Day 3 : Kenapa Pilih Nama Blog 'Anggie Ghiaz'


Ketika membuat blog ini, satu hal yang tanpa perlu saya pikirkan panjang-panjang adalah tentang nama blog saya. Mungkin untuk sebagian orang akan dipikirkan secara matang, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memikirkan konsep dari blog mereka. Namun beda dengan saya yang awalnya memang iseng saja (Mengapa Saya Menulis Blog? Click here!), lanjut serius ngeblog seperti sekarang ini, pemilihan nama ini hanya karena "pakai yang sering dipakai saja lah, biar mudah diingat". Loh (?)

Lalu seiring berjalannya waktu, saya lihat banyak teman blogger yang nama-namanya lebih unik dan antik, saya pun pernah kepikiran ingin mengubah nama blog, tapi keinginan itu saya urungkan karena beberapa alasan mendasar yang membuat saya setia dengan Anggie Ghiaz. Alasan itu adalah :

Deep Meaning
Anggie Ghiaz merupakan gabungan antara nama panggilan saya dari bayi dan nama asli saya. Iya, nama panggilan saya memang berbeda dengan nama lengkap saya di KTP. Dari kecil saya dipanggil "Anggi" karena panggilan "Ghiaz" (dari nama asli saya) terlalu susah untuk dilafalkan, lalu Almarhumah Nenek saya memberikan saran "Anggi" sebagai nama panggilan. Sewaktu SMP dulu, karena saya rasa penulisan A n g g i terlalu biasa saja, kemudian semenjak itu saya selalu menuliskan "Anggi" sebagai "Anggie" hingga sekarang. Ketahuan pernah alay pada masanya.

ANGGIE
it comes from Angel :
An.gel
/'ānjəl/
  • a loving and caring person. She/he will make your day brighter just being there.


GHIAZ
it means helpful :
Help.ful
/'helpfəl/
  • useful, willing or ready to give help.

Namun semakin tua semakin luas pergaulan, nama "Anggie" ini semakin jarang digunakan. Teman-teman saya lebih sering menggunakan Ghiaz, Miss, atau Gigi sebagai sapaan mereka pada saya. Ini menjadi salah satu alasan kenapa saya pakai Anggie dan Ghiaz dalam nama blog, supaya orang lain mengenal saya sebagai keduanya, yaitu Anggie Ghiaz. Karena saya sudah memakai brand (nama) ini selama lebih dari 10 tahun, kadang teman dekat saya pun lupa dengan nama lengkap saya yang asli (derita tak henti sih ini namanya 😢) Ridhotul Ghiaz Hadhary tetaplah menjadi nama terbaik pemberian orang tua untuk saya.

Modest
Saya lebih cenderung menghindari nama-nama yang susah, terutama nama dengan ejaan alay seperti An9G1e sM4rT atau Ghiaz Celaluecetiaforever. oh god forgive me. Karena menurut saya yang sederhana dan unik akan lebih mudah diingat, sedangkan nama-nama yang terlalu susah dan hanya mengikuti trend, akan cepat tenggelam oleh zaman dan waktu. Boleh jadi gaul sekarang, tapi belum tentu nanti 2-3 tahun kemudian. Benar bukan?

Oleh sebab itu, saya lebih memilih nama panggilan (yang sudah dikenal tetangga, teman dan sahabat) sebagai nama blog saya, agar mereka yang mengenal saya (baru atau lama) akan lebih mudah mencari dan mengingatnya.

Personal Branding
Yaitu suatu strategi untuk memasarkan/mengenalkan diri sendiri pada sosial, membangun image dan first impression yang bagus. Percaya bahwa kesuksesan datang melalui diri sendiri, persiapan yang matang, konsep yang oke dan bagaimana membungkusnya dengan 'apik' sebagai modal pribadi menuju target yang telah ditata.

Sebenarnya alasan utama saya memilih nama ini karena saya ingin konsisten. Kenapa? Karena hampir seluruh media sosial dan personal account, saya beri nama 'Anggie Ghiaz' semua. Percaya?
Facebook : Anggie Ghiaz
Instagram : @anggieghiaz
Twitter : @anggieghiaz
Line : @anggieghiaz

Semakin konsisten nama yang dipakai, maka akun kita akan semakin mudah dicari. Maksud saya, orang lain tidak perlu berpikir dua kali untuk mengingat-ingat akun yang kita punya, misal mau kepo Instagram "oh, @anggieghiaz", mau kepo Twitter "oh, @anggieghiaz", di Facebook "oh iya @anggieghiaz". Jadi lebih mudah diingat kan? Duh, gede rasa banget saya, kayak ada yang mau kepo saja. Hehe

Sekian celoteh dari saya, sampai ketemu besok di #BPN30dayChallenge2018 Day 4 dengan tema "Kenapa Bergabung di Blogger Perempuan Network".

Tidak ada komentar

Posting Komentar