7 Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Agar Tetap Produktif Saat Waktu Luang


Cover Produktif di Waktu Luang
Produktif (adj) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti 1 bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar); 2 mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); 3 mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur baru.
Dari penjelasan di atas, tentunya dapat kita pahami secara garis besar, bahwa kegiatan produktif merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, produktif tidak melulu dinilai dari materi/uang saja, tetapi bisa kita lihat dari daya gunanya juga. Dari berbagai kalangan dan usia, waktu luang kadang tercipta sebagai akibat dari perubahan gaya hidup. Mulai dari lulus sekolah atau kuliah, cuti kerja, perubahan karier, ditinggalkan oleh anak - anak untuk merantau atau hidup berkeluarga, hingga masa pensiun dan masa tua. Setidaknya waktu luang ini akan membuat kita berpikir "apa yang harus saya lakukan?" agar tidak merasa sia - sia dan takut "tidak melakukan apa - apa". 

Pada akhirnya, menggunakan waktu luang ini untuk melakukan hal yang bermanfaat dan positif menjadi cara jitu untuk meningkatkan motivasi, kreativititas, rasa antusias, energi dan kebahagiaan. Dimana kita akan merasa lebih puas dalam menjalani kehidupan dengan menjadi manusia yang produktif. Untuk itu, dalam content kali ini saya ingin menyumbangkan ide agar waktu luang kalian bisa lebih produktif. Stay on page ya 😚

1.  Write Your Own Journal 
 Bikin Jurnal Pribadi
Sekedar memiliki 'keinginan' untuk memiliki waktu luang produktif tidak akan menghasilkan apa - apa jika kalian belum memikirkan rencana/proses apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi waktu tersebut dengan efektif. Sehingga kalian (bisa jadi) perlu membuat daftar kegiatan apa saja yang ingin dilakukan, membuat laporan dan kalian bisa membuat evaluasi apakah aktivitas tersebut sebaiknya dilakukan atau tidak. Salah satunya adalah membuat jurnal, menulis rencana dan ceritakanlah bagaimana hidup yang kalian inginkan. Tulis daftar aktivitas apa saja yang kalian ingin coba, baik itu hal - hal baru atau kegiatan yang pernah anda lakukan. Jurnal yang pernah saya tulis (lihat gambar) terdapat kegiatan - kegiatan daily atau harian, bisa menjadi salah satu contoh alat tracker cepat untuk menentukan kualitas dari rutinitas kita sehari - hari. Kalian juga bisa menggunakan papan atau lifemap buatan sendiri, memanfaatkan smartphone kesayangan, atau dengan bahan dan alat apapun itu, terserah kalian ya. Ingat! Jangan membatasi denfinisi "berguna" hanya pada anggapan bahwa kalian harus melakukan sesuatu. Pssst, tidur atau menonton drama juga menjadi hal yang "berguna" jika membuat hidup kalian lebih baik dan bahagia.

2.  Interesting Hobby Can Make Your Time So Enjoyable
Lakukan hobi sesuka hati
Memiliki hobi bisa menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu luang. Dari hobi ini kalian juga menghasilkan sesuatu, misal hobi olah raga : kalian mendapatkan tubuh yang sehat, hobi masak : kalian menghasilkan masakan yang enak, hobi kerajinan : kalian mempunyai barang - barang unik, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, banyak orang di luar sana yang menjadi sukses berawal dari hobinya lho. Apabila kalian mempunyai hobi skala besar, membuka bisnis pun dapat menjadi potensi dan peluang yang besar. Yang jelas, dengan menikmati hobi ini, kalian bisa sekaligus meringankan stress dan menambah rileks pikiran.

Jadi untuk kalian yang belum punya hobi, segera temukan pilihanmu sekarang!

3.  Change Your Social Media Purpose
Meningkatkan Skill Lewat Sosial Media
Berapa lama kalian bermain gadget atau smartphone dalam sehari? Apa saja yang kalian lakukan ketika memegang handphone? Nah, sekarang saatnya kalian mengubah tujuan kalian saat memainkan HP. Kalian cukup menentukan waktu 'produktif' dalam menggunakan HP, contohnya setiap pagi membaca berita dari surat kabar online, di waktu istirahat menonton channel YouTube untuk belajar bahasa asing, dan malam hari sebelum tidur digunakan untuk me-review yang telah dibaca dan dipelajari. Untuk kalian yang suka chatting atau mengetik, bisa juga memulai langkah dengan menulis, atau kalian yang suka fotografi bisa membuat karya sebaik mungkin kemudian mengikuti kompetisi - kompetisi, dan yang lagi nge-trend di kalangan anak muda - remaja adalah video atau ngevlog lalu bisa kalian upload di sosmed, tentunya dengan konten yang bermanfaat ya. Selain itu, dengan hanya bermodal jempol kalian bisa menambah kemampuan tertentu, cukup follow dan scroll akun - akun yang memberikan konten materi, info, tutorial dan lainnya. Masih banyak sekali kegiatan positif yang dapat kita pilih hanya bermodalkan gadget saja. Jadi, mari kita gunakan HP dengan bijak ya guys!

