Review Roro Mendut Red Jelly Rosehip Glowing Skincare Booster

Cover Review Roro Mendut Red Jelly

Penggunaan retinol secara berlebihan bisa beresiko menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan rusak. Dalam kasus saya malah bisa sampai membuat kulit mengelupas. Entah saya dapat wangsit darimana sok ngide banget pengen pakai kosmetik dengan kandungan retinol, hmm, alasan saya sih karena usia hampir memasuki angka 30-an, gak ada salahnya untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dari sekarang kan?

Tapi karena penggunaan krim malam yang berlebihan malah membuat kulit wajah sedikit mengelupas. Tidak parah sih, yah lumayan mengganggu aktivitas sehari-hari juga, jadi selama bekerja malah fokus ngeliatin wajah kering dan ngelopekin kulit mati. Pakai foundie di pagi hari keliatannya malah gak menyatu dengan kulit, alias crack di bagian dagu, sebelah hidung, pipi dan bawah mata. Oh no! Bukannya keliatan awet muda malah keliatan kulit tuir ngelopek gini.

Untuk mengatasi masalah kulit tersebut saya mencari-cari jenis skincare apa sih yang cocok untuk melembabkan kulit. Paling nggak yang bisa balikin kondisi skin barrier, melembabkan dan menghilangkan bruntusan di kulit wajah. Akhirnya nemu racun di TikTok buat nyoba krim jelly dengan kandungan Hyaluronic Acid dan Alpha Arbutin yang bisa sekaligus mencerahkan kulit. Saya menemukan banyak brand Red Jelly di e-commerce, harganya mulai dari range 15K hingga 300K juga ada. Di sela-sela kebingungan saya menentukan krim mana nih yang mau dicoba, lalu keluar salah satu brand yang sangat unik namanya yaitu Roro Mendut Beauty.

Roro Mendut merupakan perusahaan kosmetik lokal Indonesia yang mengusung bahan-bahan herbal/alami rempah-rempah sebagai bahan utama dalam pembuatan produknya. Roro Mendut mengeluarkan berbagai macam produk from head to toe, literally dari skincare, bodycare ataupun haircare. Sedangkan untuk perawatan kulit wajah, (facial treatment) ada varian Jelly family yang terdiri dari 3 macam dengan warna khas diantaranya yaitu :

  1. Rosehip Red Jelly : melembabkan dan mencerahkan
  2. Centella Asiatica Green Jelly : mengurangi bruntusan dan minyak berlebih
  3. Tamanu Orange Jelly : mengatasi jerawat meradang
Nah pada kesempatan kali ini saya mau mengulas sedikit tentang salah satu varian-nya yaitu Roro Mendut Red Jelly Rosehip Glowing Skincare Booster. Yuk kita kupas satu-satu yaa!

Packaging
Red Jelly Roro Mendut ini dikemas dengan bahan kertas berbentuk trapesium, bagian luarnya berwarna-warni dominan sesuai dengan variannya masing-masing (kalau Red Jelly ini bungkusnya berwarna merah). Setiap sisi trapesium menampilkan deskripsi mengenai produknya mulai dari bahan pembuatan, manfaat produk dan cara pemakaiannya. Jika kita buka bungkus trapesiumnya terdapat mini jar berwarna putih berbahan plastik di dalamnya. Desain dari packagingnya ini cukup unik yaitu gambar wanita yang berbusana kebaya Jawa sesuai dengan namanya Roro Mendut yang kental dengan budaya Jawa.
Packaging Red Jelly Roro Mendut

Produk Roro Mendut ini memiliki 2 ukuran packaging yaitu ukuran 15gr dan 50gr. Yang saya punya kali ini berukuran kecil 15gr karena niatnya mau trial dulu kalau cocok baru beli yang ukuran besar.

Texture
Tekstur dari Red Jelly Roro Mendut berupa gel transparan berwarna pink, rasanya seperti jelly jika dipegang. Menurut saya teksturnya agak sticky, tapi tidak terlalu lengket banget kok karena masih dalam tahap wajar. Meskipun begitu, saat diaplikasikan pun tidak ada rasa lengket-lengket yang tersisa di tangan. Saat dipakaikan ke wajah, krim jelly ini sangat mudah diratakan dan cepat meresap ke kulit.
Tekstur Red Jelly Roro Mendut

Ingredients
Aqua, Acrylate, Propyleneglycol, Glycerin, Rosehip Oil, Pomegranate Extract, Licorice Roots Extract, Alpha Arbutin, Glutathione, Niacinamide, Collagen, Hyaluronic Acid, Bisabolol, Phenoxyethanol, Citric Acid, Disodium EDTA

Bahan bahan Red Jelly Roro Mendut

Highlight :

  • Rosehip : kaya akan anti-oksidan yang baik untuk tubuh dan kulit
  • Hyaluronic acid : menjaga kulit wajah tetap awet muda
  • Buah Delima : anti-oksidan dan banyak vitamin
  • Akar manis : mengatasi hiperpigmentasi
  • Glutathione : mencerahkan kulit
  • Alpha Arbutin : membuat kulit lebih cerah alami
  • Vitamin B3 : mengobati jerawat
  • Collagen : membuat kulit awet muda dan mencerahkan

Fragrance
Aroma yang muncul ketika kita mengaplikasikan krim jelly ke wajah adalah wangi segar khas buah-buahan yang sangat lembut, enak dan cukup bersahabat dengan hidung saya yang sensitif terhadap bau-bauan. Kalau saya sebutnya sih, ini kayak bau sabun semerbak seperti habis mandi. Kebayang kan bau segarnya sehabis mandi?

