Jangan Lewatkan 3 Area Ini saat Memakai Sunscreen!

Jangan sampai kelewatan area sunscreen
Sunscreen merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit wajah yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Namun seringkali ada beberapa area wajah yang terlewatkan saat mengaplikasikan sunscreen, sehingga kemampuan proteksi menjadi kurang maksimal yang mengakibatkan risiko kulit menjadi terbakar dan mudah rusak. Biasanya karena pemakaian terburu-buru atau karena jumlah sunscreen yang dipakai terlalu sedikit.

Berikut adalah 3 area wajah yang sering terabaikan saat menggunakan sunscreen :

1. Kelopak Mata - Eyelid

Sunscreen untuk kelopak mata
Foto oleh Alena Darmel via Pexels
Bagian ini seringkali terlewatkan karena kekhawatiran akan terjadi iritasi, mengingat kulit kelopak mata yang lebih tipis dibandingkan area kulit wajah lainnya. Namun, melindungi kelopak mata dan eyelid sangat penting untuk mencegah penuaan dini dan risiko kanker kulit di area sensitif ini. Gunakan sunscreen secara tipis-tipis saja dan merata ke seluruh area mata dan bawah mata.

2. Bibir

Sunscreen untuk bibir pakai lip balm SPF
Foto oleh Alena Darmel via Pexels
Bibir juga memiliki risiko tinggi karena terpapar sinar UV, dan seringkali kita lupa untuk melindunginya. Biasanya saya aplikasikan sunscreen secara tipis ke area bibir, kemudian dilanjutkan dengan lip balm atau produk perawatan bibir yang mengandung SPF untuk melindungi kesehatan kulit bibir. 

3. Leher

Sunscreen untuk leher
Foto oleh Karolina Grabowska via Pexels
Biasanya area leher juga sering terabaikan, padahal ini adalah area yang sering terpapar sinar matahari. Jika kalian non hijabers maka wajib hukumnya untuk mengaplikasikan sunscreen di area leher. Jangan sampai melupakan detail seperti lipatan-lipatan leher, kulit di sekitar belakang telinga, dan di bawah dagu. Namun bukan berarti yang memakai hijab juga bebas tidak pakai ya, kalau saya sendiri meskipun area leher tertutup oleh kain jilbab, saya memilih untuk tetap menggunakan sunscreen di area leher karena mengingat sinar UVA memiliki gelombang sinar yang paling panjang dan bisa menembus kulit bagian dalam sehingga menyebabkan kerusakan DNA serta penuaan dini.

Dengan memahami dan memberikan perhatian ekstra pada area-area tersebut, kita dapat meningkatkan efektivitas perlindungan sinar UV dengan menggunakan sunscreen. Selain itu usaha untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan juga tidak akan sia-sia. Nah, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen secara merata di seluruh wajah dan area tubuh yang terpapar sinar matahari ya temans! Semoga bermanfaat 💚

2 komentar

  1. Beneeeer. Aku sendiri selalu oles ke seluruh wajah, termasuk leher dan belakang telinga mba. Kalo bibir aku pake Sebamed lip balm yg udah ada proteksi spf 30++ . JD ga dr sunscreen wajah. Soalnya pernah coba dan malah pecah2 bibir. JD lebih milih pake lipbalm yg ada proteksi aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Sebamed lip balm sudah ada SPF 30 ya mbak, bisa nih jadi rekomendasi lip balm buat next purchase 😅
      Saya selama ini cuma pakai Tendercare Oriflame, dah cocok dari jaman gadis soalnya. Tapi kayaknya belum ber SPF ya. Boleh lah berpindah ke lain hati. Hehe

      Hapus