Day 2 : Tema Blog Yang Disukai

Edited on Canva
Memasuki hari kedua #BPN30dayChallenge2018 masih pada semangat kan ya? Gas pol sampai tuntas. Jangan sampai kendor guys.

Sesuai tema hari kedua, kali ini saya mau berbagi tentang 'Tema Blog Yang Disukai'. Dari pengalaman kepo-kepo tak tertahankan, saya ambil kesimpulan bahwa dalam memilih tema blog biasanya para penulis dan pembaca (termasuk saya juga) berdasarkan pada :
  1. Want
    Ingin? Iya, ingin memiliki, membeli atau mencoba segala hal. Dari rasa ingin ini biasanya akan muncul penasaran dan rasa ingin tahu, sehingga seseorang terdorong untuk mencari tahu dan menggali informasi. Salah satunya ya dengan browsing tentang testimoni atau review produk. Begitupun keinginan manusia untuk mempengaruhi orang lain, memberikan informasi dan bertukar pengalaman juga bisa menjadi faktor yang berpengaruh.
  2. Need
    Terkadang kita melakukan blogwalking karena salah satu alasannya adalah kita membutuhkan informasi. Bisa karena belajar, pengetahuan, dan pengalaman.
  3. Interest
    Ini jelas yang menjadi motivasi saya untuk kepo, yaitu blog dengan genre yang satu aliran sama saya. Salah satu alasannya karena saya masih terlalu newbie untuk disebut sebagai blogger, masih perlu mengolah tulisan dan gaya bahasa. Jadi dengan mengintip blog yang memiliki tema sama, sedikitnya saya pasti mendapat inspirasi dan bisa mengembangkan diri.
Nah untuk menjawab tema hari ini, dilihat dari ketiga dasar di atas, saya punya beberapa tema blogpost yang paling sering saya tulis sekaligus dikunjungi untuk blogwalking, yaitu :
  1. Review
    Produk-produk apapun yang saya inginkan dan butuhkan, tidak jarang saya coba cari review tulisan tentangnya. Hampir setiap saya ingin membeli produk, saya sempatkan mencari deskripsi kelebihan dan kekurangannya, baik itu makeup, tas & sepatu, atau barang elektronik seperti kamera, handphone dan laptop. Karena dari sini saya bisa memilah dan memilih barang yang pantas dan perlu untuk dibeli, atau barang yang hanya sekedar ingin tapi tidak dibutuhkan.
  2. DIY
    Kepanjangan dari Do It Yourself, biasanya menyajikan proses step by step atau tutorial untuk membuat sesuatu. Kalau saya lebih sering berkunjung ke blog tentang proses sewing dan embroidery, karena kesukaan saya membuat kerajinan tangan. Dari ide-ide DIY ini, saya bisa belajar melalui free sample (.pdf or .jpg) yang diberikan cuma-cuma oleh penulis.
  3. Daily Life
    Tema blog tentang kehidupan sehari-hari seseorang, seperti diary book di era digital sekarang, sering menjadi bahasan oleh anak remaja hingga mama muda. Saya suka dengan tema nyata seperti itu, karena dari ceritanya pun saya bisa belajar tentang keadaan, memahami situasi dan kondisi, dan menikmati hidup, terutama ketika di dalamnya terselip pengalaman seru nan lucu yang terjadi.
  4. Experience
    Seperti beberapa tulisan saya yang membahas tentang pengalaman, saya pun juga sering mencari dan menilik tentang pengalaman orang lain. Entah itu pengalaman tes, pengalaman daftar beasiswa, kuliah di kampus lain, kuliah di luar negeri, dll. Awalnya saya tidak pernah kepikiran untuk menulis tentang itu semua, namun karena pengalaman itu belum tentu bisa dirasakan orang lain, selain bersyukur ya saya pun mulai berpikiran kalau tidak ada salahnya untuk dibagi. Meskipun selalu gagal sih, tapi tidak masalah kan, karena kegagalan adalah pengalaman terbaik dan bukti bahwa kita pernah berjuang.

Dari tema-tema di atas, tidak menutup kemungkinan saya juga mengunjungi/menulis tema lain. Bisa tentang traveling, kulineran, movie, lagu, dll. Maklum lah, yang ditulis saja gado-gado, minatnya juga gado-gado. Hehe

Tidak ada komentar

Posting Komentar