10 Tempat di Jawa Timur Ini Bisa Dijadikan Tujuan Wisata Religimu

Destinasi Wisata Religi Jawa Timur
Assalamu'alaikum, sudah hampir di penghujung tantangan menulis BPN nih, berjumpa juga dengan postingan saya yang ke 12 ya. Kali ini saya mau cerita tentang beberapa tujuan wisata religi yang ada di Jawa Timur. Tapi sebelum itu, baca intronya dulu yuk!

Menjelang hari lebaran Idul Fitri, biasanya banyak orang-orang yang melakukan wisata religi dengan mengunjungi berbagai tempat untuk ziarah atau beribadah. Sebenarnya bukan saat menjelang hari raya saja, beberapa orang juga sudah mulai banyak yang melakukan wisata religi semenjak masuk bulan Ramadan. 

Wisata religi sendiri merupakan kegiatan mengunjungi destinasi wisata yang berhubungan dengan sejarah, tokoh agama, hingga tempat beribadah. Wisata religi memiliki banyak manfaat untuk seseorang yaitu :

  1. Meningkatkan mental dan spiritualitas
  2. Meningkatkan keimanan hati
  3. Menambah wawasan keagamaan
  4. Menambah wawasan budaya dan sejarah suatu tempat

Manfaat Wisata Religi
Wisata religi tidak hanya dilakukan oleh umat muslim saja lho, untuk rekan kita yang beragama lain juga bisa melakukan wisata religi menuju destinasi sesuai dengan agama masing-masing. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kita mengunjungi setiap tempat wisata religi walaupun tidak sesuai keyakinannya, dengan tujuan untuk mempelajari budaya dan sejarah tempat tersebut. Selain itu kita juga bisa belajar toleransi antar umat beragama di seluruh Indonesia.

Wisata religi yang terkenal di Indonesia adalah ziarah makam Wali Songo yang tersebar di seluruh penjuru Pulau Jawa, 5 wali di Jawa Timur, 3 wali di Jawa Tengah dan 1 wali di Jawa Barat. Paling banyak memang ada di Jawa Timur ya teman-teman, kelima makam Wali tersebut sering dikunjungi oleh para wisatawan yang tersebar sebagai berikut :

  1. Makam Sunan Ampel - Surabaya
  2. Makam Sunan Giri - Gresik
  3. Makam Sunan Gresik - Gresik
  4. Makam Sunan Bonang - Tuban
  5. Makam Sunan Drajat - Lamongan

Kelima makam wali tersebut tidak pernah lupa dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melakukan wisata religi di daerah Jawa Timur. Ada yang mengunjungi salah satu atau dua, bahkan ada pula beberapa komunitas atau grup pengajian yang melakukan ziarah seluruh makam Wali Lima (5 sunan yang ada di Jawa Timur).

Oleh karena itu Jawa Timur terkenal dengan wisata religi ziarah makam para wali, namun tidak hanya makam Wali Songo lho teman, kalian juga bisa mengunjungi beberapa tempat ibadah lain yang berada di Jawa Timur untuk dijadikan tujuan wisata religi lho, selain 5 makam anggota Wali Songo kemana lagi ya kira-kira?

Destinasi Wisata Religi
Berikut ini saya berikan contoh 10 tempat di Jawa Timur yang bisa dijadikan tujuan wisata religi, kalian bisa berkunjung disini saat atau di luar bulan Ramadan :

1. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya
Bangunan masjid ini memiliki model arsitektur seperti klenteng khas masyarakat Tionghoa. Masjid Cheng Ho memang didirikan oleh Komunitas Muslim Tiongkok dengan tujuan mengenang Laksamana Cheng Ho dalam proses penyebaran agama Islam. 

Masjid ini bernuansa merah dan hijau dengan atap berbentuk segi delapan seperti jaring laba-laba. Dalam kepercayaan Tionghoa, angka 8 sebagai simbol keberuntungan, sedangkan laba-laba sendiri menggambarkan penyelamat Nabi Muhammad SAW dari kaum Quraisy.

Masjid ini berada di Jalan Gading, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Jika kalian kesini, jangan lupa berfoto dengan latar belakang halaman depan Masjid yaa, dijamin hasilnya estetik sesuai dengan desain arsitekturnya. 

2. Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya
Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH Abdurrahman Wahid pada tahun 2000 silam. Memiliki 45 pintu masuk yang terbuat dari kayu jati, atapnya berupa kubah besar dan 4 kubah kecil berbentuk limas, dan terukir kaligrafi Al-Qur'an pada bagian dalam kubah. Masjid Al-Akbar juga dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter,  jika ingin memasuki kawasan menara tersebut ada tiket yang harus dibayarkan, 7K untuk dewasa dan 5K untuk anak-anak.

Selain itu ada pertunjukan air mancur, Taman Asmaul Husna, dan juga Klinik Bekam disini. Jika ingin berkunjung kesini bisa ke alamat Jl. Masjid Al-Akbar Timur No. 1 Pagesangan, Surabaya.

3. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep
Jika kalian berkunjung ke Madura, jangan sampai terlewati untuk berkunjung ke Masjid Agung Sumenep yang menjadi landmark kota tersebut. Bangunan ini memiliki desain arsitektur bernuansa campuran Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura. Pemilihan warna untuk pintu utama dan jendelanya sangat cantik serta terkesan indah. Oleh karena itu, jika kalian berfoto dengan latar belakang masjid ini pasti akan terlihat bak di istana. By the way, masjid ini menjadi simbol masuknya Islam di daerah Sumenep lho. 

Untuk mengunjungi masjid ini bisa langsung ke lokasinya Jl. Trunojoyo No. 184, Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura.

4. Masjid Agung Jami' Tuban

Masjid Agung Tuban
Masuk ke kawasan Tuban, ada juga nih bangunan khasnya yaitu Masjid Agung Jami' Tuban. Masjid ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan telah mengalami beberapa kali renovasi. Masjid Agung Tuban didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang beragama Islam yaitu Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid ini didesain dengan sangat megah dan indah sampai dijuluki Masjid Megah dengan Pesona 1001 malam karena permainan warna yang estetik, terutama saat malam hari. Arsitekturnya khas Nusantara dimana pintu dan mimbar yang terbuat dari kayu terukir ornamen Jawa.

Selain keindahan arsitekturnya, sekitar 10 meter dari Masjid Agung Tuban terdapat Museum Kembang Putih yang menyimpan banyak benda bersejarah, seperti kitab Al-Qur'an kuno yang terbuat dari kulit, keramik Cina, pusaka, sarkofagus, dll.

Masjid Agung Tuban berlokasi di Jl. Bonang, Kutorejo, Kabupaten Tuban yang mana masih berada di sekitar area alun-alun Tuban dan dekat dengan komplek makam Sunan Bonang. Strategis sekali ya temans!

5. Masjid Aschabul Kahfi Tuban

Masjid Aschabul Kahfi
Selain Masjid Agung, ada pula bangunan ibadah sebagai ciri khas Kabupaten Tuban yaitu Masjid Aschabul Kahfi. Masjid ini memiliki nama lengkap Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi, kenapa disebut perut bumi? Karena masjid ini terletak di dalam perut bumi alias goa. Perpaduan alami antara ornamen yang dihasilkan oleh alam dengan pilar-pilar masjid menjadikannya sangat indah dan megah. Apalagi adanya stalaktit dan stalagmit yang menggantung di sepanjang goa membuat interior masjid ini menjadi semakin estetik.

Saat berada di dalamnya tak jarang suara-suara sholawat bergemuruh menggema di dalam goa, banyak yang kesini tak hanya sekedar menikmati keindahan masjid yang alami, tetapi juga ingin menambah kekhusyu'an dalam beribadah, di bagian luarnya juga bisa ditemui berbagai macam pilihan oleh-oleh atau souvenir khas Tuban.

Bangunan ini dibangun pada tahun 2002 oleh KH Subhan yang berlokasi di Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

6. Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban Turen Malang
Masjid yang satu ini sering disebut dengan Masjid Seribu Pintu, sesuai dengan namanya bahwa Masjid ini terdiri dari 10 lantai sehingga terdapat banyak sekali pintu masuk dan keluar, dimana setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Desain Masjid Tiban Turen yang ada di Malang ini bernuansa Timur Tengah, ada campuran Turki, India, Rusia hingga Mesir. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya menara tinggi menjulang. Konon katanya Masjid ini tiba-tiba ada begitu saja, alias tidak diketahui proses pembangunannya. Padahal kenyataannya Masjid tersebut dibangun sejak tahun 1978, uniknya tenaga yang ikut andil dalam proses pembangunannya adalah para santri dari pesantren sekitar.

Masjid Tiban Turen berada di kawan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yaitu di Jalan KH Wachid Hasyim Sananrejo Turen, Malang.

7. Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira Lamongan
Masjid Namira merupakan bangunan masjid mewah yang dibangun oleh pasangan crazy rich di Lamongan. Masjid Namira ini memiliki interior masjid yang sangat elegan, megah dan juga terang, desainnya pun terinspirasi bernuansa Timur Tengah lengkap dengan kemewahannya. Masjid ini tidak pernah sepi pengunjung karena ada daya tarik tersendiri, selain karena keindahan masjid ini, pengunjung juga kagum dengan adanya kiswah Ka'bah yang berada di mihrab imam, kiswah tersebut didatangkan langsung dari Masjidil Haram dan dipasang dengan pelindung kaca tebal supaya tidak mudah disentuh dan tetap aman.

Masjid Namira Lamongan ini sempat viral karena desainnya yang mirip dengan Masjidil Haram, kalian bisa beribadah lebih khusyu' sambil menikmati kemewahan arsitekturnya. Masjid Namira terletak di Jl. Raya Lamongan-Mantup, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan.

