Perjalanan Seedbacklink yang Mengubah Tulisan Jadi Cuan! Blogger Pemula Wajib Daftar!

Pertama kali menulis blog saya tidak ada pikiran jika nantinya tulisan tersebut bisa menghasilkan uang. Saya hanya menulis bebas bersamaan dengan ide-ide atau gagasan yang terlintas di dalam pikiran, karena menurut saya "writing is healing" dimana kegiatan menulis ini adalah sarana penyembuhan jiwa. Sebagai orang yang lebih banyak berpikir daripada berbicara, banyak yang menyebutnya sebagai introvert, menulis adalah hal yang sangat menyenangkan karena kita tidak perlu berinteraksi dengan berbicara tetapi menuangkannya dalam rupa tulisan.

Siapa sangka kalau beberapa tahun setelah saya menulis blog, ada beberapa brand yang tertarik melakukan kerjasama, padahal waktu itu saya belum menggunakan Top Level Domain, masih pakai domain gratisan lho. Setelah melihat peluang menjanjikan ini, saya pun tertarik menseriusi dunia blogging untuk menghasilkan cuan. Disclaimer dulu ya teman, urusan menulis blog pribadi disini sudah pasti terlepas dari pekerjaan utama saya, karena urusan kantor harus tetaplah profesional, saya berusaha untuk ngeblog tanpa mengganggu kinerja di perusahaan, karena bisa dibilang ngeblog ini hanya hobi saya yang kebetulan menghasilkan.

Pengalaman Monetisasi Blog Anggie Ghiaz

Nah sebuah upaya menghasilkan uang dengan menggunakan blog disini biasa disebut dengan monetisasi blog. Ada berbagai macam cara untuk melakukan monetisasi blog, berdasarkan pengalaman yang saya lalui selama mengembangkan blog pribadi /anggieghiaz.com/ ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog :
  1. Jaringan Periklanan seperti Google AdSense, MGID, Adsterra, dll Kita bisa menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan pada personal blog, biasanya dihitung berdasarkan CPA (Cost Per Action), jadi semakin banyak orang mengklik tautan iklan yang ditayangkan di halaman blog kita maka semakin banyak pendapatan yang masuk untuk kita. Dulu waktu masih menggunakan domain gratisan, saya sempat mendaftar Google AdSense dan syukur Alhamdulillah lolos dalam sekali percobaan. Sayangnya semenjak saya ubah domain jadi TLD malah muncul error di jaringan Google Adsense, sekarang pun tidak bisa muncul iklan di dalamnya. Sudah beberapa kali saya otak-atik namun iklannya tetap tidak muncul, akhirnya saya menyerah dan harus mengikhlaskan Google Adsense sekaligus pendapatan yang pernah saya kumpulkan sebelumnya. Barangkali ada teman-teman suhu Adsense, boleh dong ajarin saya yang masih amatiran ini. Nah buat kalian yang tertarik mencoba peruntungan di Google Adsense, jangan lupa untuk menyiapkan syarat dan ketentuannya dengan sangat detail ya. Selain Google Adsense masih banyak lagi pilihan platform periklanan lainnya kok.
  2. Pemasaran Digital Terafiliasi atau lebih dikenal dengan Affiliated Marketing, dimana kita bisa mendapatkan uang dengan cara menaruh link produk atau market place pada beberapa konten blog. Sistem perhitungannya sama-sama menggunakan CPA (Cost Per Action), kalau ada yang melakukan pembelian melalui link yang kita share maka kita akan mendapatkan komisi sekian persen dari pembelian tersebut. Ada beberapa platform yang menyediakan jasa affiliasi seperti ini contohnya Accesstrade dan Involve Asia, atau program affiliasi dari e-commerce yang sud
  3. ah beredar di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada.
  4. Menawarkan Jasa atau Jualan Barang, karena di blog ini saya sering bercerita tentang tutorial membuat kerajinan tangan contohnya DIY mahar dan seserahan, yang mana postingan tersebut bisa menjadi bekal portofolio saya, sehingga beberapa orang di sekitar ada yang tertarik untuk dibuatkan juga. Tentunya mereka mau merogoh kocek untuk mengganti modal bahannya serta tambahan untuk jasa kreasinya juga.
  5. Sponsored Post, Content Placement atau Product Review yaitu dengan cara membuat sebuah konten artikel yang membahas produk digital atau fisik (biasanya skincare), cerita tentang pelayanan organisasi atau kegiatan komunitas. Biasanya disertai dengan penempatan backlink yang ingin dituju supaya produk tersebut dikenal oleh masyarakat luas.
Dari keempat cara yang pernah saya lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog seperti di atas, saat ini yang paling sering menjadi tambahan cuan buat saya adalah nomor empat. Karena para pemilik bisnis UMKM ataupun brand besar sangat gencar mempromosikan produknya melalui website pribadi atau blog. Apalagi sekarang sudah ada platform digital yang menjadi fasilitas antara advertiser (brand yang ingin dipromosikan produknya) dengan publisher (pemilik website/personal blog), salah satunya yaitu Seedbacklink.

