#DIY-04 Cara Membuat Amplop Astor dan Lollipop Angpao Lebaran

Cover Bikin Angpao Lebaran Model Astor

Halo sobat DIY,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim seluruh dunia. Yay 💚 Semoga kita semua diberikan kemudahan dan tetap istiqomah hingga bertemu Hari Raya nanti ya. Ngomong-ngomong soal Hari Raya, selain sebagai ajang kumpul/reuni keluarga besar, biasanya dalam acara tersebut juga ada sebuah tradisi yaitu bagi-bagi uang saku/angpao. Lalu apakah kalian sudah mulai memikirkan bagaimana membungkus angpao tersebut? Masih pakai amplop biasa? mainstream sekali ya guys. Coba deh kalian buat amplop unik dari bahan kain flanel. Contohnya amplop astor dan lollipop yang lagi nge-hits di tengah Ramadhan ini. Penasaran kan bagaimana caranya? Stay on page ya 😚

Alat & Bahan :
  • Kain flanel
  • Pita
  • Lem tembak
  • Gunting
  • Pensil + penggaris (alat bantu)

Cara Membuat :
  • Membuat pola dengan ukuran 7x5 untuk badan astor, 3x2.5 untuk pita lollipop, dan 0.5x20 dalam 2 warna yang berbeda untuk membuat lollipop/candy. Ukuran tersebut menyesuaikan ya, tergantung keinginan kalian.
Bikin Angpao Lebaran Model Astor
  • Pola 7x5 disatukan melingkar dan direkatkan dengan lem tembak, gunakan pensil sebagai bantuannya untuk mencetak badan astor.
  • Pada badan astor yang masih menempel pada pensil, dililitkan sebuah pita kecil secara spiral seperti pada contoh gambar. (Apabila ingin membuat model astor saja, kalian bisa melewati step setelah ini)
Bikin Angpao Lebaran Model Astor
Hasil lollipop (kiri) dan badan astor yang belum dihias pita (kanan)
  • Pola 0.5x20 dengan 2 warna yang berbeda, disini saya pakai warna biru dan pink, keduanya digulung melingkar sambil direkatkan dengan lem, menjadi sebuah lingkaran. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di atas.
  • Pola 3x2.5 digunakan untuk membuat pita lollipop, caranya yaitu : lipat menjadi dua bagian, rekatkan satu titik di tengah - tengah, kemudian pada bagian sampingnya dibuka dan direkatkan pada sisi lainnya. Selanjutnya pada bagian tengah yang telah direkatkan, ditutupi dengan pita kecil seperti di bawah ini.
Bikin Angpao Lebaran Model Astor
  • Satukan badan astor dengan lollipop dan bagian tengahnya diberikan pita.
Bikin Angpao Lebaran Model Astor
Hasil akhir amplop lollipop
Cara pakainya adalah dengan menggulung uang menjadi batangan lalu disisipkan ke dalam astor tersebut. Nah, jadi gimana? Tertarik untuk membuat souvenir lucu seperti ini? Kalian bisa belajar dan mencobanya sendiri di rumah lho, bahannya juga mudah dicari, lumayan buat menambah hobi sekaligus menghasilkan karya unik. Apalagi jika banyak yang tertarik dengan karya kita, bisa dijadikan ladang usaha deh! Sekian dari saya, nantikan konten DIY selanjutnya yaa.
Bikin Angpao Lebaran Model Astor
Contoh amplop astor warna coklat dan biru

Bikin Angpao Lebaran Model Astor
Contoh amplop lollipop dengan warna dasar hijau

Bikin Angpao Lebaran Model Astor
Sebagian pesanan orang-orang dekat rumah, lumayan banyak yang mau lho


Salam kreasi,

ANGGIE GHIAZ

2 komentar

  1. hampir aja kukira astor beneran itu wkwkwkwk efek Bulan Ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat kain aja dikira astor, liat kecoa dikira kurma, liat elpiji dikira degan 😂

      Hapus