Bumi yang sudah jutaan tahun ditinggali oleh manusia ini pasti sudah berubah secara signifikan berbanding lurus dengan pola hidup manusia yang semakin "brutal". Lalu berapa lama lagi Bumi kita bisa bertahan menahan beban yang kita timbulkan? Jika bukan kita yang mencegah Bumi semakin rusak? Siapa lagi?

Pastinya kalian ingin generasi anak/cucu kita di masa depan juga bisa menikmati keindahan tak terbatas, kekayaan alam dan jantung kehidupan yang kita dapatkan dari Bumi. Jadi kira - kira langkah apa saja yang bisa kita lakukan dalam upaya melindungi Bumi kita tercinta? Berikut adalah 7 langkah kecil yang bisa dilakukan sebagai bukti nyata kita mencintai Bumi :
  1. Matikan lampu setiap keluar ruangan
    Mematikan lampu setiap kali kita keluar ruangan atau rumah, hal ini menjadi upaya kita untuk menghemat listrik/daya yang kita pakai sehari-hari. Bukan hanya menghemat biaya lho, tetapi juga mengurangi penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.
  2. Gunakan air seperlunya
    Ingat! gunakan air seperlunya, bukan secukupnya. Karena yang perlu sudah pasti cukup, tetapi cukup belum tentu perlu. Nah dengan menghemat air ini kalian sudah membantu Bumi menjaga ketersediaan dan kelestarian air bersih. Bayangkan saudara kita yang tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), apakah mereka bisa dengan mudah mencari air bersih seperti kita? No! Oleh karena itu, bersyukurlah, kita harus lebih bijak dalam memanfaatkan air bersih.
  3. Membuang sampah pada tempatnya
    Hal yang cukup mudah dilakukan tetapi sulit untuk dijadikan kebiasaan. Benar kan? Apa salahnya mencoba dan memaksakan diri untuk terbiasa buang sampah pada tempatnya? Dengan begitu kita juga ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Apalagi kalau ikut memilah sampah dari rumah, pisahkan sampah organik dan non organik yang nantinya bisa menekan produksi sampah dari rumah. 
  4. Hemat kertas (paperless) dan tissue
    Save paper, save trees. Please do not print this email unless you really need to! Selalu merasa overwhelmed ketika melihat note seperti ini di bawah email. Jangan print out email yang belum tentu kalian baca lagi nantinya, bila terpaksa harus diprint out, gunakan kertas bolak-bolak yang masih bisa digunakan. Menghemat kertas menjadi salah satu usaha untuk melindungi jutaan pohon di Indonesia maupun dunia. Kita pun masih membutuhkan pohon untuk mengubah udara menjadi lebih segar dan bersih. Saya ingat moto salah satu perusahaan kertas yang membuat saya respect yaitu "use our paper, we plant more trees", jadi selain menebang pohon untuk tujuan komersil, jangan lupa menanam pohon untuk menyelamatkan bumi.
  5. Gerakan nol sampah plastik (Zero waste)
    Bebas sampah adalah gerakan internasional dalam upaya mengurangi jumlah sampah di bumi. Salah satu caranya dengan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Contoh gerakan zero waste yaitu, usahakan membawa kantong plastik sendiri saat hendak belanja, gunakan botol minum reusable, dan biasakan memakai alat makan stainless untuk menghindari penumpukan sampah plastik. Masih ada banyak cara untuk meminimalkan produksi sampah, temukan caramu!
  6. Daur ulang sampah dan bagikan barang bekas layak pakai
    Supaya tidak menimbun terlalu banyak sampah di bumi, ada baiknya kita memilah sampah sesuai dengan kondisinya. Kita kumpulkan sampah-sampah yang masih bisa didaur ulang atau diolah kembali, kemudian kita proses supaya menghasilkan barang-barang baru yang bermanfaat bagi banyak orang. Ingat konsep reuse, reduce, recycle, dengan begitu kita bisa menekan penumpukan sampah di bumi.
    Selain sampah, apabila kita memiliki barang bekas yang masih bagus dan layak pakai, lebih baik kita berikan kepada orang-orang yang sangat memerlukannya. Boleh second, asal masih layak ya guys! 
  7. Gunakan transportasi umum
    Menggunakan kendaraan pribadi memang nyaman, tapi gak ada salahnya kita coba menggunakan transportasi umum kan. Membiasakan diri menggunakan transportasi umum berarti kita sudah ikut andil dalam menjaga lingkungan karena meminimalisir emisi gas rumah kaca, ikut dalam membantu usaha pemerintah mengurangi polusi dan mengoptimalkan subsidi bahan bakar. Selain itu kita juga bisa berhemat karena cukup membayar biaya yang sangat terjangkau tanpa perlu memikirkan uang bensin dan parkir. 
Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ikut andil dalam menjaga kelestarian Bumi kita. Lihatlah di luar sana banyak sekali gerakan penghijauan, komunitas bumi sehat, dll dengan satu misi yang sama yaitu melindungi bumi dari kerusakan alam supaya generasi yang akan datang tetap bisa merasakan indahnya tinggal di bumi. Kalian bisa mengikuti salah satu kegiatan atau aksi nyata mereka dalam upaya melindungi bumi, atau 7 langkah di atas bisa kalian lakukan sendiri tanpa harus mengikuti kelompok tertentu. Tidak perlu memaksakan orang lain, cukup dimulai dari diri sendiri dan tularkan pada lingkungan kita.

Hari Bumi kali ini kita lewati dengan suasana haru biru di tengah wabah Covid-19 yang menjangkit sebagian besar Negara di seluruh dunia. Per hari ini, dari worldometers tercatat sudah ada 2,55 juta jiwa yang terinfeksi virus corona, dari jumlah tersebut dilaporkan 177.234 jiwa meninggal dunia dan 688.430 pasien dinyatakan sembuh. Kita masih belum tahu kapan keadaan ini bisa kembali seperti semula, jumlah terinfeksi masih bisa terus bertambah secara eksponensial jika bukan kita sendiri yang mencegahnya. Saat ini bumi butuh aku, bumi butuh kamu dan bumi butuh kita semua untuk tetap berjuang di rumah saja. Kalian yang terpaksa keluar rumah untuk urusan kerja, jangan lupa perhatikan APD dan pastikan menggunakan masker ya. 

Mari kita sempatkan untuk berempati dan mengapresiasi mereka yang telah berjuang di garda depan untuk melawan virus corona ini. Kita juga bisa sisihkan sebagian rejeki kita untuk mereka yang terpaksa berhenti bekerja, atau untuk mereka yang tanpa sengaja terkena imbasnya sehingga tidak bisa menghidupi keluarga kecilnya, dan untuk tim medis yang telah mendedikasikan baktinya untuk melindungi dan merawat pasien - pasien corona. Tugas kita sekarang ini adalah membantu pencegahan penularan virus covid-19 ini dengan cara physical distancing, menjaga kebersihan dan menggunakan masker setiap saat. Selalu ingat, saat ini #bumibutuhaku dan Bumi butuh kita semua!

Think green, go green!
Get well soon, Earth! Let's help recover the earth starts from us!

Tidak ada komentar

Posting Komentar