Tips Mencerahkan Badan dan Wajah Kusam [How I Hit My Puberty]

Cover How I Hit My Puberty
Hai beauties!!
Karena tangan ini udah gatel banget pengen nge-share tentang "How I Hit My Puberty" dan gimana sih caranya mencerahkan kulit sawo matang, akhirnya aku bikin juga postingan ini. Seperti yang kalian lihat di gambar ya, aku yang dulu beda banget sama yang sekarang kan. Nah disini aku akan jelasin bagaimana aku menemukan 'aku yang sekarang' dan produk - produk apa saja yang pernah aku pakai, serta beberapa tips yang 'semoga' bermanfaat untuk kalian. No produk mahal, No krim dokter, dan No suntik putih!!! 

Note : maaf ya aku pakai bahasa 'non-formal' biar lebih enak aja jelasinnya.

Childhood
          Jadi sewaktu SD dulu, sama seperti anak kecil pada jamannya, aku suka main panas - panasan, main layangan, sepedaan, dan jalan - jalan di siang bolong sama temen - temen sekolah/perumahan. Tau sendiri kan gimana panasnya? waktu itu belum pakai hijab dan aku belum kenal produk perawatan satupun. Alhasil kulit aku menghitam, kering, dan bersisik kayak ular gitu (beneran ini gak bohong). Gak pernah pakai lotion, sunblock, bahkan cuci muka pun cuma modal air kamar mandi.
          Entah kesambet apa ya, pas awal SMP dulu aku minta dibeliin lotion karena iri liat kulit temen - temen aku pada bersih sedangkan aku kayak sisik ular. 😢 Akhirnya sama mama aku dibeliin lotion Citra White Bengkoang dan gak tanggung - tanggung belinya langsung 400 ml segede gaban (tau aja anaknya masih labil bakal jarang dipakai dan pasti lama habisnya). Untuk sabun mukanya aku pakai produk sejuta umat dari Pond's White Beauty Lightening Facial Foam, pelembabnya pun juga dari Pond's White Beauty Day Cream. Hasilnya? Alhamdulillah untuk kaki aku sudah mulai ada perubahan, jadi lebih lembab meskipun masih ada sisik dan tetep hitam. Tapi untuk mukanya dong, duh, sebenernya jenis muka aku emang udah kering kan, sedangkan produk Pond's ini memberikan efek kering di muka, jadi makin parah lah. Muka aku jadi sering berjamur putih - putih mulai dari lingkaran kecil sampai lingkaran besar (gak usah diberi sudut dan 36 36 ya 😂 #iykwim), orang jawa nyebutnya 'tratak'. Dan tratak itu sering banget, sembuh nanti keluar lagi di tempat lain, sampai dibawa ke dokter umum dan dikasih salep khusus pembasmi jamur.

Puberty
          Masuk SMA, masalah aku masih dengan melawan jamur dan kulit bersisik. Tapi awal masuk sekolah, aku pindah produk pakai Fair & Lovely Lightening Day Cream, sedangkan sabun muka dan lotion-nya masih setia pakai produk yang sama. Disini kaki aku semakin berubah jadi lebih cerah dan sisik - sisik ular itu pun makin lama makin menghilang. Muka aku juga gak sehitam waktu jaman SD, meskipun masih coklat - coklat susu. Tapi aku juga masih struggling dengan yang namanya jamur/tratak. Sampai SMA kelas 3 pun gak ada tanda - tanda bersih dari jamur, muka makin sering belang putih-coklat karena kontras antara warna jamur sama kulit. Dan aku masih percaya aja sama  salep dari dokter umum di klinik dekat rumah, emang bisa sembuh sih, tapi muncul lagi.

Grown-up
          Lulus SMA dan masuk kuliah, aku masih setia dengan produk yang sama. Namun semua itu berubah semenjak banyak pertanyaan 'kok kamu item banget gi?' dan dibandingin sama temen-temen yang emang udah dari orok putih kinclong. Lah aku? mau dibikin seputih apa kalau emang pabriknya aja gak seputih orang korea? 
          Tapi aku masih percaya, skintone aku masih bisa naik beberapa tingkat karena ayah mama aku gak sehitam aku, itu berarti kulit aku bisa kayak mereka dong. Disitu aku semangat buat mencerahkan badan dan muka. Aku pakai semua produk dengan embel - embel whitening dan lightening. Mulai dari sabun, sabun muka, dan pelembab. Aku akan sebutin produk yang pernah aku pakai satu - satu mulai dari bodycare di bawah ini ya :
  • Purbasari Lulur Mandi Susu & Bengkoang Hijau Muda (Paling sering repurchase)
  • Purbasari Lulur Mandi Mutiara Biru
  • Purbasari Lulur Mandi Whitening + Vit E 
  • Shinzui Body Scrub Matsu 
  • Shinzui Body Cleanser Matsu
  • Naturian Goat's Milk Shower Cream 
  • Citra Pearly White UV Nutri-Serum
  • Citra Night Whitening
  • Naturian Goat's Milk + Sweet Papaya Hand & Body Lotion (Paling sering repurchase)
  • Marina UV White Healthy & Glow (sekarang pakai ini terus, karena yang Naturian susah carinya di Mojokerto)
Untuk beberapa produk lainnya yang pernah ku coba sekali atau dua kali gak aku sebutin disini ya, karena kadang belinya cuma terpaksa, misal karena produk di atas gak ada di toko atau emang lagi habis tapi butuh banget. Ohiya, produk yang aku sebutin disini bukan berarti aku punya semuanya dalam satu waktu ya, belinya gantian dan yang paling sering ku pakai aja.
          
