Day 4 : Menjadi Bagian Blogger Perempuan Network

Memasuki hari keempat BPN Challenge, meskipun ngepost ini sangat bisa dibilang telat banget, paling tidak saya sudah usaha pengen ikutan ya. Hehe Meskipun empet-empet dah sama waktunya yang entah gimana 24 jam sehari rasanya masih kurang banget. Sesuai tema hari ini, saya mau bahas tentang keikutsertaan saya dalam komunitas, sekumpulan blogger cewek di seluruh Indonesia yaitu Blogger Perempuan Network atau BP Network.

Nyesel Baru Gabung
Saya mulai posting tulisan di blog ini kira-kira tahun 2012 sedangkan gabung komunitas Blogger Perempuan Network baru di bulan Agustus 2018 ini, yes, kurang lebih selama 6 tahun lamanya saya buta ngeblog, I just randomly post in my blog and yeah I don't care whether it's useful or not, was there someone read it or not? Not really affect me, I just wanna write something, dan saya tidak pernah tahu bahwa blogging akan se-enjoy itu ketika kita memiliki teman-teman serumpun dengan masuk di suatu komunitas.

Nyesel banget, kenapa saya baru gabung tahun ini? Tahun-tahun sebelumnya kemana? Saya benar-benar telah melewatkan kesempatan untuk berkembang selama ini. But late still better than not trying at all. Waktu itu, saya sedang semangat-semangatnya mau sharing tentang sakit hati seorang jobseeker ahli tes, yang mana sudah tes sampai tahap akhir, selalu gagal meski tinggal selangkah lagi, saya pun mulai nulis (lagi), dan kepikiran/penasaran gimana sih biar jadi top searched dan muncul di first page Google. Saya mulai baca-baca blog tentang Google Ads dan Aps Google lainnya (and I don't understand how to use it until now), blogwalking ke blogger-blogger senior, dan dari situlah saya mulai notice banner komunitas blogger. Bermacam-macam komunitas yang ada, mulai dari kafe blogger, beauty blogger, komunitas per daerah, dan berbagai jenis komunitas lainnya.

Saya pun jatuh cinta pertama kali dengan Blogger Perempuan Network karena cocok dengan selera saya. I feel like it's a premium platform blogger. Konsepnya cantik dan indah, sesuai namanya ini komunitas khusus untuk perempuan dan dengan gabung disini kita juga bisa meningkatkan traffic blog lho. Karena saya sering melihat logo BP Network terpampang di dalam blog para blogger, akhirnya saya memutuskan untuk kepo-kepo komunitas blogger di Indonesia, dan tidak pikir lama saya pun request to join di Facebook Group and Page BP Network. 

Makin Sering Blogwalking
Karena dari platform ini kita bisa membagikan link blog post setiap hari dan setiap saat, begitu pun dengan blogger lain yang juga membagikan artikel atau tulisan-tulisan mereka. Dari situ setiap kali melihat judul-judul menarik dan unik, saya selalu tergoda untuk klik dan membaca beberapa diantaranya. Terutama soal beauty, lifestyle, crafting dan parenting. Dengan begitu kita semakin banyak memperoleh inspirasi dari mereka, membiasakan diri membaca berbagai jenis blog dengan gaya bahasa yang beragam, sehingga dapat menciptakan ide-ide baru dalam tulisan kita. Selain itu, manfaat dari blogwalking yaitu kita bisa meninggalkan jejak seperti komentar atau like di website mereka, dan otomatis akan menambah teman/relasi dan (bisa jadi) menambah pengunjung juga, kali saja ada yang baca komen kita terus visit blog kan lumayan.

Sharing Bermanfaat
Berbagai macam pengalaman random mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa bisa kita dapatkan disini. Bukan cuma tentang blog saja, kita bisa mendapatkan ilmu tentang parenting, education, make up, hobby, kuliner dan travelling. Masih banyak niche blog yang tergabung dalam komunitas ini, dan bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Websitenya menyediakan tempat submit blog post untuk update blog terbaru kalian yang akan ditampilkan di halaman depan website, sehingga kalian bisa mendapatkan pengunjung dari sesama anggota blogger.

Follower Socmed Nambah
Bergabung dengan komunitas seperti ini tentunya akan menambah kenalan dan memperluas jaringan sosial kita. Yang jelas kita rasakan adalah meningkatnya jumlah pertemanan di media sosial juga, seperti Instagram atau Twitter. Semenjak bergabung dengan Blogger Perempuan, followers saya jadi nambah meskipun tidak signifikan, paling cuma 10-20an orang. Kebanyakan mereka adalah blogger dan para pembaca yang ingin menanyakan lebih jauh tentang tulisan saya (job test experience). Baru tambah segitu saja sudah senengnya minta ampun, gimana kalau kayak selebgram yang sampai ber K gitu ya. Hehe

Sekian untuk hari ini, see you in #BPN30dayChallenge2018 Day 5, besok saya akan bahas tentang sosial media. 😊

Tidak ada komentar

Posting Komentar