#DIY-03 Modifikasi Outer Menjadi Blouse

Cover Modifikasi Outer jadi Blouse
Halo sobat DIY,

Modifikasi baju lama juga dikenal dengan istilah refashion, merupakan kegiatan mendesain ulang baju yang telah ada menjadi baju dengan gaya baru. Uniknya, model - model baju modifikasi ini bisa kalian tentukan sendiri sesuai dengan mood kalian. Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai proses modifikasi outer menjadi sebuah blouse yang pernah saya lakukan. Penasaran bagaimana caranya? Stay on page ya 😚
Sebelum Modifikasi Outer jadi Blouse
Outer kimono pink flowery (made by me)
Awalnya, outer yang saya miliki ini juga merupakan hasil jahitan tangan saya lho, namun karena jarang dipakai, saya berpikir untuk memodifikasinya menjadi model baru. Dan kebetulan di lemari saya terdapat blouse dengan desain lumayan sederhana, sehingga saya memutuskan untuk menyesuaikan (meniru) ukuran dan desain blouse yang telah ada. Berikut ilustrasi langkah - langkah proses modifikasinya, (maaf tidak ada real photo saat prosesnya ya, karena bajunya sudah jadi 😅) :
Pola Potong Modifikasi Outer jadi Blouse
Dari hasil potongan tersebut menghasilkan 2 lembar (kanan dan kiri) yang bertumpukan depan belakang. Kemudian pada sisi kiri, saya gunakan untuk pola bajunya seperti gambar di bawah : 
Pola Potong Modifikasi Outer jadi Blouse
Pola tersebut menghasilkan dua lembar bagian atas untuk sisi depan dan belakang, serta dua lembar persegi panjang. Lalu persegi panjang tersebut disambungkan ke bagian atasnya dengan model wiru atau bergelombang.

Lembar bertumpukan yang sebelah kanan, saya gunakan untuk membuat pola lengan. Saya berencana membuat desain lengan terompet tumpuk 3 layer.
Pola Potong Modifikasi Outer jadi Blouse
Terdapat kain sisa-sisa yang lumayan panjang selebar 4 cm digunakan untuk menutupi hasil potongan pada bagian leher, agar terlihat lebih rapi.
Pola Potong
Kemudian potongan - potongan tersebut dijahit sesuai pola dengan kondisi terbalik, tahap terakhirnya pada posisi kanan, kiri dan lengan baju diberikan obras agar jahitan baju tidak mudah lepas.
Sesudah Modifikasi Outer jadi Blouse
Hasil modifikasi menjadi blouse
Detail pada Lengan Blouse
Detail lengan dengan desain terompet bertumpuk
OOTD ala Anggie Ghiaz
Cocok digunakan dengan casual & semi-formal look
Bagaimana hasilnya guys?
Cukup sekian DIY kali ini, dan tunggu beberapa tutorial DIY selanjutnya yaa.


Salam kreasi,

ANGGIE GHIAZ


4 komentar

  1. baru ngeh bedanya apaan lol :D, kontennya bagus mbak menginspirasi. lain kali gambar before n afternya dibuat berdampingan aja ya mbak biar bandinginnya gampang...btw, nice :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukannya ya, duh gambarnya lupa cuma buat thumbnail aja yg before after hihi next time kuperbaiki lagi deh..

      Hapus
  2. Wah...hasilnya bagus ya, selama ini gak pernah kepikiran buat refashion seperti ini padahal bagus buat menghemat pengeluaran biar gak beli baju baru lagi hehehe...TFS

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak, bener banget nih lumayan buat penghematan, yuks lah pankapan dicoba jugaaaa hehe. Anw, thanks for visiting me yaaa kakaaa

      Hapus