Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
Bibir yang kering dan pecah-pecah memang sangat menggangu penampilan, terutama saat memakai riasan bibir, biasanya akan memperjelas tekstur yang kasar, warna tidak merata dan terlihat tidak menyatu dengan bibir. Akibatnya kondisi bibir kering ini bisa bikin kita semakin tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Seperti yang saya alami baru-baru ini bahkan sampai sekarang, kondisi bibir sangat kering sampai pecah-pecah, parahnya lagi tangan terlalu kreatif dan tak kenal waktu yang suka ngelopekin bibir sampai perih, malahan kalau belum sampai keluar darah ya gak bakal berhenti. Definisi sakitnya ya karena diri sendiri yang buat. Hehe

Sebenarnya bibir lembap dan plumpy memang sudah menjadi impian dari dulu, eh pasti gak cuma saya saja kok, yang lain juga pada pengen kan punya bibir lembap alami, halus dan pinky begitu? Hayo jujur, tapi siapa yang masih suka ngelopekin bibir? Haha sama banget, ada temennya.

Nah belajar dari pengalaman, disini saya mau berbagi tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa kalian coba juga. Kita bahas soal per-bibir-an ini ya teman-teman 👇

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Sebenarnya apa sih penyebab bibir kering ini? Sebelum membahas tentang tips-nya, penting juga untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi bibir menjadi kering hingga mengelupas. Supaya bisa menghindari atau mengurangi kondisi yang menyebabkan bibir kering.
Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cuaca dan Lingkungan

Perubahan cuaca menjadi salah satu faktor yang menyebabkan bibir kering. Biasanya karena cuaca yang silih berganti bisa menyebabkan cairan tubuh berkurang, sehingga mengurangi kelembapan di area bibir. Baik musim panas maupun saat penghujan juga bisa membuat bibir mudah kering hingga pecah-pecah.

Selain itu jika beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, bibir yang tidak terlindungi juga akan rusak sedikit demi sedikit. Apalagi kerja di ruangan ber-AC, terasa dingin sampai lupa minum air, tubuh kita akan dehidrasi dan efeknya yaitu kulit serta bibir yang kering pecah-pecah. 

Kebiasaan Buruk

Seringkali kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari malah membuat kondisi bibir kering semakin parah. Contohnya : menjilat bibir, merokok/minum alkohol, dan ngelopek bibir.

Niat hati biar penampilan ok dengan bibir tanpa cracky, eh semakin dikelopek malah semakin perih dan terluka. Justru kebiasaan ngelopekin bibir ini malah bikin bibir kering semakin parah lho. Hayo siapa yang tukang ngelopekin bibir tanpa sadar dan kudu sampai berdarah? Sayaaaa ~

Kurang Nutrisi dan Asupan Cairan

Tubuh yang kurang nutrisi juga bisa mempengaruhi kondisi bibir, ada pula yang menyebutkan kalau bibir pecah-pecah itu karena tubuh kita sedang kekurangan Vitamin C. Padahal yang berpengaruh bukan cuma vitamin C saja lho gengs! Ada nutrisi lainnya yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk bibir kita.

Asupan cairan ke dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kondisi bibir. Jika kurang minum air putih, maka cairan yang hilang dari dalam tidak akan terganti, sehingga membuat beberapa bagian tubuh kita menjadi sangat kering. Salah satunya di bagian bibir yang terlihat kurang sehat dan pecah-pecah.

Penggunaan Produk Kosmetik

Bahan-bahan kosmetik pada produk yang kita pakai sehari-hari juga bisa menyebabkan bibir rusak. Apalagi jika bahan yang dipakai termasuk golongan bahan kimia keras, contohnya retinol, parfume, dan alkohol. Jika digunakan secara berlebihan, sudah dipastikan akan membuat area tubuh yang diaplikasikan menjadi sangat kering.

Oleh karena itu, coba perhatikan beberapa produk kosmetik yang kalian gunakan, dicek kembali bahan-bahan yang ada di dalamnya. Apakah produk facial wash kalian aman? Terutama produk untuk bibir seperti lip balm, liptint, lipmatte dan lipstick.