Apa itu Seedbacklink?

Seedbacklink merupakan marketplace jual beli backlink profesional. Yakni suatu platform yang dibuat untuk mempromosikan semua jenis kebutuhan, promosi tersebut bisa ditampilkan di media dan blogger melalui backlink. Mulai dari publikasi acara dan event, publikasi fitur baru, publikasi produk, publikasi CSR, publikasi mengenai perusahaan, undang publisher datang ke event, dll. Penjualan backlini disini bertujuan untuk meningkatkan awareness untuk segala sesuatu yang dipromosikan, sehingga harapannya dengan coverage media atau blog tersebut, brand atau bisnis UMKM dapat dengan mudah muncul di mesin pencarian Google.

Memfasilitasi pertumbuhan dan kesuksesan Blogger

Selain memudahkan pelaku bisnis dan UMKM, Seedbacklink juga membuka peluang baru dalam dunia blogging dan monetisasi blog. Melalui platform ini para blogger diharapkan dapat berkembang dan berinovasi dengan penjualan backlink yang berkualitas. Selain itu bisa menjadi tempat yang memudahkan para blogger bertemu dan berkolaborasi dengan brand, sesuai dengan niche dan audiens mereka.

Cara Mendaftar Seedbacklink

Buat kalian para blogger pemula seperti saya, bisa dicoba untuk mulai monetisasi blog melalui sebuah platform jual beli backlink seperti Seedbacklink ini, coba ikuti caranya di bawah ini ya :
  1. Daftar menjadi Publisher Seedbacklink melalui tautan berikut ini : https://id.seedbacklink.com/publisher
  2. Klik Register dan daftar melalui Google atau Email, silahkan masukkan data yang diperlukan misalkan Nama, Email, Alamat dan No. HP
  3. Setelah mendaftar dan memiliki akun Publisher Seedbacklink, silahkan masuk ke bagian Blog Saya di halaman Dashboard
  4. Daftarkan website atau blog yang kita punya, lengkapi seluruh form yang tersedia
  5. Tentukan berapa jumlah backlink yang bisa tampil di artikel kalian dan jenis niche blog kalian
  6. Kolom verifikasi untuk pengajuan verifikasi blog, untuk lebih lengkapnya mengenai syarat dan ketentuan verifikasi blog bisa klik saja link "How to?"
  7. Setelah itu buatlah patokan harganya, ada 2 macam ya : harga untuk content placement (artikel dari client) dan harga untuk sponsored post (artikel ditulis oleh blogger), jika semua kolom sudah lengkap terisi, bisa langsung klik Lanjutkan

Pengalaman Withdraw Pertama dengan Seedbacklink

Jujur pertama kali mengenal Seedbacklink ini berawal dari iklan di Instagram, sepertinya karena AI membaca history pencarian saya sebelumnya. Betul, saya baru saja mencari soal monetisasi blog dengan cara jual beli backlink. Lucunya, waktu itu saya mendaftar dan kemudian meninggalkannya begitu saja, alias belum sempat saya baca-baca beberapa tulisan di halaman Seedbacklink, namun data-data yang dibutuhkan sudah saya lengkapi. Mulai daftar blog hingga menentukan harga jual backlink sudah saya lakukan dan tinggal menunggu persetujuan saja. Saya bahkan lupa pernah mendaftar di Seedbacklink sampai suatu hari muncul notifikasi order melalui email seperti di bawah ini.
Eh apa ini? Sudah pasti hal tersebut yang pertama kali muncul dalam pikiran saya setelah melihat notifikasi emailnya. Ternyata memang ada orderan masuk, beberapa saat kemudian muncul notifikasi WA dari Admin Seedbacklink menginfokan hal yang sama, pemberitahuan mengenai order di Website Seedbacklink. Antara senang tapi juga panik karena gagal login di websitenya, untungnya kombinasi password yang saya punya tidak terlalu banyak, jadi bisa langsung ketebak setelah beberapa kali mencoba. Alhamdulillah!

