Hunting Kue Khas Lebaran, Yang Ini Favoritku Mana Favoritmu?

Kue Khas Lebaran
Assalamu'alaikum, alhamdulillah tulisan terakhir untuk challenge menulis di bulan Ramadan ini. Sudahkah kalian berangkat mudik? Pada mudik kemana nih? Kebetulan kami sekeluarga sedang perjalanan menuju Jogja untuk jemput kakak ipar dan rombongan untuk dibawa ke Semarang. Bismillah lancar yaa, buat kalian juga 😇

Untuk lebaran nanti, kalian sudah menyiapkan kue apa aja nih untuk disajikan di toples ruang tamu? Pasti ada dong beberapa kue khas lebaran yang dipajang cantik di meja? Momen lebaran selalu identik dengan kue kering yang menjadi ciri khas hari Raya, dan banyak juga yang menyiapkan beberapa jajanan cemilan untuk bisa dinikmati para tamu yang ingin berkunjung untuk halal bi halal saling bermaaf-maafan.

Ramadan ini ada yang viral di tengah momen mencari suguhan di meja, yaitu jajanan receh yang didapatkan buibu dari hasil Live atau mantengin Shopee Video. Beberapa orang yang cerita ke saya, mereka bisa dapat jajanan sepack dengan harga terjun payung dengan fantastis. Ya karena itu saya sebutkan jajanan receh.

Termasuk mama saya yang belanja beberapa cemilan di rumah dengan harga yang sudah disunat karena voucher Live Shopee. Kebanyakan potongan harga sampai 15ribu rupiah, jelas aja kan kalau barang tersebut seharga 20ribuan dipotong 15ribu ya kita cuma bayar 5ribu aja, mana gratis ongkir pula, gimana? Menggiurkan sekali kan? 

Mangkanya mama saya sering mantengin Shopee seharian, dan rasanya hampir tiap hari ada kang paket dateng nganter kiriman, karena yang dibeli mama bukan cuma jajan buat di rumah. Kadang belikan titipan tetangga atau bisa juga untuk dijual lagi, ambil untungnya pakai fee jastip gitu deh.

Nah ini nih hasil hunting jajanan receh untuk rumah kami, dapat apa aja yaah?

  • Kerikil coklat jajanan umroh = 20k
  • Kismis 500 gram = 7k
  • Kacang kupas (mentahan) 1kg = 16k
  • Kerupuk rambak (mentahan) = 23k
  • Kerupuk cassava (mentahan) = 10k

Selain jajanan receh tersebut, di keranjang jajanan juga kami siapkan berbagai macam cemilan kemasan untuk bisa dinikmati para krucils. Udah macam indoapril versi mini aja nih, tinggal kasih minuman rasa-rasa. Mana mama juga nyiapin rak berjalan biar bisa dinikmati anak-anak kecil. Hehe

Nah berikut ini ada juga beberapa kue kering khas lebaran yang paling menjadi favorit saya sekeluarga dan sengaja kami pesan ke tetangga tanpa membeli online. Eh beli online juga sih ini, soalnya pesan lewat WA, terus dibuatkan dan dikirim ke rumah. Made by order gitu ceritanya.

Kue Nastar

Kue Nastar
Kue kering dengan rasa yang gurih manis, dan dipadukan dengan isian selai nanas. Biasanya kue ini selalu ada di meja saat lebaran tiba. Termasuk saya yang menyediakannya di rumah. Umumnya bentuk nastar yang standard yaitu bulat mengkilap, sedangkan seiring berjalannya waktu banyak kreasi nastar yang dibentuk sedemikian rupa.

Awalnya agak kecewa sih waktu pertama kali lihat nastar yang saya punya, pas dianter ke rumah, lho kok bentuknya begini? Karena yang ada di pikiran saya yaitu nastar menul-menul cantik dengan isian nanas yang manis. Ternyata waktu dikirimkan yang saya dapat adalah nastar berbentuk seperti bunga tulip, ya meskipun masih tetap ada selai nanasnya juga. Menurut saya nastar yang begini lebih estetik jika dipajang sih, tetap tidak mengurangi ciri khas kue kering saat lebaran. 

Kue Kastengel

Kue Kastengel
Kue yang satu ini adalah kesukaan bapak, yaps terbuat dari bahan utama keju dan mentega, kue yang dicetak memanjang kecil-kecil ini memiliki rasa yang sangat gurih. Kalau saya sih sesekali makan gapapa, cuma gak terlalu doyan banget karena dasarnya gak suka keju. Hehe

Kue Putri Salju

Kue Putri Salju
Nah ini salah satu kesukaan saya lagi selain nastar nanas, yaitu putri salju. Sepertinya dari sini ketebak ya kalau selera saya yang manis-manis. Emang iya! Hehe

Putri salju adalah kue kering yang berbentuk seperti bulan sabit, disajikan dengan taburan gula halus seperti salju. Kue ini digemari oleh orang-orang karena ketika menyantapnya terasa gurih, manis dan ada sensasi dingin dari gula pasir halusnya.

Ketiga kue di atas, harga satuan per toplesnya hanya 20ribuan saja lho. Rasanya juga lumayan banget, gak kayak beli di pasaran yang hasil produksi borongan gitu. Kalau ini khas homemade, yang saya suka rasanya gak terlalu manis dan teksturnya gak lengket di mulut. Mantap! Murmer banget, toh ya dimakan sendiri dan ditinggal mudik jauh. Wkwk

Kalau kalian kue khas lebaran apa aja yang disiapkan di rumah? Coba sebutkan adakah makanan ciri khas lebaran yang harus ada saat lebaran? Yuk sharing disini ☺

***
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Tidak ada komentar

Posting Komentar