Review The Originote Ceramella Sunscreen SPF50 PA+++

Cover The Originote Sunscreen
Salah satu produk yang punya kandungan Niacinamide tapi masih aman pemakaiannya di wajah saya. Beneran gak bikin breakout atau nambah bruntusan gitu. Yaps, cobain salah satu sunscreen viral yaitu dari The Originote Ceramella Sunscreen SPF50 PA+++ yang udah direview oleh ratusan ribu orang di luar sana.

The Originote merupakan brand produk kecantikan pendatang baru yang berdiri sejak tahun 2022 dan sudah mengeluarkan beberapa rangkaian skincare untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Setiap produk The Originote memiliki fungsi masing-masing dengan kandungan yang advanced namun harganya tetap terjangkau.

The Originote Ceramella Sunscreen
Rangkaian produk The Originote juga dapat dipakai oleh siapa saja, tidak terbatas oleh usia dan juga untuk semua kalangan, hal tersebut sesuai dengan tagline-nya yaitu "Affordable Skincare For All" yang mengusung produk-produk murah tapi khasiatnya tidak murahan.

Termasuk yang viral salah satunya yaitu The Originote Ceramella Sunscreen SPF50 PA+++ ini. Sunscreen tersebut termasuk jenis Hybrid Sunscreen (Chemical dan Physical) yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari sekaligus memperbaiki dan merawat skin barrier.

Packaging

Packaging The Originote Sunscreen
Sunscreen ini dikemas dalam sebuah tube pipih berukuran 50 gram dengan desain botol dominan warna putih dan tutupnya berwarna biru muda. Kemasan bawaan pabrik dari sunscreen ini berupa press plastik segel tanpa dus. Jadi kalau mau buka bungkusnya, tinggal kupas seal plastiknya dan menyisakan tube-nya saja. 
Aplikator The Originote Sunscreen
Aplikatornya sendiri berbentuk lancip dan sangat mudah untuk mengeluarkan produknya. Karena lubang ujungnya yang kecil bikin pemakaian produk ini lumayan hemat ya, gak bakal boros untuk ngeluarin produk banyak-banyak.

Ingredients

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Octocrylene, Ethylhexyl Salicylate, Isododecane, Silica, Glycerin, Propylene Glycol, Pentylene Glycol, Bis-ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, Polymethylsilsesquioxane, Niacinamide, Polysorbate 80, Panthenol, Tremella Fuciformis Polysaccharide, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Zinc Oxide, Sodium Hyaluronate, Butylene Glycol, 3-o-Ethyl Ascorbic Acid, Caprylic/Capric Triglyceride, Avena Sativa (oat) Extract, Artemisia Argyi Leaf Extract, Hydrogenated Lecithin, Behenyl Alcohol, Octyldodecanol, Hydroxyacetophenone, Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide NS/Ceramide NG, Hyaluronic Acid, Retinol

Ingredients The Originote Sunscreen
Berikut ini adalah beberapa hero ingredients yang menjadi bahan andalan produk sunscreen dari The Originote yaitu :

  1. 3D Ceramide : untuk merawat skin barrier, menjaga hidrasi kulit dan mencegah iritasi
  2. Vitamin C : sebagai antioksidan untuk meningkatkan efektivitas perlindungan dari paparan sinar matahari, membantu mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik-bintik hitam akibat hiperpigmentasi
  3. Tremella : untuk meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kekenyalan wajah, menghidrasi kulit sampai dalam serta mengurangi kerutan dan menyamarkan garis halus

Fragrance & Texture

Berdasarkan klaimnya sunscreen ini menyebutkan bahwa tidak ada campuran fragrance sama sekali, jadi buat yang kulitnya sensi sama kandungan parfum, tenang aja gak ngaruh. Tapi kalau untuk baunya sendiri kecium seperti bau-bau alam watery gitu, segar dan lembut banget di hidung. 
Texture The Originote Sunscreen
Sedangkan teksturnya sendiri krim berwarna putih yang menurut saya lumayan cair/encer, jadi sangat mudah dikeluarkan dari tube-nya. Untungnya lubang di ujung aplikatornya sangat kecil, jadi gak bikin tumpeh-tumpeh atau mubadzir. Selain itu teksturnya ini mudah sekali diratakan ke kulit wajah, dan ada rasa dingin/fresh setelah diaplikasikan. Yang terpenting lagi krimnya tidak meninggalkan bekas abu-abu atau putih (no whitecast) malah bikin wajah lebih glowing, tanpa keliatan oily gitu.

