Review Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk SPF50+ PA++++

Cover Anessa Sunscreen Skincare Milk
Hai beauties, akhirnya di tengah kerempongan jadwal pekerjaan sehari-hari, saya pun bisa update tulisan lagi buat pembaca setia disini. Kali ini saya mau ngereview suatu produk sunscreen yang menurut saya termasuk dalam jajaran produk skincare termahal dan termewah yang pernah saya punya.

Senang banget saya bisa berkesempatan untuk mencoba salah satu produk andalan Anessa yaitu Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk. Awalnya sih lumayan ragu karena takut harganya yang overprice dan menurut saya masih banyak sunscreen lokal yang harganya lebih murah dan cocok di kulit wajah saya. Tapi karena banyak sekali review bagus tentang produk ini, jadi kenapa gak dicoba dulu ya kan? Karena ada pepatah yang bilang "lebih baik menyesal membeli, daripada menyesal tidak membeli", bisa banget dah bikin alasannya. Hehe

Eits pertama-tama disini semua adakah yang baru mendengar tentang Anessa? Masih kurang familiar dengan namanya? Tenang nih saya kasih perkenalannya dulu ya.
Anessa Sunscreen Skincare Milk
Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk SPF50+ PA++++
Anessa merupakan produk tabir surya No. 1 dari Jepang yang dikembangkan dan diteliti oleh tim riset dari brand Shiseido Cosmetics. Bisa dibilang dalam silsilah keluarga Anessa ini anaknya, sedangkan Shiseido adalah ibunya. Riset yang dilakukan oleh Shiseido telah dilakukan selama lebih dari 100 tahun untuk mendapatkan formulasi terbaik bagi kulit. Cuma Anessa satu-satunya yang komposisinya terdiri dari 50% Skincare Ingredients. That's why Anessa is not only sunscreen, but it's a beauty sunscreen. Jadi selain untuk melindungi dari sinar UV, fungsinya juga untuk merawat serta menutrisi kulit dengan kandungan skincare tersebut. Tuh kan gak heran kalau Anessa juga dinobatkan sebagai sunscreen Jepang terbaik selama 21 tahun berturut-turut. Karena memang Anessa ini sangat expert di bidang sun care untuk perlindungan kulit.
Auto Booster Technology Anessa
Selain itu Anessa beauty sunscreen menjadi produk tabir surya yang mampu memberikan perlindungan maksimal bagi kulit dengan meluncurkan inovasi baru berupa Auto Booster Technology yang terdiri dari formulasi :
  1. Thermo Booster Technology : perlindungan sinar UV yang semakin kuat dan merata ketika kulit terkena panas
  2. Aqua EX Booster Technology : perlindungan sinar UV yang semakin kuat dan merata ketika kulit terpapar oleh air ataupun keringat
  3. Super Waterproof & Sweatproof : ketahanan hingga 80 menit di dalam air
  4. Humidity Protection : molekul humidity booster menangkap kelembapan di udara dan meningkatkan perlindungan sinar UV
Kalau biasanya produk sunscreen lain memiliki formula yang mudah luntur jika terkena air atau saat kulit berkeringat. Namun Anessa ini berbeda teman, justru kandungan juaranya dari Auto Booster Technology tersebut akan bekerja secara optimal jika kulit terkena air, berkeringat, terpapar panasnya sinar matahari, maupun dalam kondisi lembap. Jadi semakin lama bukannya semakin berkurang khasiatnya, malah semakin kuat melawan serta melindungi kulit dari sinar UV. 

Buat orang awam yang baru mengenal sunscreen dari Anessa mungkin akan kaget dengan harga jualnya yang relatif mahal, yakni sekitar 200-400ribuan per satuannya. Nah kalian penasaran sebenarnya worth it gak ya beli sunscreen dengan harga segitu? Mau tau ulasan selengkapnya mengenai Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk ini, yuk scroll ke bawah yuks!