8. Makam Gus Dur Jombang

Makam Gus Dur Jombang
Makam Gus Dur di daerah Jombang ini sering dijadikan tujuan wisata religi oleh para peziarah. Siapa sih yang tidak tahu soal Gus Dur? Nama aslinya yaitu KH Abdurrahman Wahid, beliau merupakan Presiden RI keempat pada tahun 1999 sampai 2001 di era reformasi silam. 

Selain Gus Dur, pada komplek pemakaman itu juga terdapat pula makam Pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, makam Menteri Agama RI pertama KH Wahid Hasyim, dan juga makam adik kandung Gus Dur yaitu KH Salahuddin Wahid.

Selain untuk berziarah ke makam Gus Dur, biasanya orang-orang yang berkunjung kesini juga mendatangi Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari yang masih dekat di area pemakaman. Museum tersebut memiliki koleksi bersejarah yang berkaitan dengan masuknya Islam di Nusantara sekitar abad 11-19 Masehi.

Kawasan pemakaman Gus Dur ini terletak di Jl. Irian Jaya Tebuireng No. 10, Desa Cukir, Diwek, Kabupaten Jombang.

9. Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo Mojokerto
Berasal dari daerah domisili saya nih, Makam Troloyo yang ada di Mojokerto juga bisa menjadi salah satu pilihan wisata religi kalian lho. Makam Troloyo ini merupakan komplek pemakaman Islam pada masa Kerajaan Majapahit. Komplek pemakaman ini terkenal karena terdapat makam Syekh Jumadil Kubro, yaitu kakek Sunan Ampel atau sesepuhnya Wali Songo. Pada saat ini tempat pemakaman ini dikenal sebagai komplek makam Islam Trah Majapahit dan ramai dikunjungi oleh para peziarah.

Komplek Makam Troloyo ini terletak di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dan sudah ada sejak abad ke 14. 

10. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton Gresik
Giri Kedaton didirikan oleh Sunan Giri (salah satu Wali Songo) sekitar tahun 1487 M. Dulunya bangunan ini merupakan pesantren tempat Sunan Giri menyebarkan agama Islam pada para santrinya, yang kemudian diteruskan secara turun temurun kepada keturunannya.

Pada komplek Situs Giri Kedaton ini dibangun sebuah Masjid/Pondok Pesantren pertama di Giri yang mana kini tinggal bekasnya saja, hanya tersisa batu pelinggihan, kolam wudhu dan dinding pagar kuno. Selain itu di belakang Masjid terdapat makam Raden Supeno (anak dari Sunan Giri), sehingga banyak wisatawan Situs Giri Kedaton yang ingin berziarah sekaligus belajar sejarah bangunan kuno.

Situs Giri Kedaton terletak di puncak sebuah bukit dengan tanjakan yang relatif curam, tepatnya di Jl. Sunan Giri XIII, Kebomas, Kabupaten Gresik.

Nah siapa saja yang ingin melakukan wisata religi dan kebetulan berada di Jawa Timur, bisa lho cobain destinasi wisata ke tempat-tempat sesuai list tujuan di atas. Selain untuk refreshing jalan-jalan saat bulan Ramadan, bisa juga ngabuburit dan berburu takjil untuk berbuka puasa disana, karena di sekitar lokasi wisata tersebut selalu ada penjual jajanan khas Ramadan lho.

Tak hanya itu, puasamu akan lebih bermakna dengan beribadah di tempat-tempat bersejarah sambil mempelajari budaya pada setiap lokasi yang kita kunjungi di wisata religi. MasyaAllah.

Yuk ceritakan destinasi wisata religi di sekitar kalian!

*** 
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Referensi :

  • https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/wisata-religi-mencari-ketenangan-batin-di-bulan-suci-ramadan
  • https://www.detik.com/jatim/wisata/d-6418944/10-wisata-religi-di-jawa-timur-selain-makam-wali-songo/1
  • https://duniamasjid.islamic-center.or.id/739/masjid-agung-tuban/
  • https://pariwisata.mojokertokab.go.id/sejarah-religi/makam-troloyo
  • https://disparekrafbudpora.gresikkab.go.id/detailpost/situs-giri-kedaton

4 komentar

  1. Subhanallah, Jawa Timur ternyata punya banyak pesona dan keindahan. Selain itu, terdapat banyak destinasi wisata religi di Jawa Timur. Selama ini hanya tau Walisongo, Makam Gusdur, dan Masjid Ceng Ho Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling terkenal memang Walisongo ya kak. Pilihan utama buat para wisatawan yang ingin merasakan wisata religi di Jawa Timur 😃

      Hapus
  2. Wah mesjid2nya punya arsitektur yang keren2 ya. Kapan bisa mampir ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya bund, kayaknya saya juga baru berkunjung ke salah satunya aja di Masjid dalam Goa daerah Tuban. Kalau liat desain lainnya keliatan keren keren ya bun 😄

      Hapus