          Sedangkan untuk skincare, aku pakai serangkaian perawatan dari Wardah Lightening Series. Nah dari sini lah semua ku mulai, karena lagi semangat - semangatnya aku rajin pakai sampai perubahanku cukup signifikan. Awal pakai Wardah ini di semester 3 kuliah, pertama kalinya ya gak langsung cocok gitu aja, keluar bruntusan kecil - kecil, sama seperti testi orang - orang yang bilang "aku ga cocok Wardah nih". Sempat berhenti pakai dan beralih ke Pond's lagi, nekad banget ya, dan jamur - jamur nakal itu pun keluar lagi. Kira - kira sebulan, sayang dong Wardahnya gak kepakai, akhirnya aku coba lagi dan mulai terbiasa dengan bruntusan kecil (karena jumlahnya masih sangat wajar dan samar - samar). Lama - kelamaan, muka aku yang semula kering banget kayak gurun pasir dan banyak jamurnya, jadi lebih lembab dan warnanya lumayan rata. Produk - produk Wardahnya apa aja sih? ku sebutin di bawah sini ya :
  • Lightening Milk Cleanser
  • Lightening Toner
  • Lightening Facial Wash (saat pertama kali pakai)
  • Lightening Creamy Foam (sekarang beralih yang ini)
  • Day Cream
  • Night Cream
  • Lightening Serum (rarely used)
  • Lightening Face Mask
Sebenernya masih ada beberapa produk Wardah yang pakainya cuma 'coba - coba' atau sekali pakai, misal salah satu produk dari White Secret Series yaitu Night Cream, dan pelembab serba gunanya yaitu Wardah Aloevera Gel. Selain dari Wardah, untuk maskernya aku juga pakai dari brand lain seperti Mustika Ratu, Ovale, Naturgo, Nu Face. Untuk kalian yang penasaran dengan skincare routine dan gimana tahapan - tahapan aku pakai produk di atas, nanti akan ku jelasin di next post ya.
Before dan After Puberty in 10 years
Before (6th grade in 2007) & After (graduated in 2017)
Yap, foto ini menunjukkan perubahanku yang lumayan beda dari 10 tahun lalu, bahkan temen - temenku gak percaya kalau anak kecil dekil itu aku. Ohya, sebenernya skintone aku masih tetep aja coklat - coklat sawo matang, but I think it was better than before, meskipun gak mungkin bisa seputih artis korea yang putih mulus semulus porselen.

Tips :
  • Minum air minimal 8 gelas sehari, air mineral bagi kulit kita sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, membuat kulit jadi lebih cerah bercahaya dan masih banyak manfaat lainnya bagi tubuh kita.
  • Manfaatkan bahan alami untuk perawatan wajah dan badan, misalkan buah lemon yang kaya Vit C, telor ayam kampung untuk mengencangkan wajah, lidah buaya untuk melembabkan, kopi dan juga susu.
  • Memakai minyak zaitun, minyak ini bisa memberikan efek lembab bagi kulit, terutama jika dipakai sebelum tidur, oleskan dan lakukan pijatan - pijatan kecil ke seluruh tubuh, maka kita akan mendapatkan kulit yang halus sekaligus wangi di pagi harinya. Apabila kita pakai rutin setiap hari, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencerahkan spot - spot hitam yang terdapat di badan kita.
  • Memakai tabir surya (sunblock atau skincare SPF kurang lebih 30 menit sebelum keluar rumah)
  • Carilah produk perawatan yang memang cocok dengan kulit kalian, dan sesuai dengan masalah - masalah kulit yang ingin kalian perbaiki. Karena sebenarnya semua produk perawatan itu cocok - cocokan di kulit ya. Bisa saja cocok di aku, tapi belum tentu cocok di kalian.
  • Telaten dan Rajin adalah salah satu kunci keberhasilan memperoleh kulit yang kita inginkan, lakukan dengan tekad dan tujuan yang jelas. Jangan setengah - setengah ya guys, karena hasil tak akan mengkhianati usaha kita kok 😊
  • Sabar dalam menantikan hasil yang maksimal, memang perubahan - perubahan itu tidak akan muncul dalam satu/dua hari pun satu/dua minggu saja. Tetapi memang butuh proses yang cukup lama. Mau yang instan? kalian bisa coba suntik putih atau perawatan dari dokter lho, but I'm not highly recommend this method, untuk kalian yang cukup modal, kalian boleh pilih alternatif tersebut. Tapi semua itu kembali pada diri kalian masing - masing ya. Pakai produk apapun, kuncinya tetap "sabar".
  • Terus berdoa, ini yang utama. 👌

4 komentar

  1. omega..... rapper cilik wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. salfok sama anak kecil swaggy yang kucel itu ya kak 😂

      Hapus
  2. Pakek produk wardah hasilnya keliatan setelah pemakaian berapa bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai unknown, setiap kulit orang kan beda-beda ya, kalau buatku efek wardah ini baru kelihatan sekitar setahun-2 tahun pemakaian, untuk di bulan-bulan awal sih kulit udah berubah jadi lebih lembab, kalau efek mencerahkan memang butuh waktu yang ngga instant :) harus telaten dan sabar.

      Hapus