Day 11 - Keterampilan yang Bisa Dipelajari saat di Rumah

Jadi sudah seberapa tingkat kebosanan kalian selama di rumah saja? Apakah sudah mencapai ubun-ubun? Duh lebay! Kalau di rumah diisi dengan rebahan dan goleran saja di kasur, ya jelaslah bakal bosan. Tapi gak bakal deh kalau kalian berkegiatan, punya kesibukan dan beraksi dengan ide-ide menarik lainnya. 

Saya pun demikian, pernah banget jadi manusia rumahan, yang gak pernah keluar rumah karena saat itu sedang mengalami masa krisis jobseeker. Karena bosan banget, bingung mau ngapain, semacam kehabisan ide untuk beraktivitas, saya pun browsing sana sini, kepo-kepo sosmed dan akhirnya saya menemukan secercah hidayah menjalani hidup. #halah 

Tulisan ini saya tujukan khusus kepada kalian, terutama bagi kalian yang sedang WFH maupun terdampak PSBB, untuk menghilangkan rasa bosan dan mati gaya di rumah. Hari ini saya mau sharing mengenai beberapa keterampilan yang bisa dipelajari di rumah selama pandemi Covid-19, berdasarkan pengalaman pribadi yaa :

Handicrafts
Handicraft atau biasa kita sebut kerajinan tangan ini ada banyak macamnya. Kalau saya sendiri pernah mempelajari jahit, sulam, quilling, dan scrapeframe. Lumayan banyak ya? Karena saya tipe orang yang pengen bisa semuanya, dan gak bisa fokus pada satu materi saja. Jadinya ya gitu deh, gak semuanya didalami. Padahal kalau dijadikan ladang bisnis lumayan juga kan? Ayo deh siapa yang mau coba belajar kerajinan begini?

Blogging
Saya dulu menemukan hasrat untuk kembali ke dunia blogging juga karena masa-masa "di rumah saja" alias pengangguran. Lalu terpikirkan bagaimana caranya berkarya di rumah saja, tapi bisa bermanfaat untuk orang banyak. Saya pun mengingat blog ini yang telah berjamur, sudah hampir 3 tahun tidak posting tulisan. Dan saat itu juga saya jadi menggandrungi desain blog. Dulu desain blog ini masih classic semacam blog jadul gitu, hingga sampai sekarang seperti ini juga karena belajar dan dibantu orang juga ding. Hehe
Gak cuma ngotak-atik desain blog saja lho, kalian bisa mempelajari tentang monetisasi blog, SEO, dan bergabung dalam komunitas-komunitas blog.

Cooking
Belajar memasak menjadi salah satu pilihannya saat di rumah saja. Sebenernya saya ini gak begitu pintar memasak, cuma ada kesukaan untuk selalu bereksperimen. Namanya juga belajar ya, gagal pun tidak masalah, coba lagi sampai jadi. Terutama buat cewek nih, calon istri harus mulai belajar masak. Saya tidak mengharuskan bisa masak lho, tidaq begitu, yang penting kita sudah ada niatan memberikan makan yang sehat untuk keluarga.

"No one is born a great cook, one learns by doing" - Julia Child

Media belajar keterampilan sekarang sudah banyak ditemui di dunia maya, sosmed bahkan aplikasi khusus dalam bidangnya. Contohnya kerajinan tangan bisa kalian pelajari di Youtube, Blogging sudah lengkap banget di Google, bisa kalian cari tutorial melalui blogwalking, dan memasak bisa dipelajari lewat cookpad atau untuk videonya bisa dicari melalui Youtube juga. Pokoknya zaman digital begini, berselancar dunia maya semua serba ada.

Jika kita mendalami keterampilan sesuai dengan minat kita, tidak menutup kemungkinan juga bisa mendatangkan pundi-pundi cuan lho, rejeki anak sholehah. Siapa sih yang gak mau keterampilannya diapresiasi?

Tidak ada komentar

Posting Komentar