Day 16 - Tips Menu Buka Puasa Praktis Anti Ribet

Setelah berpuasa seharian dan beraktivitas penuh, tentunya waktu yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka puasa. Jangan lupa tetap perhatikan kesehatan keluarga saat berbuka, terutama saat menyiapkan menu santapannya. Apalagi kondisi saat ini, kita semua menjalani Ramadhan di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir. Tentunya kesehatan keluarga adalah yang utama, untuk itu saya membagikan tips sehat berbuka puasa dengan keluarga di tengah pandemi Covid-19 :
  1. Berdoa. Waktu yang mustajab untuk menjatkan doa adalah waktu menjelang hingga saat buka puasa. Jadi jangan lupa berdoa dulu, sisipkan rasa syukur terhadap rejeki yang kita peroleh, meminta maaf atas perbuatan yang kita lakukan, dan berharap keberkahan sepanjang Ramadhan.
  2. Berbuka dengan yang manis. Beberapa yang sudah umum adalah kurma atau teh manis. Berbuka dengan yang manis dipercaya bisa menggantikan energi yang telah terforsir selama seharian penuh berpuasa.
  3. Minum air putih. Konsumsi banyak air putih supaya bisa mencegah dehidrasi karena kekurangan cairan saat berpuasa seharian. Untuk itu kita berikan asupan air sebagai sumber hidrasi terbaik bagi tubuh kita.
  4. Konsumsi makanan bergizi. Saat berbuka jangan sampai lupa memperhatikan makanan yang kita konsumsi, makanlah makanan yang bergizi, kaya akan vitamin dan serat. Menu berkabohidrat dan berprotein sebagai sumber energi dan mempertahankan massa otot tubuh. Hindari makanan berlemak, tinggi gula dan garam, supaya terhindar dari penyakit jahat yang menyerang tubuh.
  5. Jangan kalap. Meski kondisi perut sangat lapar, usahakan tetap mengontrol porsi makanan sesuai dengan biasanya. Jangan terburu-buru dan makan sebanyak-banyaknya karena malah bisa menyebabkan gangguan pencernaan serta masalah lambung. Makan secukupnya juga bisa mencegah penambahan berat badan.
Sebenarnya tidak hanya saat Covid-19 saja ya, tips di atas sangat umum dan bisa kita ikuti setiap berbuka puasa, kapanpun dalam kondisi apapun. Lagian saya juga merangkumnya dari pengalaman-pengalaman orang lain kok. Hehe

Ngomongin soal menu buka puasa praktis, pasti tak luput dari yang namanya takjil. Berikut beberapa menu takjil yang bisa dikonsumsi saat buka puasa, tenang saja cara penyajiannya praktis dan mudah bet, jadi gak bakal menyita waktu banyak untuk menyiapkan menu ini :
  • Air putih dan kurma
Pict by KalderaNews/Ist
  • Teh manis hangat
Pict by Fimela.com
  • Salad buah
Pict by Cookpad/PrimaNa
  • Setup pisang
Pict by Cookpad/FitriaHN

Membuat menu buka puasa keluarga jangan sampai melupakan beberapa hal penting loh ya. Jangan hanya fokus pada praktis dan mudahnya saja, tapi kita juga harus perhatikan faktor kesehatannya dengan menyiapkan makanan yang bergizi tinggi. Jangan sampai asal masak resep makanan, dicampur-campur gak taunya malah bikin sakit perut. Belum lagi kalau perut penuh, rasanya mau gerak saja males. Jangan sampai makanan buka puasa malah bikin aktivitas terhambat ya, apalagi kalau mager untuk sholat berjamaah atau terawih. Sayang banget dong 😟

Tidak ada komentar

Posting Komentar