Packaging

Packaging Anessa Sunscreen 1
Packaging Plastik Tampak Depan
Packaging Anessa Sunscreen 2
Packaging Plastik Tampak Depan (zoom in
Kemasan display Anessa dibungkus dengan plastik seperti standing pouch tersegel dengan model heat sealing, yang mana jika ingin membukanya harus disobek lebih dulu pada bagian yang sudah disediakan. Keterangan pada kemasannya bertuliskan full kanji dari bahasa Jepang, menandakan asal usul produknya yang memang buatan Jepang.
Packaging Plastik Tampak Belakang
Packaging Plastik Tampak Belakang
Packaging 3
Packaging Plastik Tampak Belakang (zoom in
Pada bagian belakang plastik terdapat keterangan produk yang pastinya berbahasa Jepang juga, jadi saya kurang paham apa saja isinya. Namun, ada tambahan stiker berbahasa Indonesia yang menjelaskan detail produk seperti Cara Penggunaan, Peringatan, Ingredients, Informasi Pabrik, Importir dan yang paling utama adalah QR Code BPOM RI, jadi walaupun produk impor, Anessa ini dijamin aman ya karena sudah lolos uji BPOM.
Packaging Botol Tampak Depan Anessa
Packaging Botol Tampak Depan
Botol Anessa Sunscreen Tampak Belakang
Packaging Botol Tampak Belakang
Botol Pipih Anessa Sunscreen
Packaging Botol Pipih
Produknya sendiri dikemas dengan botol plastik berwarna gold dan bertutup ulir. Pada bagian depan kemasan botolnya full bahasa Inggris, sedangkan bagian belakangnya berbahasa Jepang. Untuk varian ini terdapat 2 pilihan ukuran yang berisi 20ml dan 60ml, untuk yang saya review disini yaitu kemasan 60ml. Dengan isian yang cukup banyak, kemasannya bisa dibilang ramping dan cukup ringan, jadi tidak memakan banyak tempat, travel friendly, dan masih bisa dimasukkan ke dalam makeup pouch. Namun minusnya di kemasan botol ini tidak ada keterangan expired date-nya, hanya ada di bungkus plastiknya saja, jadi sekalinya dibuka sebisa mungkin kita mengingat expired date yang tercantum pada plastik pembungkus. Atau biar gak lupa cobain deh ditempel pakai kertas label yang sudah dikasih keterangan tanggal kedaluwarsanya.
Aplikator Botol Anessa Sunsreen
Aplikator
Aplikator dari Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk ini berbentuk tube kecil yang mana ketika botolnya dibalik langsung mengeluarkan isinya. Bisa dibilang cukup mudah untuk mengeluarkan produknya, tapi agak seram juga takut kebanyakan malah jadi boros ya, nah supaya tidak berlebihan miringkannya pelan-pelan saja ya temans.

Ingredients

Kandungan Anessa Sunscreen Skincare Milk
Dimethicon, water, zinc oxide, alcohol, talc, diisopropyl sebacate, isododecane, octocrylene, ethylhexyl salicylate, c12-15 alkyl benzoate, peg/ppg-92 dimethyl ether, zea mays starch, silica, isopropyl myristate, dethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, titanium dioxide, peg-9 polydimethylsiloxyethyl dimethicone, dextrin palmitate, glycerin, homosalate, ethylhexyl triazone bis-ethylhexyloxyphenol, methoxyphenyl triazine, polysilicone-15, peg-10 dimethicon, isostearic acid, triethoxycaprylysilane, disteardimonium hectorite, aluminum hydroxide, stearic acid, sodium chloride, trisodium edta, peg-6, fragrance tocopherol, BHT, butylene glycol, peg/ppe-14/7 dimethyl ether, sodium metabisulfrite, sccharide isomerate, dipotassium glycyrrhizate, camelium sinensis leaf extract, potentilla erecta root extract, citric acid, sodium acetylated hyalurotane, sodium citrate, synthetic fluorphlogopite, triethoxysilylethyl, polydimethylsiloxyethyl, dimethicon, soluble collagen, phenoxyethano

