Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Ibuk - Bapak (Ngawi & Semarang)

Wisata Favorit di Kampung Halaman
Assalamu'alaikum, kurang 3 postingan terakhir nih, alhamdulillah udah masuk postingan yang ke 13 aja. Eh yang ke 13 ya? Angka favorit saya nih. Ada banyak kenangan soal angka ini yang tidak perlu dibahas disini karena sekarang waktunya bahas yang lain. Hehe

Ohiya, ngomong-ngomong ikutan challenge kali ini lumayan ada up & down ya, kadang selow banget nulisnya karena dah punya draft buat postingan beberapa hari ke depan, kadang ngoyo banget karena ide dan niat baru muncul pas hari H jadwal posting. Padahal sebenarnya Blogger Perempuan tidak mewajibkan posting sesuai urutan, pun tidak ditentukan jadwal postingnya, yang penting maksimal tanggal 14 Januari sudah submit sebanyak 15 tulisan.

Ini mah gara-gara saya sendiri yang menargetkan tulisan dengan jadwal posting, saya sengaja bikin waktu 2 hari sekali, macam ngobatin luka pakai salep aja ya. Karena menurut saya selang waktunya relatif ideal, sehari posting sehari tidak, pas di sela waktu tidak posting bisa bikin tulisan baru buat jadwal selanjutnya. Ceilah sok strategis sekali hamba.

Pada kenyataannya, ada waktu dimana saya males ngedraft dan akhirnya tertatih-tatih nulis sambil kayang. Maksud saya, perlu effort buat ngejar jadwal postingnya. Ya beginilah definisi cewek rempong, bikin jadwal sendiri, ngoyo/ribet sendiri, tapi ya ujung-ujungnya diselesaikan sendiri. Semangat ya! 

Kali ini saya mau cerita tentang destinasi wisata favorit di kampung halaman, yaps kampung halaman saya adalah Ngawi, Jawa Timur. Semenjak menikah saya punya tujuan mudik yang baru, yaitu Semarang, pernah juga diajak ke beberapa tempat wisata disana, akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan tentang keduanya saja, kampung halaman saya dan suami.

Sesuai judul yang sudah kalian baca di atas, bapak-ibuk adalah panggilan kesayangan Asiy untuk saya dan suami, jadi saya mau cerita disini pov sebagai orang tua yang mengenalkan tempat-tempat wisata untuk anaknya, dan inilah beberapa tujuan tempat wisata paling favorit yang ada di kampung halaman bapak dan ibuk yaah.

Objek Wisata Alam di Taman Olba - Ngawi

Wisata Taman Olba Ngawi
Tempat wisata favorit yang pertama ini dari daerah Ngawi, tempat kelahiran ibuk (saya sendiri maksudnya). Pernah kesini sekitar 2 tahun lalu, masih masa-masa transisi setelah Covid-19. Kebetulan pas liburan ke Ngawi, saya lupa dulu kesana pas ada kesempatan apa, yang diingat mah pas liburannya aja. Hehe

Saya lumayan terkesima saat diberi tahu bahwa di sekitar kampung halaman saya ada tempat rekreasi seperti ini. Karena dulu waktu saya masih kecil, mau ke kolam renang saja harus pergi jauh naik bis mini atau mobil pribadi (itupun kalau diajak saudara/tetangga), betulan kampungnya simbah dulu tuh dah kayak ndeso bingits. Tapi ibuk senang banget kalau ingat-ingat main di desa dulu.

Nah sekarang bermunculan tempat-tempat rekreasi hiburan di sekitar sini jadi makin bersyukur dengan kemajuan dan berkembangnya daerah ini.

Taman Olba Gerih - Ngawi ini merupakan tempat wisata alam edukatif dengan pemandangan yang cukup bagus. Tempat ini juga dipenuhi dengan pohon rindang yang membuat suasananya semakin teduh dan sejuk. Memasuki kawasan wisatanya juga terlihat cukup bersih dan terawat.