First Impression

Kesan pertama saat pemakaian sunscreen ini adalah teksturnya yang super duper ringan. Termasuk dalam jenis hybrid sunscreen (physical dan chemical) dengan SPF50, biasanya akan membuat teksturnya lebih pekat, namun untuk sunscreen ini ok banget feeling-nya.

Karena teksturnya yang ringan, membuat sunscreennya mudah diratakan ke kulit. Saat pemakaian pertama ada rasa dingin nyes dan wangi-wangi air pegunungan (segar gitu gaes). Eits tapi klaimnya sunscreen ini no fragrance yaah, jadi aman banget buat kalian yang kulitnya sensitif terhadap kandungan parfum di dalam produk skincare-nya.

Teksturnya juga ada rasa watery gitu, jadi buat saya pemiliki kulit kering ini sudah cukup melembapkan lah yaa.

Yang saya suka dari sunscreen ini adalah no whitecast, gampang banget diratakan, dan finishingnya ada sedikit efek glowing gitu, bukan yang oily gitu ya. Beneran glowing emang di awal-awalnya! 

Namun entah gimana, jika tidak di-set dengan foundie atau setting powder atau dandan lah minimal bedakan gitu, kayak murni sunscreen-an doang ya. Nah setelah beberapa jam pemakaian kulit saya terlihat sangat kusam, dan efek glowingnya berubah seperti berminyak. Jadi pas udah lewat tengah hari, harus di tap-tap dengan tissue dan re-apply lagi. Jika seperti itu bisa dibilang oksidasi atau bukan ya?

Tapi gapapa sih, bisa diakali dengan penggunaan foundie, karena jika dibarengi make-up malah bikin skinprep semakin bagus, semacam make-up primer gitu deh malahan. Setelah pemakaian sunscreen dibarengin bedak/foundie malah bikin wajah semakin flawless.

Untuk minusnya mungkin karena bahan packaging yang berupa tube doff yang halus, sehingga gampang menyisakan kotoran yang menempel di tube-nya. Jadi lama kelamaan wadahnya malah semakin buluk, harus rajin dibersihkan buat yang risih liat barang kotor ya 😅

Nah, sekian coba-coba sunscreen dan reviewnya dari saya. Memang tidak banyak yang bisa saya share disini, tapi semoga bermanfaat dan tetap menginspirasi ya teman-teman. Barangkali ulasan saya bisa menjadi bahan pertimbangan kalian dalam memilih sunscreen yang aman dan cocok di wajah.

Like :

  • Harga affordable
  • Isinya banyak
  • Tekstur ringan
  • Finishing glowy
  • Mudah meresap ke kulit

Dislike :

  • Tutupnya tidak bisa ditutup rapat
  • Packaging gampang kotor
  • Bikin agak kusam (oksidasi)

Review The Originote Sunscreen
Tapi secara keseluruhan selama pemakaian sunscreen ini tidak menimbulkan efek negatif buat wajah saya dan masih ok banget di kulit saya, termasuk bahan Niacinamide-nya yang gak bikin kulit wajah ngamuk, malah mulus banget weh. Bahan-bahan yang dipakai pun terbukti aman, jadi sunscreen ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit lho, termasuk kulit sensitif sekalipun.

Buat kalian yang mau cobain sunscreen ringan ini, saya selalu menghimbau untuk membelinya di official store The Originote yaah, biar produk yang kalian dapatkan dijamin original dan BPOM.

The Originote Ceramella Sunscreen SPF50 PA+++ - 50gr
Price : IDR 39.000/PC

2 komentar

  1. Masalah tutup ga bisa rapat beberapa kali aku temuin di produk2 skincare. Bahkan ada juga dj skincare yg termasuk premium. Ntah di mana salahnya. Ngerasa pusing pas mau bawa produknya traveling. Krn kdg tumpah. Jd harus diakalin dengan masuk ke plastik zipper biar ga beleber kemana2 kalo terbuka

    Belum pernah pakai originote mba, tp aku aku tahu brand ini. Lumayan murah juga yaaa. Yg penting memang ga bikin breakout dan ringan di kulit. Aku gerah kalo pake sunscreen yg terlalu heavy. Apalagi bikin White Castle. Makanya lebih suka jenis hybrid begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bahkan di skincare premium juga ada masalah tutup kurang rapat begini ya mbak. Kirain cuma ada di produk-produk low budget begini. Emang susah sih kalau dibawa traveling dgn kondisi begitu. Was was.

      Tapi so far pemakaian di kulit gak bikin breakout aja udah bersyukur banget sih mbak 😊

      Hapus