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa pada Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk, terdapat 50% skincare ingredients yang memaksimalkan proteksi dari Auto Booster Technology, bahan-bahannya sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit dan menghindarkan kulit dari risiko-risiko yang dapat merusak kulit saat terpapar sinar UV. Berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang ada di dalam produk Anessa, yaitu :
  1. Kyoto Uji Green Tea : kaya akan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, mampu mengatasi hiperpigmentasi, menenangkan kulit iritasi, dan menghindarkan munculnya jerawat
  2. Yellow Flower Extract/Marigold Extract : mencerahkan kulit dan mencegah tanda penuaan dini yang disebabkan oleh vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah)
  3. Edelweiss Extract : mampu membunuh jamur dan bakteri pada kulit, juga menenangkan kulit iritasi akibat terpapar sinar UV
  4. Collagen : memperlambat munculnya tanda penuaan kulit yang dapat mengencangkan dan mencerahkan wajah secara alami
  5. Hyaluronic Acid : mengikat molekul dan kadar air pada kulit sehingga menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi
  6. Aqua In Pool : menguatkan skin barrier dan melindungi kulit dari paparan sinar UV, debu, serta polusi, sehingga dapat mencegah masalah kulit seperti iritasi dan jerawat
Tak hanya disitu saja, produk Anessa Sunscreen satu ini memiliki formula yang non-comedogenic yang berarti aman digunakan untuk jenis kulit apapun, bahkan untuk tipe kulit berminyak sekalipun.

Fragrance & Texture

Tekstur Anessa Sunscreen Skincare Milk
Anessa Perfect UV Sunscreen memiliki aroma wangi seperti floral segar khas citrus, awal-awal memang lumayan menyengat, tapi menurut saya bau ini tidak menggangu kok. Lama kelamaan juga aromanya menghilang, justru selama pemakaian sunscreen ini malah samar-samar ada wangi air yang segar khas alam gitu. Menenangkan! 
Swatch Anessa Sunscreen Skincare Milk
Sedangkan untuk teksturnya sendiri berupa cairan liquid lumayan encer yang berwarna putih seperti susu. Tekstur cairnya yang hampir seperti air tersebut membuat Sunscreen dari Anessa ini terasa sangat ringan dan mudah untuk di blend sekaligus cepat menyerap ke kulit wajah.

How to Use

Dilansir dari website resmi Anessa, berikut adalah cara pemakaian Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk agar perlindungannya bisa bekerja secara maksimal :
  1. Kocok terlebih dahulu sebelum menggunakan (di dalam botolnya sudah terdapat alat kecil yang berfungsi untuk mengaduk produknya)
  2. Gunakan sunscreen pada wajah dan leher. Oleskan produk pada empat titik : pipi, kening, hidung dan dagu. Kemudian ratakan dengan tangan dari atas ke bawah. Untuk leher dapat menggunakan 2 ruas jari telunjuk dan tengah, lalu usapkan ke area leher dan ratakan dengan lembut dari bawah ke atas
  3. Gunakan pada lengan dan kaki yang terbuka dan mudah terpapar sinar matahari, keluarkan kembali produknya lalu oleskan sunscreen pada area tersebut dengan cara melingkar sampai rata

First Impression

Pertama kali datang rasanya sayang banget buat buka packaging plastiknya, tapi dalam hati juga pengen langsung cobain sunscreen mewah ini. Karena rasa penasaran yang amat dalam, saya buru-buru ambil foto buat keperluan review blog ini, yaps langsung tancap sobek plastiknya dan cobain saat itu juga, harap maklum ya teman. Hehe

Sebelumnya saya sempat membaca bahwa varian Anessa Sunscreen yang ini harus dikocok terlebih dahulu sebelum memakainya. Saya pun lakukan sesuai instruksi dan saat mencoba keluarkan produknya, saya lumayan kaget kalau ternyata teksturnya betulan secair itu, hampir seperti air namun berwarna putih pekat.

Karena teksturnya yang watery seperti itu, membuat sunscreen tersebut sangat mudah diratakan ke kulit wajah, terasa ringan seperti tidak pakai apa-apa. Saat diratakan ke kulit wajah pun terasa sangat lembut dan halus, produknya pun sangat mudah menyerap ke kulit, ada rasa powdery gitu saat diusap jadi seperti pakai bedak tipis-tipis. Namun saat pertama kali pakai produk ini, lumayan pilling ya karena ada sedikit butiran putih yang keluar saat produknya diratakan. Apakah efek dari penggunaan produk skincare sebelumnya? Atau karena ngocoknya di awal yang kurang maksimal? Tapi gapapa, hasil pilling beneran cuma sedikit kok, jadi tidak terlalu mengganggu buat saya.

