Taman Olba, Ngawi - Destinasi Wisata Edukatif Pilihan Keluarga

Wisata Keluarga di Taman Olba Ngawi

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjungi salah satu destinasi wisata di daerah Gerih, Ngawi. Kebetulan Kabupaten Ngawi ini adalah tanah kelahiran saya dan selagi liburan disini saya gunakan untuk berkunjung ke tempat wisatanya yang sedang viral di daerah kami.

Awalnya saya dan keluarga cuma berniat untuk berenang saja, lalu kami mencari kolam renang yang paling dekat dengan rumah dan ketemulah dengan Taman Olba Gerih ini. Kami berkunjung tepat di hari Minggu pagi, lumayan ramai dan penuh karena banyak pengunjung dari luar kota yang berbondong-bondong datang kesini.

Taman Olba terletak di Desa Gerih, Kecamatan Geneng, Kabupaten Jawa Timur. Bagi saya jarak kesini cukup dekat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit perjalanan dari rumah simbah saya. Meskipun kondisi jalannya waktu itu masih lumayan bergelombang, tetapi akses menuju ke lokasi cukup mudah baik ditempuh dengan kendaraan motor maupun mobil. Karena sudah diberikan papan petunjuk arah di beberapa titik menuju lokasi, sehingga calon pengunjung tinggal mengikuti arah panah yang diberikan. InsyaAllah gak bakalan nyasar kok, pakai google maps juga pasti ketemu. Tenang saja kelihatan terpencil tapi tidak menyesatkan kok. Hehe

Berbagai Macam Wahana di Taman Olba

Taman Olba sendiri merupakan tempat wisata alam yang bernuansa sejuk, dengan konsep permainan outdoor dan wahana yang ramah anak-anak, tempat ini cocok dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata keluarga. Disini tersedia berbagai macam wahana permainan seru dan menarik lainnya seperti :

  1. Taman Bermain
    Sebuah taman indah berwarna-warni berisi ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, jaring laba-laba, dan panjat tebing. Ukurannya mulai dari yang kecil hingga besar, ada pula tempat duduk untuk sekedar bersantai para orang tua sambil mengawasi anaknya bermain.
  2. Outbound
    Wahana permainan outdoor seperti flying fox dan ATV, cocok banget untuk menguji adrenalin. Bisa dinikmati oleh anak-anak hingga remaja. Untuk bisa menikmati wahana ini harus memperhatikan persyaratan yang tertera di setiap titik main ya, ada patokan tinggi dan berat badan juga. Meskipun permainan outdoor cukup beresiko, kalau kalian mengikuti prosedur yang ada pasti dijamin aman deh. Tenang saja, disini ada pengawasnya juga kok.
  3. Kolam Renang
    Terdapat 2 jenis kolam renang disini, ada kolam biasa dan satunya tipe waterboom. Untuk area kolam biasa terdapat 2 area kolam dengan kedalaman yang berbeda, untuk dewasa dan anak-anak. Sedangkan di kolam renang waterboom hampir sama seperti kolam biasa, yang membedakan adalah adanya permainan guyuran air seperti waterboom pada umumnya. Biasanya area waterboom ini paling banyak diminati pengunjung karena berenang menjadi lebih seru dengan permainan airnya. Sayangnya waktu keluarga saya kesana, area waterboom ini sedang under maintenance, sepertinya masih dibersihkan atau sedang direnovasi. Jadi saya hanya kebagian renang di kolam biasa. Eh bukan saya ding, yang bener anak dan sepupu saya, kalau saya mah cuma ngawasi anak yang lagi berenang sama bapaknya, sambil duduk-duduk manis di pinggiran kolam.
  4. Terapi Ikan
    Awalnya saya malu-malu meong mau main ke wahana terapi ikan ini, ya tau kan rasanya geli-geli dicium ikan, tapi karena dipaksa sama si bapak alias misua, akhirnya nyemplung juga. Eh enak juga di kaki jadi terasa bersih dan peredaran darah lancar. Mumpung sepi juga katanya, dan bener saja disitu isinya cuma kami bertiga (suami, saya dan mama) sama si krucil 1 (Asiy). Asik banget berasa private pool gitu deh tapi ya gak berselang lama ada beberapa keluarga yang masuk akhirnya kami pun berhenti.
  5. Kebun Binatang (Mini Zoo)
    Uniknya di tempat wisata ini ada kebun binatangnya juga loh. Yah meski jumlah hewannya sangat terbatas tapi sudah cukup menghibur anak-anak yang berkunjung. Sayang sekali waktu disana minizoonya under maintenance juga, yah maklum karena baru-baru saja dibuka setelah tutup sekian lama akibat pandemi. Meskipun tidak bisa masuk untuk kasih makan hewannya secara langsung, tapi kami masih bisa melihat hewannya dari luar pagar berjaring kok. Di bagian luar minizoo, sekitar jalan setapaknya terdapat kandang-kandang hewan kecil seperti ular, burung, kura-kura, iguana dan berang-berang. Yang di luar sini kalian bisa menyentuh langsung bahkan berswafoto juga. Entah kalau foto-foto dengan hewannya bakal ditarik biaya atau tidak ya, karena waktu itu saya cuma mampir melihat-lihat tidak kepikiran foto sama sekali.
  6. Perahu Kano (Perahu Karet)
    Menurut saya yang paling menarik dari tempat wisata ini adalah perahu kanonya. Dimana kita bisa mengarungi sungai buatan di bawah pohon yang sejuk, seru banget mendayung-dayung bareng keluarga, berasa rafting tapi di sungai tenang, kalau tabrakan antar perahu gitu malah makin seru, berasa main bombomcar di air. Untuk sekali putaran dibanderol 25K saja per orang, kalau kalian tidak berani mendayung sendiri bisa request dibantu oleh petugasnya kok.
    Photo by @noviratnaaa

