Cara Memanfaatkan Skincare yang Tidak Cocok di Wajah, Anti Mubadzir!

Cara Memanfaatkan Skincare yang Tidak Cocok
Selama menggunakan produk perawatan wajah adakalanya kita menemukan yang tidak cocok dengan kulit wajah. Biasanya disebabkan oleh reaksi alergi atau kulit wajah yang sensitif terhadap kandungan di dalam produk tersebut. Bisa juga karena kita yang sering bergonta-ganti produk skincare tanpa memperhatikan formulanya ketika membeli. Itulah mengapa jangan sampai kita membeli produk hanya karena keinginan semata bukan dari kebutuhan, apalagi kalau cuma ikut-ikutan produk viral namun hasilnya di wajah malah nihil.

Pada akhirnya skincare yang kita beli tersebut akan menganggur dan tergeletak begitu saja tanpa ada yang menyentuhnya. Jika sudah begitu, pasti bingung kan mau diapakan produk skincare yang tidak cocok tersebut? Eh jangan langsung membuangnya ya teman, kan mubadzir dan rugi banget kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal bisa dipakai untuk bagian tubuh lainnya dan menggunakannya lagi tanpa rasa takut.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan produk skincare yang tidak cocok di wajah? Produk apa saja yang bisa dipakai lagi untuk tubuh? Yuk, simak rekomendasinya disini :

1. Facial Wash - Jadikan Sabun Pencuci Tangan

Facial wash untuk hand wash
Foto oleh Ann Poan via Pexels
Biasanya tidak cocok dengan produk facial wash ditandai dengan kulit wajah semakin kering, ketarik, timbul kemerahan atau bruntusan. Nah untuk menyikapi hal tersebut, facial wash yang tidak terpakai bisa digunakan untuk sabun cuci tangan, lho. Formula sabun wajah yang lembut akan sangat cocok untuk merawat kulit tangan.

2. Facial Scrub - Jadikan Body Scrub

Facial scrub untuk body scrub
Foto oleh Alesia Kozik via Pexels
Beberapa kulit wajah juga ada yang tidak cocok dengan pemakaian face scrub, bisa karena butiran scrub-nya yang merusak skin barrier atau memang tidak cocok dengan formulanya. Kalau tidak bisa dipakai di wajah, gunakan face scrub sebagai body scrub supaya badan lebih bersih dan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan sebagai lulur mandi pengganti sabun, lumayan hemat dan bisa jadi opsi ketika body scrub habis namun belum sempat membelinya.

3. Toner - Jadikan Toner Siku, Ketiak dan Lutut

Toner untuk badan
Foto oleh Alena Darmel via Pexels
Toner juga bagus untuk merawat bagian tubuh lainnya. Segala macam fungsi toner mulai dari yang melembapkan sampai untuk mengeksfoliasi bisa dipakai untuk toner badan juga, yaitu diaplikasikan ke siku, ketiak dan juga lutut supaya kulit area tersebut semakin halus dan lembut.

4. Serum atau Essence - Campurkan ke Body Lotion

Serum campuran body lotion
Foto oleh Karolina via Pexels
Serum dan Essence memiliki kandungan aktif yang bekerja cukup kuat untuk kulit wajah kita. Beberapa dari kita ada yang tidak cocok dengan pemakaian serum atau essence yang ditandai dengan wajah semakin kering dan kusam, timbul rasa gatal, dan memicu munculnya jerawat. Untuk memanfaatkannya sampai habis, bisa digunakan sebagai booster serum yang dicampurkan dengan body lotion. Caranya yaitu tuangkan body serum dengan body lotion menjadi 1 wadah, lalu diaduk-aduk kemudian ratakan ke seluruh tubuh. Manfaat serum akan juga dirasakan untuk badan, maka pilihlah yang mengandung bahan aktif untuk melembapkan dan mencerahkan.

5. Pelembap - Jadikan Pelembap Tangan

Moisturizer untuk Hand cream
Foto oleh Shiny Diamond via Pexels
Tak perlu khawatir jika kita tidak cocok dengan produk pelembap atau moisturizer,  selain untuk wajah kita juga bisa menjadikannya sebagai hand cream atau pelembap tangan. Jika terlalu sering mencuci tangan dengan sabun bisa menyebabkan kulit tangan semakin kering dan kasar. Oleh karena itu produk pelembap wajah akan sangat bagus jika diaplikasikan ke tangan juga, kandungan moisture lock-nya dapat memberikan kelembapan dan membuat tangan jadi lebih halus. 

6. Lip Balm - Jadikan Pelembap Tumit

Lip balm untuk pelembap tumit
Foto oleh Towfiqu via Pexels
Kandungan beeswax, shea butter, petroleum jelly maupun vitamin C dan E di dalam produk lip balm sangat bermanfaat untuk memperbaiki tekstur dan memberikan lapisan pelindung untuk bibir. Namun kadang ada pula yang tidak cocok dengan produk lip balm tersebut, biasanya ditandai dengan bibir semakin pecah-pecah atau malah muncul lapisan tebal di bibir yang bisa dikeletek. Nah daripada mubadzir, lip balm tersebut juga bisa dipakai untuk pelembap tumit ya teman, apalagi jika tumitnya dalam kondisi pecah-pecah, maka kandungan lip balm juga bisa melembapkan dan memperbaiki tekstur tumit yang rusak.

7. Sunscreen - Jadikan Sunscreen Tangan dan Kaki

Sunscreen untuk tangan dan kaki
Foto oleh Karolina via Pexels
Produk sunscreen yang tidak cocok di kulit wajah, bisa digunakan untuk perlindungan kulit tangan dan kaki. Memakai sunscreen untuk badan juga wajib ya, dear! Jika kalian beraktivitas keluar ruangan jangan lupa mengaplikasikan sunscreen pada kaki dan tangan supaya tidak belang dan menghindari resiko kerusakan kulit.

Nah itu dia rekomendasi pemakaian produk skincare yang tidak cocok untuk kulit wajah kita. Sudah gak perlu bingung lagi skincare-mu bakalan sia-sia tak terpakai di meja, karena pasti akan habis tak tersisa untuk pemakaian tubuh kita.

Selain menggunakannya kembali untuk bagian tubuh, masih ada opsi lain untuk menghabiskan skincare yang tidak cocok tersebut supaya tidak mubadzir, yaitu dengan memberikan produk ke orang lain atau menjualnya dengan cara preloved item. Jika kalian berniat untuk sedekah lebih baik diturunkan ke teman-teman yang cocok dengan produk tersebut. Sedangkan buat kalian yang jiwa entrepreneur banget, pasti akan berpikiran untuk preloved item saja supaya balik modal untuk membeli skincare lainnya. Hehe

Tidak ada komentar

Posting Komentar