Review Dojako Clear and Skin Toner untuk Mengecilkan Pori-pori

Cover Review Dojako Toner
Hai, beauties! Berawal dari racun seorang Tiktoker yang mereview suatu produk makeup, saya lupa produk apa tepatnya saat itu, tapi saya malah salah fokus dengan tahapan skinprep-nya sebelum makeup.

Apa itu skinprep?

Skinprep atau kepanjangan dari skin preparation adalah tahapan perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk mempersiapkan kulit wajah kita sebelum penggunaan produk-produk makeup. Ada beberapa tahapan skin prep sebagai kunci makeup tahan lama, yaitu :

1. Toner atau Serum
Sebelum penggunaan toner atau serum, pastikan kondisi kulit dalam keadaan bersih setelah double cleansing atau eksfoliasi. Lalu gunakan produk yang bertekstur cair dan ringan, seperti toner atau serum. Jika ingin menggunakan keduanya, pakailah dari viskositas yang paling rendah terlebih dahulu. Dalam hal ini berarti memakai toner dulu, baru serum. Tujuannya untuk menghidrasi kulit supaya lebih lembap sebelum makeup. Kalian bisa menggunakan toner atau serum dengan kandungan Hyaluronic acid, ceramide atau bahan organik lainnya.

2. Pelembap/moisturizer
Untuk menghidrasi kulit lebih maksimal lagi, gunakan pelembap atau moisturizer sebelum bermakeup. Kalian bisa pakai moisturizer kesayangan kalian yang biasanya. Sesuaikan tekstur pelembap dengan kebutuhan kulit, untuk kulit kering bisa pakai tekstur krim, sedangkan untuk kulit berminyak bisa memakai tekstur gel.

3. Sunscreen
Protecting is a must! Tahapan paling akhir yang tidak boleh dilewatkan saat skinprep adalah memakai sunscreen. Karena berguna untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Gunakan sunscreen sesuai dengan tipe kulit kalian yaa. Pakai sunscreen yang tanpa whitecast supaya tidak dempul di wajah.

Ohiya kembali ke pembahasan review TikTokers tadi, jadi yang bikin saya gagal fokus sampai kepikiran berhari-hari adalah toner yang dipakai di tahapan pertama skinprep-nya. Kenapa kok tonernya segede itu ya? Yakin itu toner beneran? Isinya berapa ya kok bisa segede gaban begitu? Itu toner apa? harganya berapa? Nah mulailah, jiwa-jiwa kepo dan intel saya keluar saat itu juga. Masih dengan rasa penasaran yang amat dalam, saya pun cari-cari dengan keyword "toner jumbo" saking hopeless gak tau merk dan namanya.

Akhirnya saya menemukannya di salah satu VT TikTok juga yang mengenalkan secara khusus toner tersebut, yaitu produk dari Dojako Clear and Skin Toner.

Dojako Skincare merupakan produk perawatan kulit import yang berasal dari Negeri Gingseng, Korea Selatan. Dojako menjadi produk viral kekinian karena dianggap efektif dan efisien dalam mencerahkan serta membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Salah satu produk Dojako Skincare yang paling Best Seller di tahun 2023 adalah toner pink ini yang digadang-gadang mampu mengecilkan pori-pori wajah dan mencerahkan wajah yang kusam. Kebetulan saya pun sudah mencoba toner tersebut selama 1 bulan dan sekarang waktunya ngasih review lengkapnya buat kalian semua.

Packaging

Toner Dojako ini dikemas dalam botol plastik tebal berwarna soft pink yang berisi 400ml cairan toner dengan model tutup ulir berwarna putih dan ada lapisan transparannya. Karena terbuat dari bahan plastik membuat botol tonernya ini tidak begitu berat meskipun berukuran sangat besar.
Packaging Dojako Toner
Ohiya, ukurannya yang segede gaban ini udah jelas tidak travel friendly ya, karena botolnya saja sudah makan banyak tempat, tapi tenang saja cairan tonernya masih bisa dibagikan ke botol toner yang travel size kok.

Untuk bawaan pabriknya, botol toner ini dibungkus dengan dus kokoh berwarna pink juga. Desainnya polos dan sederhana, hanya tertulis beberapa detail informasi produk pada setiap sisinya seperti komposisi, manfaat, perhatian, cara penggunaan, info pabrik pembuatan dan tentunya nomor BPOM RI juga.

Aplikator Dojako Toner
Pada bagian aplikatornya terdapat tutup kedua, biasanya saya menyebutnya double seal, jadi sebagai pengaman supaya tonernya tidak mudah tumpah. Yang saya suka dari toner jumbo ini adalah model double seal-nya berupa fliptop menyatu dengan botolnya, sehingga tutup keduanya ini gak gampang hilang. Tau sendiri kan, kalau double seal toner yang lepas pasang itu biasanya sekali pakai bisa hilang entah kemana. Nah kalau ini aman banget guys.