4.  Get Your Body Goal With Easy Exercise
Olahraga biar Bodygoals
Untuk kalian yang "mager" (males gerak), olahraga bisa menjadi hal yang mengerikan, termasuk saya. Namun apabila tidak digunakan dan dibiasakan olahraga, lama - lama tubuh kita bisa berontak dan mencapai titik lemahnya. Sehingga olahraga adalah kegiatan yang sangat perlu dilakukan dengan rutin, guna menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Untuk kalian yang sangat aktif di luar, bisa mencoba olahraga berat, misal nge-gym, berlari, senam aerobik, dll. Lalu bagaimana dengan kalian yang sekedar keluar dari rumah saja males? Kalian bisa mencoba olahraga yang ringan - ringan saja di rumah, misalkan lompat tali, hullahoop, atau stretching. Enaknya, aktivitas macam begini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan kalian bisa melakukannya kapanpun dimanapun.
Note : kalian yang mendambakan perut langsing dengan otot kencang, bisa coba hullahoop sebagai salah satu alternatif olahraganya, trust me 💪

5.  Quality Time With Your Lovely Pet
Main dengan Kucing Kesayangan
Yaps, hewan peliharan terkenal dengan lucu dan manja. Mereka bisa menjadi sumber semangat dan penghibur setia kita, bisa dijadikan teman curhat, dan teman bermain ketika mereka lagi aktif - aktifnya. Hewan peliharaan yang banyak dimiliki oleh orang - orang mungkin kucing dan anjing, namun tidak hanya itu saja lho, hewan lain juga bisa menjadi opsi untuk dipelihara, seperti : ikan, marmut, hamster, kura - kura, dll.
Sedangkan kalian yang belum memiliki hewan peliharaan, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengadopsinya. Namun pilihan ini tidak cocok bagi kalian yang tidak suka ribet dan jam kerja tidak teratur. Karena hewan peliharaan membutuhkan perawatan yang teratur dan kesediaan kalian untuk memenuhi segala kebutuhannya.
Memelihara hewan tetap menjadi salah satu opsi yang menyenangkan, terutama untuk kalian yang gila kerja. Coba bayangkan ketika stress melanda karena berbagai macam masalah di kantor, atau penat mengurus rumah tangga bagi kalian yang sudah menikah, kemudian hewan peliharaan kalian sedang menunggu dengan wajah lucunya di rumah atau kosan. Wah, menggemaskan bukan?

6.  Pro Bono Work, Why Not?
Melakukan Kegiatan Suka Rela
Apa itu Pro Bono? Dalam istilah hukum, pro bono work berarti pekerjaan suka rela (tak perlu imbalan) yang dilakukan demi kepentingan umum atau bersama. 
Yap, volunteer atau menjadi sukarelawan menjadi salah satu kegiatan yang produktif ya. Terutama untuk kalian yang senang berinteraksi dengan orang banyak dan saling membantu dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan yaitu : 
a. Tambahan belajar untuk anak SD/SMP : disini kalian bisa saja memberikan materi-materi yang berhubungan dengan akademis maupun non-akademis, sosial dan hiburan. Atau membantu mengerjakan tugas-tugas yang dirasa sulit untuk dikerjakan oleh seumuran anak SD (misalkan kerajinan tangan)
b. Membantu Seksi Simpan Pinjam Ibu PKK : untuk kalian yang terbilang 'melek teknologi' dan ingin bermanfaat bagi orang banyak, terutama buat ibu sendiri nih, kegiatan seperti ini bisa dicoba di lingkungan rumah masing-masing lho. Simple saja kok, kurang lebih tugasnya adalah menghitung hasil, membuat laporan, dan membagi tabungan warga. Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi lingkungan rumah yang terlalu banyak ibu-ibu 'gaptek' (ups), nah disinilah tangan dan keterampilan kalian dibutuhkan.

7.  Upgrade Your Spirituality
Mendekatkan diri pada Allah SWT
Dari semua hal yang saya sebutkan tadi, tidak akan lengkap jika kita hanya memikirkan duniawi saja, karena kehidupan akhirat pun juga sama pentingnya. Lalu apakah bekal kalian sudah cukup?
Di saat waktu - waktu kosong dan kalian sedang bingung untuk melakukan sesuatu, belajar dan menambah ilmu agama adalah pilihan yang sangat tepat. Mulailah dari diri sendiri, paksakan dan biasakan! Kalian bisa meningkatkan kualitas ibadah harian, belajar hal - hal baru, sendiri atau bersama - sama di masjid bagi yang muslim (atau gereja/kuil/pura bagi pemeluk agama lainnya). Kegiatan ini adalah cara aman untuk bertemu orang-orang menarik dan terlibat dalam komunitas yang positif.


Itulah beberapa ide dari saya, tunggu ide - ide baru lain di postingan berikutnya ya, terima kasih 🙏

"Sekecil apapun kesempatan yang kalian miliki, waktu akan tetap menjadi misteri, cobalah mengisi ruang waktu kosong dalam sehari, dengan aktivitas dan senyum semangat pagi."

Tidak ada komentar

Posting Komentar