Tidak menunggu waktu lama, artikel yang diminta pun langsung saya kerjakan di hari itu juga. Karena orderan datang pas hari kerja, saya pun mengerjakan tulisan tersebut saat malam hingga dini hari. FYI teman, orderan yang masuk di Seedbacklink sudah dilengkapi dengan brief dari client, jadi tinggal ikuti petunjuk yang ada. Untuk laporan hasil artikelnya kita diminta untuk mengisikan link blog post di kolom yang sudah tersedia, lalu tunggu hasil review dari client. Misalkan ada permintaan revisi, kita akan dihubungi oleh admin Seedbacklink melalui WA, waktu itu saya juga ada beberapa revisi dan adminnya langsung sigap menginfokan serta follow up kembali. Jika artikel sudah disetujui maka saldo akan otomatis bertambah sebagai tanda fee artikelnya sudah masuk.
Pengajuan Withdraw Seedbacklink
Pengajuan Withdraw Pertama Seedbacklink
Email Pengajuan Withdraw Seedbacklink
Email Pengajuan Withdraw Seedbacklink
Sejauh ini memang baru 1 order backlink yang saya terima melalui platform Seedbacklink ini, namun pengalaman pertama saya ini betulan tanpa kendala apapun dan terbukti menerima gajian tanpa ribet. Tinggal ajukan withdraw pada halaman yang tersedia, tentukan nominal yang akan ditarik, dan tunggu notifikasi emailnya jika pengajuan berhasil. Tunggu punya tunggu, saya mulai resah kenapa kok pengajuan withdraw saya belum ditransfer juga ya? Akhirnya saya japri admin Seedbacklink untuk menanyakan kabar burung. Maklum ya kan saya newbie banget nih soal begini. Untungnya admin Seedbacklink selalu setia dan dengan ramah menjawab keresahan setiap membernya, ceilah, dan dari situ saya baru paham kalau gajian akan ditransfer tanggal 25 di setiap bulannya. Nah kebetulan banget tanggal 25 November 2023 itu masuk weekend, jadi lumayan kaget sih ketika ada notifikasi transfer tanggal 24, satu hari sebelumnya, yang mana gajian bulan November dipercepat gaesss.
Notifikasi Email Transfer Berhasil
Notifikasi Email Transfer Berhasil
Mutasi Rekening Withdraw Seedbacklink
Bukti Pembayaran - Langsung Transfer ke Rekening Tabungan Blogger

Kenapa harus Seedbacklink? 

Merangkum dari pengalaman pribadi saat bertransaksi melalui Seedbacklink, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan saya memilih untuk tetap menggunakannya sebagai sarana menghasilkan cuan :
  • Website mudah digunakan
  • Admin atau CS yang ramah dan fast response
  • Terbukti membayar tepat waktu
  • Bisa meningkatkan traffic
  • Sarana belajar menulis berkualitas sesuai SEO
  • Relasi bertambah dengan gabung WA Community

Penutup

Sebenarnya masih banyak platform jual beli backlink di luar sana yang cara kerjanya sama dengan Seedbacklink. Namun semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalian bebas memilih dan bisa menyesuaikan kebutuhan kalian saja, atau kalau mau daftar semuanya ya gapapa, namanya juga membuka peluang untuk bercuan. 

Begitulah cerita awal permulaan saya mengenal Seedbacklink yang bisa memberikan kesempatan menghasilkan cuan untuk para blogger, termasuk saya yang masih amatiran ini. Saya pun berharap semoga dengan bergabung bersama Seedbacklink bisa menjadi salah satu ladang rejeki buat keluarga di masa yang akan datang. Semoga orderan content placement atau sponsored post di Seedbacklink semakin hari semakin nambah, terutama orderan yang nyantol untuk Blog saya sendiri. Hehe

Sekian cerita pengalaman saya mengenal Seedbacklink sampai benar-benar terbukti mendapatkan gajian pertama. Semoga bermanfaat untuk kalian para pembaca setia yang baru belajar dunia blogging, monetisasi blog atau yang masih membangun portofolio seperti saya. Semangat, sukses selalu dan tetap cuan!

6 komentar

  1. Skr ini memang ga ada cerita susah mencari uang, Krn kesempatannya makin terbuka lebar dengan adanya teknologi begini ya mba. 👍.

    Apalagi kalo memang pada dasarnya suka menulis, jadi hobi iya, ladang cuan iya 😄👍

    Penting juga memilih platform tempat kita kerjasama menulis. Kdg aku pernah baca curhatan temen ada yg gaji menulisnya lamaaaa dibayar, atau kdg ga sesuai Ama perjanjian awal. Jangan sampe deh kejebak Ama provider begini 😔. Syukurlah kalo seedbacklink termasuk yang trusted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jangan sampai deh ketemu platform freelance yang molor kayak gitu kak. Semoga aja ini Seedbacklink tetep amanah meskipun udah berkembang pesat nantinya. Was was juga yaa kalau dah kerja mati-matian tapi gajinya molor. Hehehe

      Hapus
  2. Hai kak, ada syarat menunjukkan DA PA atau google analytics gitu ngga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, tidak ada kok, cuma syaratnya harus pakai Top Level Domain (TLD).

      Btw, terima kasih sudah mampir ke blog ini yaah 🥰

      Hapus
  3. kebetulan beberapa hari yang lalu saya juga baru daftar seedbaclink, belum dapat hasil dari sini sih, tapi tetap percaya kalau emang rezeki pasti ada nanti, yang penting sudah mencoba ya mbak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting sudah berusaha dan berani memulai ya kak, gapapa namanya rezeki nanti pasti datang tanpa diminta, saya dulu orderan pertama juga kaget, malah lupa kalau punya akun Seedbacklink, eh akhirnya keterusan sampai cair honornya kak ☺

      Hapus