#DIY-12 Tips Menghias Seserahan Minimalis dan Rekomendasi Olshop

Tips Menghias Seserahan dan Mahar
Hai semua teman kreasi, sehat selalu buat yang baca yah. Salam kenal buat semua teman pembaca yang baru saja secara sengaja maupun tidak sengaja mengklik tulisan ini. Terima kasih sudah mau mampir sebentar. Melanjutkan cerita tentang pernikahan teman masa kecil saya sebelumnya, dimana kreasi mahar dan seserahannya dipercayakan kepada saya yang masih amat sangat amatiran, sebelumnya saya sudah share tentang kreasi maharnya ya, nah kali ini saya mau meneruskan cerita tentang kreasi seserahan sederhana yang saya buat khusus untuk pernikahannya.

Baca Juga : #DIY-11 Bikin Mahar Pernikahan buat Teman Masa Kecil

Disini saya mau sharing lagi soal berkreasi dengan estetik. Jujur saya ini bukan anak seni, bukan orang yang paham apa itu estetika atau proporsional, saya hanyalah seorang wanita yang kebetulan suka menggeluti dunia kreasi, sedikit ulet, telaten dan hobi bebikinan. Saya pun mempelajari beberapa kreasi mahar dan seserahan secara otodidak dari Youtube, TikTok atau Short Video lain. Untuk menemukan tatanan yang rapi dan pas pun masih harus melalui berbagai macam trial dan error di dalam prosesnya. 

Selama ini dalam membuat sebuah karya, saya berpegang pada beberapa prinsip estetik sederhana yang bisa diimplementasikan saat kita berkreasi. Berikut ini adalah beberapa prinsip estetika yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Beauty

Dalam mencapai suatu karya yang estetik dibutuhkan keindahan dalam sebuah seni, dimana baik atau buruknya dapat dirasakan oleh panca indra. Keindahan dalam sebuah karya, disini konteksnya adalah seni menghias mahar dan seserahan, merupakan perpaduan antara warna,  bentuk, aksesoris serta ide-ide hebat yang menciptakan titik temu keindahan visual dan perasaan batin. Sehingga karya tersebut dapat menghasilkan pengalaman bagi orang yang mengapresiasinya.

2. Simple

Seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berlebihan itu terkadang tidak baik, pun kalau kita membahas soal karya seni atau bebikinan. Dalam menghias mahar ataupun seserahan juga akan terlihat lebih indah jika detail-detail yang disuguhkan sangat minimalis. Sebaliknya jika terlalu banyak hiasan atau detail, malah hasilnya akan terlihat semakin ramai atau berantakan. Jadi usahakan memakai kombinasi warna yang match dan tidak lebih dari 2-3 warna saja. Meskipun setiap orang mempunyai selera masing-masing dalam menilai suatu karya seni, namun kunci "sederhana" ini bisa diterapkan pada seluruh aspek karya seni. Yang perlu diingat adalah simple but not plain. Gimana maksudnya? Ikuti tips selanjutnya ya. 

3. Elegant

Sebuah manifestasi keindahan yang tertata dengan anggun dan rapi dalam berbagai bentuknya. Dapat mencerminkan kualitas yang penuh dengan rasa dan rinci dalam setiap detailnya. Sebuah karya yang elegan melibatkan harmoni elemen-elemen yang disusun dengan sempurna, menciptakan tampilan yang memikat mata dan merayu hati. Hasil karya yang tercipta dari kerja keras, perhatian, serta fokus terhadap detail, sehingga suatu karya tersebut dapat lebih bersinar dalam kemegahan dan kesederhanaan yang seimbang. Maksud dari elegan disini adalah karya tersebut bisa memancarkan pesona dan kesan tahan lama, memungkinkan kita untuk mengagumi keindahan dalam wujud yang paling mewah tanpa mengabaikan kekuatan pesan atau tema yang ingin disampaikan.

Disclaimer : saya bukan bermaksud untuk menggurui siapapun ya teman-teman, karena saya bukanlah seorang pengajar, cuma mau berbagi pengalaman yang saya dapatkan dari berbagai macam percobaan yang saya lakukan. Semoga bisa bermanfaat dan diterima oleh masyarakat luas yang ingin belajar mengenai kreasi mahar atau kreasi lainnya juga.

Ketiga poin diatas dapat kita terapkan sebagai acuan saat memulai berkarya, baik itu untuk menghias mahar maupun seserahan. Tentunya tidak lupa untuk terus meng-upgrade dan terus belajar mengikuti perkembangan zaman serta trend masa kini. 

Ohiya sesuai janji saya sebelumnya untuk memberikan bocoran toko online yang saya pakai untuk bebikinan disini, saya cantumkan detailnya di bawah yaa. Semoga bisa mengispirasi 💚

Rekomendasi Olshop Perintilan Seserahan

Nah buat kalian yang masih bingung mencari toko mana saja untuk membeli kebutuhan seserahan nikah, nih saya kasih tautan mudah tinggal klik aja. InsyaAllah seller terpercaya, amanah dan barang-barangnya berkualitas, karena saya sudah coba membelinya disini, jadilah berani kasih tau ke kalian. Hehe

Kreasi Seserahan Tema Peach-Pinky Minimalist

Kreasi Seserahan Tema Peach-Pinky Minimalist
List kebutuhan :

  1. Alas Flanel Hijau Rumput : https://shope.ee/VfirlyVyC
  2. Bunga Pink 6cm : https://shope.ee/40Fb32QFo3
  3. Bunga Peach 7cm : https://shope.ee/4poi2JTPIu
  4. Kain Tile Soft Pink Blush : https://shope.ee/8Ui0Ouf5BB
  5. Pita Soft Pink : https://shope.ee/30N3qVh1yT
  6. Lempeng Segitiga Emas : https://shope.ee/9UaXac0yjC
Untuk pilihan bunganya saya sangat merekomendasikan buat beli di Toko Omega Florist Surabaya, disini. Karena selain harganya yang murah-murah, juga pilihannya yang sangat banyak. Nih saya kasih contoh rincian order yang sudah checkout yaa :
Rincian Order Omega Florist

Kreasi Seserahan Tema Beauty in White

Kreasi Seserahan Tema Beauty in White
List kebutuhan :

  1. Alas Flanel Hijau : https://shope.ee/VfirlyVyC
  2. Bunga Rose Putih Gading : https://shope.ee/8A5A1Lc5rS
  3. Daun Artificial Pakis Mini : https://shope.ee/1qB6Tz6XIY
  4. Mutiara Putih & Peach : https://shope.ee/3AgU4Z2Ykr
Untuk semua kotak seserahan di atas saya bikin custom ke tempat langganan dekat rumah. Pssst, kolase foto yang Tema Beauty in White adalah seserahan di pernikahan saya 3 tahun lalu. Kenapa dulu milih beli kotaknya sendiri? Yang jelas waktu awal beli kotak ini dulu karena mau DIY perlengkapan nikah sendiri, dan karena mindset aji mumpung "seandainya dijadikan modal buat bantuin teman-teman bikin seserahan kan lumayan yak". Alhamdulillah kotak ini sering dipinjam oleh teman-teman, bahkan bisa jadi modal cuan juga. MasyaAllah. 

Sudah lunas ya teman-teman kreasi semua, silahkan dipilah-pilih sesuai kebutuhan. Sampai ketemu di tutorial bikin-bikin selanjutnga. Salam kreasi 💚

Tidak ada komentar

Posting Komentar