Wahana Bermain di Taman Olba Gerih - Ngawi

Berikut ini adalah beberapa wahana bermain yang bisa kita gunakan dengan membayar tiket masuk per wahana :

  • Outbond Arena
  • Perahu Kano
  • Mini Zoo
  • Kolam Renang
  • Mini Waterboom
  • Terapi Ikan
  • Naik ATV/Oktoped

Wahana di Taman Olba Ngawi
Selain wahana wisata yang lengkap, disini juga terdapat berbagai macam fasilitas umum yang dapat kita gunakan. Ada cafetaria atau semacam foodcourt untuk membeli snack/makanan, bahkan di dalamnya juga disediakan gubug khusus untuk pedagang yang ingin menjual masakannya disini. Tentunya dipatok harga sewa ya.

Di sekitar wahana perahu kano, terdapat aula atau kalau saya sih menyebutnya seperti balai, dimana di tengah-tengah balai sini kita bisa sambil tiduran menikmati suasana alam dan melihat perahu kano yang berlalu-lalang. 

Tak jauh dari balai ini juga ada gardu pandang, bentuknya seperti panggung, sepertinya bisa digunakan jika rombongan kalian ada acara tertentu.

Pada bagian belakang sendiri ada lahan luas dan trotoar yang bisa digunakan untuk senam atau bermain kelompok. Seru sekali ya!

Semua wahana dan fasilitasnya bisa kalian nikmati dengan harga yang sangat terjangkau! Mulai dari gratis hingga maksimal 35ribuan saja per wahana. Dijamin ketagihan dan pasti mau balik kesini lagi deh! Saudara saya yang tinggal di Ngawi saja sering banget berkunjung kesini.

Bahkan beberapa pengunjung dari luar kota pun juga ada, contoh dari daerah Nganjuk, Madiun dan Sragen. Gak salah kan Taman Olba menjadi tempat wisata favorit saya! Hehe

Lokasi : google maps disini
Info Selengkapnya : Instagram @tamanolba

Destinasi Wisata Ngrembel Asri - Semarang

Wisata Ngrembel Asri - Semarang
Nah tempat yang kedua ini berasal dari kampung halaman bapak yaitu Semarang. Berada di sekitar daerah perbukitan dengan kontur naik turun dan jalan berbelok, suasananya hampir mirip seperti puncak Trawas - Mojokerto, cuma kalau ini gak berasa dingin-dinginnya sih, masih bisa ditoleransi lah.

Ngrembel Asri mengusung tema one stop recreation, menjadi tagline yang mereka banggakan dan tertulis jelas di pintu masuknya. Kenapa kok one stop recreation? Karena disini tuh serba ada, hampir mirip lah kayak Taman Olba tadi. Mau apa aja ada disini dan itulah yang menjadi daya tarik wisatawan luar.

Dulu saya pernah kesini sekitar hari kedua lebaran tahun 2022, waktu itu Asiy masih berusia sekitar 10 bulanan, belum bisa jalan dan masih bayik gembul bingits. Pernah saya bikin reels juga di Instagram dengan kualitas video seadanya karena emang gak ada niatan bikin vlog ala-ala gitu, coba cek disini deh.

Awalnya kesana hanya untuk makan siang bersama, belum kebayang sih kalau di dalamnya ada wahana atau fasilitas yang bisa kita nikmati dan bikin nagih untuk datang lagi.

First impression saat datang kesini yaitu antrian yang sangat amat panjang sekali, aduh hiperbola sih, tapi emang bener lho, karena kami datang kesini pas puncak-puncaknya liburan, kemarinnya masih libur Hari Raya dan saat kami datang itu adalah hari yang pas untuk jalan-jalan.

Yang paling berkesan saat di Ngrembel Asri adalah ketika kami sekeluarga makan bersama sambil menikmati suasana alam di sekitarnya, ada kolam-kolam ikan di sekitar lesehan tempat makan kami. 