Indikasi Medis dan Obat-obatan

Selain penyebab dari luar, ada pula faktor dari dalam yang bisa membuat bibir kita kering. Biasanya karena ada indikasi medis (sakit) dan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalkan : obat retinoid, litium, atau kemoterapi, dimana efek samping mengonsumsi obat-obatan tersebut adalah berkurangnya produksi air liur, sehingga pelumas bibir alami tersebut tidak ada dan menyebabkan bibir kering.

Dengan memahami beberapa penyebab bibir kering di atas, maka kita dapat memilih cara pengobatan dan perawatan bibir yang tepat sasaran, sehingga tidak memperparah keadaan bibir yang sudah mengelupas.

Ciri-ciri Bibir Kering Tidak Sehat

Apabila bibir kering dibiarkan begitu saja, maka bisa membuat kondisinya semakin parah dengan disertai gejala-gejala lain sebagai berikut :

  • Muncul garis-garis halus dan sisik (actinic chelitis)
  • Bibir luka dan berdarah
  • Bibir bengkak
  • Bibir kering hingga mengelupas

Tips Agar Bibir Pecah-pecah menjadi Lebih Sehat dan Merona Kembali

Kondisi bibir kering memang sudah menjadi hal biasa yang sering terjadi, apalagi di Indonesia yang beriklim tropis, baik musim panas atau penghujan juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga bibir mudah sekali pecah-pecah. Meskipun sudah biasa dengan kondisi demikian, bibir kering yang tidak segera diatasi akan membuat kita tidak nyaman beraktivitas karena disertai juga dengan rasa perih, bersisik bahkan ketarik. Bibir kering yang semakin parah akan sangat mengganggu penampilan, terutama pada riasan bibir yang kurang maksimal.

Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah supaya cepat sembuh dan kembali cantik. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah agar kembali lembut dan sehat merona.

Pelembap untuk mengatasi bibir kering

Menggunakan Pelembap Bibir

Yang paling utama dalam menjaga kesehatan bibir adalah menggunakan pelembap bibir agar senantiasa sehat dan lembut. Apabila beraktivitas di tengah panas, udara kering, ruangan ber-AC, selalu usahakan untuk rutin mengaplikasikan pelembap bibir ya. Gunakan minimal 3x sehari, atau sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bibir. Pilihlah pelembap bibir yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti shea butter, beeswax atau petroleum jelly.

Hindari Menjilat Bibir

Tak jarang jika merasa kondisi bibir sedang kering, otomatis kita akan menjilat bibir. Dengan harapan bibir akan selalu lembap karena sudah dibasahi oleh air alami dari dalam mulut kita. Padahal faktanya, air liur akan lebih cepat mengering, memperburuk kondisi bibir sampai pecah-pecah. Bukan semakin lembap, jika terlalu sering menjilat bibir dengan air liur malah berisiko bikin bibir kusam dan menghitam.

Jangan Mengelupas Bibir

Satu lagi kebiasaan buruk yang tanpa disadari malah membuat kondisi bibir yang kurang sehat menjadi semakin parah, yaitu mengelupas lapisan bibir yang kering. Mengelupas lapisan tersebut tidak membuat bibir kering menjadi semakin halus, jika diteruskan malah bibir kita akan terasa perih dan bisa terluka sampai berdarah. Aduh, tolong banget yang punya kebiasaan ngelopekin bibir tuh. Mending didiamkan saja sambil pakai produk perawatan bibir, jadi kondisi bibir kering bisa segera sembuh.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin

Selalu konsumsi makanan kaya vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan bibir. Contohnya seperti sayuran, wortel, lemon, kiwi, dan kacang-kacangan yang mengandung vitamib A, C dan E. Makanan ini bisa membantu untuk menutrisi bibir dari dalam. Dibalik bibir yang sehat, ada tubuh yang harus sehat juga. Oleh karena itu, buat kalian yang memiliki kebiasaan buruk menjilat bibir, mungkin sudah saatnya berhenti setelah tau fakta ini. Meskipun sebenarnya menjilat bibir itu adalah kegiatan yang asyik dilakukan ya. Hehe

Menghidrasi Tubuh

Selain menutrisi tubuh, tidak lupa juga untuk menghidrasi tubuh dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan cairan harian tubuh kita. Jangan sampai tubuh kekurangan cadangan air ya, karena pasti akan membuatnya kekeringan di beberapa bagian tubuh, efeknya yang paling dirasakan adalah bibir mengkerut, mengelupas hingga pecah-pecah. 

Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga bisa merusak kondisi bibir. Jadi bukan cuma wajah aja yang harus dilindungi dengan sunscreen, bibir pun juga. Bahkan sudah banyak produk beredar seperti lip balm atau lip care yang mengandung SPF untuk perlindungan bibir dari sinar buruk UV A atau UV B saat beraktivitas sehari-hari. 

Pakai Masker Bibir saat Malam Hari

Memakai masker bibir berfungsi untuk menjaga kelembapan, membuat bibir terlihat halus dan sehat. Gunakan masker bibir saat malam hari, karena saat itulah kulit meregenerasi paling cepat dan menghasilkan lapisan baru. Banyak sekali produk masker bibir yang dijual di pasaran, dengan berbagai macam model dan cara pengaplikasian, ada yang ditempel atau dioles, ada yang harus dihapus selama berapa menit, atau ada juga yang bisa didiamkan semalaman saat tidur.

Selain itu kita juga bisa membuat masker bibir alami dari bahan-bahan yang ada di rumah lho. Misalkan madu atau yogurt. Gunakan masker bibir secara 1-2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Lihatlah perubahannya! 

Rutin Melakukan Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di area bibir. Jika dibiarkan begitu saja, bibir akan terlihat kusam, kering dan ngeblok seperti mud crack. Setiap kali menggunakan pemulas bibir, semakin hari akan semakin menumpuk sel kulit mati di bibir. Jadi harus rutin melakukan eksfoliasi supaya bibir selalu bersih dan lembut.

Selain produk scrub bibir yang ada di pasaran, bisa juga eksfoliasi bibir menggunakan gula, madu atau minyak zaitun dan dicampur dengan air lemon. Aplikasikan pada bibir, diamkan beberapa saat dan gosok dengan perlahan-lahan. Kelebihannya kalau membuat sendiri di rumah, scrub akan terasa manis dan aman jika tidak sengaja tertelan. Iya lah, kan food grade formula.

Rutin eksfoliasi bibir
Lakukan scrub bibir hanya 1-2 kali seminggu, bisa selang-seling dengan masker bibir, atau bersamaan juga boleh. Yang penting jangan terlalu sering menggosok bibir, supaya tidak merusak tekstur yang sudah halus.

Pilih Produk Kosmetik yang Tepat

Jika kalian punya kulit sensitif, terutama di area bibir, lebih baik untuk menghindari produk yang mengandung fragrance dan alkohol. Selain produk pemulas bibir, pilih juga sabun cuci wajah yang aman, karena pengaplikasian sabun akan selalu mengenai bibir. Pastikan jika sabun yang dipakai tidak membuat kulit tambah kering dan seperti ketarik. 

Penutup

Kalau saya pas kondisi bibir kering dan pecah-pecah bakalan sering ngaca berkali-kali untuk ngecek seberapa parah jeleknya. Rasanya gak bisa tampil percaya diri dan kerja dengan all out meski sudah memakai cushion, alis dan mascara. Karena menurut saya bibir adalah tonggak utama dalam sebuah riasan, maksudnya wajah semakin berkilau ya karena bibir sehat yang diberikan polesan warna.

Menurut saya, malah gak perlu dandan lengkap asalkan pakai foundie dan lippie aja sudah cukup kok. Benar apa betul? Karena saya termasuk tim yang kalau keluar rumah harus pakai riasan bibir, jadi penting sekali untuk menjaga bibir agar tetap sehat dan lembut agar tampilanmu semakin glow up.

Ohiya jika kalian sudah mencoba segala macam cara mengatasi bibir kering di atas, namun tidak kunjung ada perubahan, jangan lupa untuk konsultasi langsung dengan dokter ya. Karena bisa jadi bibir keringmu mengarah ke indikasi medis lain dan dokter akan memberikan pengobatan yang paling tepat.

Bibir Halus Sehat Merona
Alih-alih merawat yang rusak akan lebih baik jika kita mencegah dan menjaganya. Termasuk soal bibir kering ini, karena bibir yang sehat dan lembut juga akan menambah penampilan semakin indah di pandang.

Gimana menurut kalian? Adakah tips lain yang bisa dilakukan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah? Yuk sharing di kolom komentar ya!

Referensi :

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-bibir-pecah-pecah
  • Gambar diambil dan diedit via Canva Free

Tidak ada komentar

Posting Komentar