    View dari jembatan di tengah sungai buatan

Berbagai Fasilitas yang ada di Taman Olba
  1. Cafe, ada beberapa macam pilihan makanan dan minuman kekinian ala cafe
  2. Stand pedagang kuliner dan mainan ala pasar malam, saya perhatikan banyak pilihan kuliner khas Jawa Timur yang di jual disini, ada tahu tek, tahu campur, gado-gado, es campur, 
  3. Toiletnya cukup banyak ada di beberapa titik lokasi
  4. Gazebo untuk beristirahat setelah seharian jalan-jalan atau sekedar camping makan bersama keluarga besar
  5. Panggung pentas, bisa dipakai untuk acara keluarga, komunitas, atau perkumpulan organisasi/instansi
  6. Lapangan/taman yang cukup luas, waktu saya kesana tempat ini sedang dipakai untuk senam bugar oleh sekelompok ibu-ibu dari usia muda hingga lansia
  7. Tempat parkirnya yang cukup luas, ada khusus mobil dan motor

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Olba sama rata baik untuk dewasa maupun anak-anak, kalian cukup membayar IDR 5.000 per orang, sangat murah ya. Jika kalian ingin menikmati beberapa wahana di dalamnya, ada biaya tambahan yang harus dibayar sebelum masuk ke area masing-masing loh. Ini pricelist yang saya tahu, jika ada update dari teman-teman tolong tinggalkan informasi di kolom komentar yah.

  • Kolam renang : IDR 10.000
  • Terapi ikan : IDR 10.000
  • Flying fox : IDR 10.000
  • Perahu kano : IDR 25.000 (ini saya agak lupa antara 25-35K, maaf ye)

Menurut saya sistem ticketing seperti ini ada enaknya juga ya, karena meskipun agak ribet harus bayar di tiap-tiap wahana tapi kita bisa jadi lebih hemat seandainya cuma masuk ke wahana tertentu, sehingga tiket masuk tidak mubadzir kan. Hehe

Bagaimana sobat traveling? Tertarik untuk sekadar mampir mencuci mata? Hayuk, segera cek kalender cuti kalian dan aturkan liburan bersama keluarga ke Taman Olba Gerih - Ngawi. Buat kalian yang mau kesini jangan lupa untuk mengajak seluruh anggota keluarga yaa, bapak ibu, kakek nenek, ponakan sepupu, bude pakde, diajak semuanya deh sekalian. Yang pastinya main kesini tuh dijamin seru dan gak bakal bosan karena pilihan wahananya yang super duper banyak dan bisa jadi hiburan untuk segala usia.

Instagram : @tamanolba
Facebook : Taman Olba
Jam Buka : Senin - Minggu (08.00 - 16.00 WIB)

Source :
Picture taken from Instagram @tamanolba

Tidak ada komentar

Posting Komentar