How to Use
Tata cara penggunaan krim jelly ini bisa kalian lihat di bungkus trapesiumnya yang bagian bawah. Spesialnya dari Red Jelly Roro Mendut adalah bisa dipakai pagi hari sebagai day cream maupun malam hari sebagai sleeping mask, sebelum memakai red jelly pastikan dulu wajah sudah dibersihkan dan memakai toner supaya memudahkan aplikasinya ke kulit. Berikut adalah cara pemakaian setelahnya :

  • Pagi hari (sebagai day cream) : serum - red jelly - sunscreen - makeup
  • Malam hari (sebagai sleeping mask) : serum - skincare - red jelly

First Impression
Kurang lebih ada sekitar 1 bulanan saya memakai Red Jelly Roro Mendut ini. Dari pemakaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk ini benar-benar bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Pas saya coba-coba pakai Red Jelly Roro Mendut untuk pertama kalinya, saya pakai habis menggunakan serum retinol dan sebelum memakai Sunscreen. Keesokan harinya, wajah saya malah muncul bintik merah-merah kecil seperti jerawat sudah matang. Saya kira jerawat kecil ini saya dapat dari pemakaian Red Jelly, akhirnya saya sempat berhenti pakai, ternyata mau pakai ataupun tidak kondisi kulit saya masih sama saja. Jadi saya berpikir penyebab beruntusan bukan dari Red Jelly melainkan karena hormonal dan udara yang kotor. Pertama kali pakai pun kondisi kulit saya memang sedang ngambek alias banyak banget bruntusan kecil-kecil di pipi bawah mata, samping hidung dan juga dahi tengah-tengah alis. Karena saya harus melakukan perjalanan PP setiap hari  dengan kondisi jalanan yang kotor, melalui jalan besar penuh polusi, hal tersebut memicu munculnya jerawat dan kulit kusam. Sungguh kulit ini sangat mudah untuk memproduksi minyak kotor dan semakin kelihatan dekil. 

Jadi karena modal nekat dan rasa "eman" karena sudah terlanjur beli tapi tidak dipakai, saya meneruskan pemakaiannya hingga tetes terakhir. Sedikit demi sedikit kondisi kulit semakin sehat, cerah dan licin. Kulit saya menjadi lebih plumpy dan mengkilap alias glowing. Namun sayang sekali dari pemakaian saya sejauh ini krim tersebut belum bisa memudarkan noda coklat (dark spot) atau flek hitam di wajah saya. Mungkin karena hasilnya tidak bisa instan, jadi masih perlu ekstra kesabaran untuk menghilangkan pigmen-pigmen hitam di wajah saya. Sebenarnya concern utama saya adalah kulit kering dan gejala skin barrier yang rusak, sehingga melihat kulit wajah yang semakin sehat dan lembab sudah membuat saya puas dengan hasil pemakaian Red Jelly Roro Mendut. Tapi saya jadi penasaran juga kalau kita ingin punya wajah yang licin dan flawless gitu bagaimana caranya ya? Kalau teman-teman punya tips n trick atau rekomendasi produk, boleh kok sharing di kolom komentar yaa.

Secara keseluruhan menurut saya krim jelly ini sangat worth it untuk dicoba. Bahkan saya sampai repurchase yang kedua kalinya karena masih penasaran bagaimana hasil maksimalnya setelah pemakaian berbulan-bulan. Baru 1 bulan saja sudah bikin wajah halus dan mengkilap kan, siapa tau bisa naikin tone kulit kan lumayan. Hehe

Like :

  • melembabkan
  • hasil cerah glowing
  • wanginya enak

Dislike :

  • agak sticky, masih dalam batas wajar

Kalau kalian ingin coba red jelly yang sudah BPOM, aman dipakai baik di muka maupun di kantong, Roro Mendut ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Karena red jelly dari Roro Mendut ini tergolong yang paling murah dibandingkan dengan skincare sejenisnya dan hasilnya pun mantulity.

Demikian ulasan racun skincare kali ini, semoga bermanfaat dan mari bertemu di review-review lainnya dari saya yaa.

Roro Mendut Red Jelly Rosehip - 15gr
Price : IDR 55.000/jar
Beli disini

Tidak ada komentar

Posting Komentar