Setelah percobaan kedua dan seterusnya, ternyata memang harus nunggu step skincare sebelumnya sampai benar-benar meresap ke kulit, tunggu sampai kering, lalu aplikasikan sunscreen setelahnya. Anessa Sunscreen ini memiliki efek akhir matte dan tidak ada rasa greasy sama sekali. Buat kalian yang memiliki jenis kulit berminyak, saya sangat merekomendasikan yang varian ini karena kemampuan oil control-nya sangat bagus. Apalagi menurut klaimnya, Anessa termasuk sunscreen yang bersifat friction resistant alias tahan terhadap gesekan. Dengan performanya tersebut Anessa sangat cocok dipakai untuk perlindungan saat beraktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan, tanpa takut perlindungannya rusak.
Before After Pemakaian Sunscreen Anessa
Karena tipe kulit saya normal to dry, saya coba cerita sedikit pengalaman dari sisi pemakaian untuk kulit kering ya. Banyak yang bilang kalau Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk ini lebih cocok untuk tipe kulit berminyak, dan memang betul. Namun untuk tipe kulit kering pun masih aman banget buat saya, sepertinya karena kandungan skincare yang ada di dalamnya bekerja dengan baik. Meskipun finishing-nya matte, tapi tidak bikin kulit semakin kering ataupun ketarik. Justru malah bikin kulit terasa lembap dan kenyal. Mengingat performanya yang tetap maksimal baik untuk kulit berminyak maupun kering, jadi varian sunscreen Anessa ini juga bisa dijadikan rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi lho. Selama pemakaiannya di wajah, saya jadi merasa glowing maksimal dan PD aja main panas-panasan di bawah sinar matahari tanpa takut kulit wajah terbakar. Berikut adalah salah satu wear test sehari pemakaian Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk, aman banget nih kelihatan mulus halus di muka.
Wisata Sumber Gempong Trawas
Wisata Sumber Gempong - Trawas
Jujur saat pemakaian sunscreen ini terkena air, misalkan wudhu, tidak ada rasa perih di mata dan tidak membuatnya luntur juga. Malah rasanya sunscreen di wajah tetap stay bertahan. Saya pun cukup amaze dengan ketahanannya yang wow seperti itu, tetap awet meski sudah beberapa jam sejak pemakaian pertama.

Ohiya untuk saat ini belum ada pernyataaan resmi dari Anessa yang menyebutkan sunscreen tersebut wudhu friendly, mengingat klaimnya bahwa sunscreen Anessa bisa tahan hingga 80 menit di dalam air. Jadi untuk mengatasi keraguan tersebut, saya menyarankan untuk menghapus sunscreen terlebih dahulu dengan micellar water atau facial wash, kemudian bisa re-apply lagi jika sudah selesai menunaikan ibadah.

Buat kalian yang mau cobain Anessa Sunscreen, baik varian Skincare Milk atau lainnya, bisa langsung saja beli di Official Shop Shopee, Tokopedia, atau Watsons untuk mendapatkan produk yang dijamin original.

Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk - 60ml
Price : IDR 459.420

2 komentar

  1. Aku tuh nyeseeeeel BANGETTTT pas beberapa kali ke jepang ga beli anessa ini 😅. Padahal temen2 yg minta jastip, itu Rata2 pada mesen anessa mba. Krn memang jauuuh LBH murah harga di Jepangnya. Nah trus jadi booming produk ini Krn akhirnya masuk Indonesia.

    Tapi memang yaa sunscreen jepang itu enaak2 bgt di pake. Nyaman. Aku sempet cobain SK-II sunscreen itu juga beneran senyaman itu di kulit. Makanya JD tertarik mau cobain anessa, apalagi dr segi harga, LBH murah anessa juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau beli dari Jepangnya langsung pasti jatuhnya lebih murah jauuuh ya mba 😍

      Betul banget tuh sunscreen Anessa ini bikin nyaman dipakainya, ringan kayak gak pakai apa-apa. Kalau dibandingankan dengan SKII harganya jelas lebih murah Anessa kan ya mbak. 😅

      Hapus