Ingredients

Water, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Isopropyl Palmitate, Methylparaben, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Arginine, Honey Extract, Mannitol, Tocopheryl Acetate, Parfume, Sodium Hyaluronate, Cyclodextrin, Yeast Extract, Sodium Citrate, Disodium EDTA, Glyceryl Caprylate, Caprylhydroxamic Acid, CI 14700
Ingredients List Dojako Toner
Untuk komposisi yang dipakai Dojako Toner ini menurut saya tidak neko-neko ya teman, sangat sederhana, karena dia hanya berfokus pada kemampuan untuk menghidrasi dan menghaluskan kulit saja.

Fragrance & Texture

Seperti yang terdapat pada deskripsi klaimnya bahwa toner ini memiliki aroma seperti bunga mawar yang sangat lembut. Buat saya aroma seperti sangat menenangkan dan menyegarkan banget, jadi nyaman di hidung saat pengaplikasian tonernya.
Tekstur Dojako Toner
Sedangkan tekstur tonernya sendiri berupa cairan kental dan lumayan watery. Sangat ringan dan cepat banget meresap ke kulit. Kalau untuk saya pribadi cairan tonernya ini meninggalkan sedikit rasa powdery juga saat diratakan ke kulit wajah. Entah ini perasaan saya saja, atau yang lain juga ngrasain gitu? Hehe

First Impression

Cobain toner segede gaban gini karena niatnya biar hemat sekalian dapet mulusnya. Gak tanggung-tanggung isi 400ml cairan tonernya, saya sudah pakai sekitar 1.5 bulan setiap pagi dan malam hari, no skip and literally everyday. Tapi ini baru habis mungkin sekitar 1/4 nya aja lho, jadi kalau dihitung-hitung bisa tahan sampai 6 bulan gak sih. Emang boleh sehemat ini?

Soal pengalaman pemakaian, mari bersyukur terlebih dulu karena toner ini gak bikin breakout sama sekali. Malah berhasil menghidrasi dengan sempurna dan bonus kulit jadi semakin halus. Kemampuan menghidrasinya memang tidak tahan lama ya teman, gak bisa bertahan sampai berjam-jam gitu, jadi kalau kalian harapannya produk menghidrasi kulit sampai nampol banget, hmm sepertinya produk ini kurang buat kalian. Tapi sebagai pemiliki kulit kering, efek menghidrasinya Donako toner ini udah cukup banget buat saya.

Aplikasi Dojako Toner
Pertama kali pemakaian ada sensasi dingin menyegarkan, saat apply di layer 1 langsung kelihatan banget lembap dan plumpy, kalau saya sukanya mengaplikasikan toner ini dua kali, tunggu sampai benar-benar meresap dan apply lagi di layer 2 dengan cara tap-tap halus ke muka. Rasanya malah semakin segar di kulit, gak ada efek becek atau minyak sama sekali, dan ada efek glowing basah sebelum produknya benar-benar meresap ke kulit wajah.

Menurut saya Dojako toner ini cocok banget buat skinprep karena tidak memberikan efek tebal atau minyakan sebelum ber-makeup, malah kalau udah meresap ke kulit ini rasanya kulit kita jadi keset tapi dingin dan kenyal. Nah kondisi kulit begini enak banget tuh dipakein makeup.

Oiya, sekedar informasi di dalam ingredients Dojako toner ini mengandung Methylparaben ya teman-teman. Buat yang belum tau apa itu Methylparaben? Jadi itu adalah bahan pengawet yang biasa dipakai dalam pembuatan kosmetik, pengawet makanan dan juga shampo. Biasanya penggunaan Methylparaben ini bisa memicu reaksi alergi dan iritasi pada kulit.

Sejauh ini lembaga-lembaga pengawas bahan makanan, obat dan juga kosmetik di berbagai negara, termasuk juga BPOM di Indonesia, menilai bahwa penggunaan paraben dalam pembuatan produk kosmetik masih dianggap aman selama tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

Nah bahan pengawet seperti paraben ini bertugas untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur karena penyimpanan produk terlalu lama. Dalam kasus ini, paraben tentunya dibutuhkan dalam produk Dojako Toner yang isinya sebanyak 400ml dan sudah pasti tidak bisa habis hanya dalam waktu sebulan saja, bahkan bisa bertahan sampai 6 bulan lamanya.

Meskipun Methylparaben dianggap aman,  namun kita juga harus tetap waspada ya. Bagi kalian yang punya kulit sensitif, harus berhati-hati saat pertama kali coba produk Dojako toner ini ya teman, apalagi kalau sudah ada riwayat alergi terhadap produk kosmetik. Waduh, harus benar-benar ngecek ingredient list pokoknya.

Nah, buat kalian yang mau cobain toner hemat nan mantap ini, langsung saja beli di Official Store Dojako di toko oren yaah. Untuk harga ratusan ribu dengan isi 400ml ini udah worth to buy banget lah pokoknya. Biasanya malah banyak promo di campaign angka kembar e-commerce lho, saya beli kemarin pas promo 10.10 dan dapat harga cuma 62K saja. Coba klik link di bawah, kalian dapet harga berapa nih? Cus buruan! 

Dojako Clear and Skin Toner - 400ml
Price : IDR 124.000/PC

Tidak ada komentar

Posting Komentar