Kontribusi dan Eksistensi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)
Sebuah ikatan organisasi akan muncul secara alami dari pemikiran dan perasaan satu kesatuan yang kuat antar beberapa orang di dalamnya. Salah satunya yaitu alumni seprofesi, peminatan, dan ahli yang kompeten dalam bidang tertentu. Banyak faktor yang pada akhirnya membuat mereka menjadi kelompok yang sangat kuat dalam hal berorganisasi. Mulai dari kegiatan belajar bersama, berbagi ide dan hobi, mencari pokok masalah, mencari solusi permasalahan yang real terjadi di masyarakat khususnya di Indonesia.

Melalui sebuah kesamaan visi dan misi, lahir sebuah organisasi bernama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau singkatnya dikenal PAFI yang sudah mengibarkan kiprahnya dalam dunia kesehatan terutama farmasi sejak masa kemerdekaan.

Sekilas Mengenal Tentang PAFI

Logo PAFI
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), bisa dibilang merupakan organisasi tertua di Indonesia. Keberadaannya sudah muncul sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat itu sebuah kelompok dengan keahlian dalam bidang farmasi ini ikut membantu dalam perjuangan melawan penjajahan di tanah Indonesia.

Kemudian para ahli farmasi ini tidak berhenti untuk terus berjuang dalam proses pembangunan Negeri, berperan aktif membantu meningkatkan kesejahteraan umum, khususnya dalam bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Sehingga pada tanggal 13 Februari 1946, secara resmi terbentuklah suatu organisasi yang dinamakan "Persatuan Ahli Farmasi Indonesia" sebagai wadah untuk menghimpun seluruh tenaga ahli yang jasa dan bakti karyanya dalam bidang Farmasi, kemudian singkatnya organisasi ini disebut juga dengan PAFI.

Melalui PAFI ini, diharapkan para ahli dalam bidang yang serumpun dapat saling bersinergi memberikan kontribuasi dalam pembangunan negara dan menunjukkan eksistensinya dalam proses meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya perkumpulan para ahli seperti ini diharapkan untuk bisa saling berkolaborasi memajukan pendidikan, pengetahuan, dan pelayanan sesuai dengan bidang profesinya.

Tujuan Organisasi PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) memiliki beberapa tujuan dalam membentuk salah satu organisasi besar ini, khususnya untuk masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah tujuan dalam pembentukan PAFI :

  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesejatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia 
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia 
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota

Kontribusi dan Eksistensi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Organisasi PAFI sebelumnya merupakan perkumpulan komunitas Asisten Apoteker, namun semakin kesini anggota PAFI sudah semakin berevolusi dan menjadi organisasi profesi farmasi yang anggotanya berasal dari Tenaga Teknis Kefarmasian (Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi dan Ahli Madya Analis Farmasis) dan Asisten Tenaga Kefarmasian (Lulusan SMK Keahlian Farmasi dan Asisten Apoteker).

Dalam eksistensinya PAFI dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu kefarmasian terbaru, modernisasi dan peningkatan informasi sesuai dengan regulasi secara nasional dan internasional.

Kontribusi dan eksistensi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) ditunjukkan dalam beberapa program kerja PAFI sebagai berikut :

1| Pendidikan dan Pelatihan
Secara rutin mengadakan seminar, talkshow, workshop, dan juga pelatihan kerja lainnya untuk membekali para ahli farmasi di seluruh Indonesia dengan kompetensi terkini.

2| Penelitian dan Pengembangan
Ikut serta aktif melakukan penelitian dalam bidang farmasi guna melakukan pengembangan ilmu pengetahuan secara inovatif serta implementasinya dalam berbagai sektor masyarakat.

3| Kerja Sama Strategis
Menjalin kerja sama yang kuat antara rumah sakit, apotek, serta institusi pelayanan kesehatan lainnya sehingga membentuk jaringan layanan farmasi secara strategis.

4| Pelayanan Masyarakat
Bukan hanya berkomitmen dalam menjaga kesejahteraan para ahli farmasi saja, namun PAFI juga berperan aktif memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum yang membutuhkan. 

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kutai Barat

Seiring berjalannya waktu dan mengikuti perkembangan teknologi, semakin bertambahnya jadwal dan kegiatan organisasi, serta meningkatnya jumlah anggota PAFI terkhusus yang berada di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten, oleh karena itu terbentuk pula perkumpulan PAFI sesuai dengan daerah asal atau domisili para anggotanya. Salah satunya yang berada di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, kemudian perkumpulan antar daerah ini diberikan nama sesuai dengan asal kabupaten/kota, sehingga disebut dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kutai Barat.

Keberadaan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Kabupaten Kutai Barat, menjadi bukti nyata kontribusi sebuah organisasi ini dalam mendukung pembangunan kesehatan sampai ke wilayah pelosok, bukan hanya di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Buat kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang organisasi para ahli farmasi ini, khususnya untuk daerah Kutai Barat - Provinsi Kalimantan Timur bisa langsung berkunjung ke laman berikut https://pafikabkutaibarat.org/.

Tidak ada komentar

Posting Komentar