Day 19 - Camilan Praktis untuk Berbuka

Siapa yang buka puasa suka ngemil? Saya mau sharing ide camilan buka puasa praktis yang bisa disiapkan dalam waktu yang singkat dan pastinya hemat. Tapi mohon maaf ya gak ada gambar-gambar menarik karena buru-buru bikin konten pas istirahat di hari kerja. Harap maklum ya guys.

1. Kebab Homemade

Kebab dengan isian sederhana seperti daun selada, sosis, daging cincang, dan telur, bisa dengan mudah kita buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya sederhana dan gampang banget dicari. Untuk kulit kebabnya, gak perlu ribet lagi kita bisa beli kulit kebab instan 15ribuan saja sudah dapat 10 lembar. Tapi banyak pilihannya kok, tergantung kalian suka yang mana, yang pastinya ada harga ada kualitas. Nah kalau kalian mau ribet, bisa juga dengan membuatnya sendiri di rumah, cukup sediakan tepung terigu, garam, dan air susu saja. Lebih tepatnya mengenai resep kulit tortilla atau kebab ini mending kalian baca-baca di aplikasi Cookpad saja. Hehe soalnya sejauh ini saya belum pernah bikin sendiri, tapi beli instan. Maklum maunya yang praktis dan cepet.

2. Simple Dumpling

Nah ini sih camilan andalan saya selama bulan puasa, kalau gak salah sudah 2x bikin sendiri. Yah karena trial and error, itupun masih pakai kulit instan juga. Soal isiannya, gampang banget kok. Siapkan daging cincang/giling halus 200gram, 2pcs tahu dihaluskan, 2pcs wortel diiris dadu kecil-kecil, 2helai daun bawang dicincang, berikan garam dan lada putih secukupnya sesuai selera. Kalau mau pedasnya nampol bisa ditambah irisan cabai rawit, setelah itu jangan lupa dicampurkan dengan 1 buah telur ayam, aduk rata. Diamkan sebentar supaya bumbunya meresap. Jadi deh isian dumpling sederhana! Tinggal dibungkus pakai kulit lumpia, ingat nempelnya pakai putih telur ya, biar gak mudah sobek. Lalu masukkan dalam kukusan selama 15-20 menit, sajikan dengan saus sambal atau mayonaise. Laziza!

3. Pentol Mercon

Ini juga praktis banget bikinnya, tinggal siapkan sambal bawang dengan tingkat kepedasan sesuai selera, goreng pentol hingga luarnya 'agak' garing lalu tiriskan, pas hangat-hangat gitu campurkan sambal dan aduk rata. Kalian juga bisa tambahkan kecap untuk penambah warna atau menetralkan rasa pedasnya. Sebenarnya kalau mercon-merconan gini kan identik dengan tingkas pedasnya yang luar biasa, jadinya saya tidak menyarankan camilan ini dimakan saat perut kosong dan benar-benar di waktu berbuka. Lebih baik setelah makan makanan berat dan minum yang manis. Karena makanan pedas tidak baik dimakan saat perut kita kosong, serem guys, asam lambung bisa naik dan sakitnya minta ampun.

Selamat mencoba guys! Kapan-kapan kita sharing lagi soal makanan kuy, soalnya masih dalam tahap belajar. Hehe

1 komentar

  1. kebab my favourite mba, suka banget sama kebab, malah sampe beli versi frozennya biar bisa nyetok di rumah

    BalasHapus