Eits ditambah waktu itu lagi musim durian dan suami iseng membelinya, padahal dari empat orang yang makan, cuma 1 yang suka durian, iya mama ya, bukan saya. Selagi mama saya menikmati durian kesukaannya, kami pun keluar melihat-lihat wahana lain yang ada disana. Wah, lumayan kagum dengan fasilitas dan wahana bermain yang lumayan lengkap.

Wahana di Ngrembel Asri - Semarang

Beberapa wahana wisata di dalam Ngrembel Asri yang bisa dilakukan disana :

  • Omah PlayOn
  • Fun Game Area
  • Paint Ball Area
  • Wahana Outbond
  • Kampung Satwa
  • Coffe Corner
  • ATV, Floating Ball
  • Trampoline, Mini Boat
  • Bird Aviary
  • Kura-kura Raksasa
  • Wahana Taman Dino
  • Kolam Renang & Waterboom
  • Edukatif Area

Wahana di Ngrembel Asri Semarang
Mantap sekali listnya sampai panjang banget lho, bingung kan mau cobain yang mana aja.

Jika kalian ingin makan disini, sistemnya yaitu mengambil antrian untuk order makan, setelah membayar tiket masuk tangan kita akan dicap oleh petugas di gate depan. Setelah masuk langsung mengantri ke bagian "Pemesanan Makanan", sambil mengantri tentukan pilihan makanan apa saja yang mau diorder, jadi saat sudah sampai depan resepsionis tidak ada yang tertinggal. Sebelum dapat nomor meja, kita tidak dibolehkan ngecup tempat makan dulu. Cukup adil sih ini, kan kasian buat yang udah ngantri panjang, tapi gak bisa duduk buat makan karena sudah diakuisisi pengunjung lain, ada lho di tempat lain.

Nah sambil menunggu 1 orang yang mengantri, kalian bisa bermain dengan satwa di bagian pintu masuk, ada Iguana dan Burung Kakak Tua yang siap menyambut kedatangan kalian dan berfoto bersama. 

Ohiya InsyaAllah lebaran tahun ini kami mudik ke Semarang, dan suami udah ngespill mau ngajak kesini lagi. Yeay, sepertinya harus bikin rencana mau ngapain aja disana. Karena urusan perut paling penting, ya makan siang sih yang jelas! Selebihnya lihat situasi dan kondisi hatinya Asiy. Hehe

Lokasi : google maps disini
Info Selengkapnya : WA 0857-4346-0206

Sudah cukup dua tempat saja yang disebutkan yaa, karena emang sebenarnya saya belum terlalu banyak eksplor tempat, jadi kalau jalan-jalan di kampung halaman begini masih minim banget ceritanya.

Sebenarnya kedua tempat wisata yang saya sebutkan tadi sama-sama cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar. Tinggal pilih kalian sedang berada di daerah mana, cobain deh berkunjung ke salah satunya.

Kedua lokasi wisata tersebut memiliki konsep yang sama yaitu one stop recreation, yang mana artinya adalah kalian bisa menikmati berbagai macam wahana, hiburan dan tujuan refreshing lainnya hanya di satu tujuan wisata ini saja.

Yaudah yang penasaran bisa kok mampir ke dua tempat tersebut di luar libur hari lebaran ini. Karena sepertinya saat libur lebaran nanti bakalan 'peak season' alias lagi ramai-ramainya pengunjung. 

*** 
Tulisan ini dibuat khusus untuk mengikuti BPN Ramadan Blog Challenge 2024 murni dari pemikiran random penulis dan beberapa riset online. Apabila ada kesalahan kata atau kesamaan pemilihan kalimat, mohon dimaafkan dan ditegur dengan kemurahan hati.

Kalau kalian juga mau ikut tantangan seperti ini, bisa langsung cek saja ke sosial media @BloggerPerempuan atau hashtag #BPNRamadan2024.

Tidak ada komentar

Posting Komentar