Coba nih 5 Cara Membersihkan Sepatu agar Terlihat Baru Lagi

5 Cara membersihkan sepatu jadi seperti baru
Setelah keluar dari Rumah Sakit di bulan Juni lalu, Asiy justru menunjukkan perubahan tumbuh kembang yang sangat signifikan. Dia mulai aktif merangkai kata menjadi sebuah kalimat, mengatur dan menentukan pilihan, serta tentunya semakin aktif bermain-main bersama temannya. Saya sangat bersyukur Asiy bisa kembali pulih dengan cepat dan kembali ceria lagi bergaul berlarian bersama kakak, adek dan teman sebayanya di lingkungan rumah. Namun seringkali yang menjadi kekhawatiran saya adalah ketika dia bermain kotor-kotoran, bukan karena takut kotor atau kumannya yah, justru malah tidak apa-apa supaya anak bisa bebas mengeksplorasi dan berkreasi. Terus apa dong yang bikin khawatir? Hehe sebenarnya karena kebanyakan alas kaki yang dia punya ini berwarna cerah-cerah sehingga sepatu dan sandalnya semakin mudah kotor terkena debu dan tanah saat bermain. Alhasil lemari sepatunya penuh dengan sepatu/sandal yang buluk-buluk seperti tidak layak pakai, padahal ya masih bagus-bagus seharusnya.
Namun saya tetap tidak melarangnya untuk bermain-main ya bun, karena itu hak anak yang harus terpenuhi di masa tumbuh kembangnya kini, supaya stimulasi perkembangan otaknya semakin maksimal. Nah tugas saya hanyalah merapikan dan membersihkan kembali apa yang dia gunakan. Tentunya yang jadi PR juga adalah gimana cara sepatu/sandal kotor di lemarinya ini bisa bersih dan kelihatan seperti baru lagi? Akhirnya saya mengorek informasi mulai dari googling, mendengar cerita tetangga, pengalaman teman atau dari hasil coba-coba sendiri.
Mencuci Sepatu dengan Sabun Cuci Piring
sumber : vecteezy.com
Merangkum dari rasa keingintahuan dan pengalaman saya tersebut, kali ini saya mau share gimana sih caranya membersihkan sepatu supaya terlihat seperti saat baru pertama kali dipakai. Berikut adalah 5 cara yang bisa kita lakukan agar sepatu dan sandal bisa kembali berkilau :
  1. Campuran baking soda dan cuka
    Siapa sangka baking soda dan cuka yang biasa kita temui sebagai bahan masakan ini bisa menjadi salah satu campuran pembersih sepatu. Tentunya karena kedua bahan ini memiliki kandungan yang sangat kuat, bisa dipakai untuk membersihkan sepatu karena mengandung antibakteri, dapat mengurangi bau tidak sedap dan menghambat pertumbuhan jamur pada sepatu. Caranya : pertama-tama campurkan setengah cangkir air cuka dengan seperempat cangkir soda kue ke dalam sebuah mangkok, lalu aduk hingga mengeluarkan busa. Kemudian dengan menggunakan kuas, gosokkan pada sepatu yang kotor, diamkan hingga meresap dan tunggu selama beberapa waktu (kurang lebih 30 menit) saja. Setelah itu bilaslah menggunakan air dingin, maka sepatu kita akan terlihat seperti baru berkat campuran kedua bahan ini.
  2. Magic eraser spons
    Magic eraser spons merupakan pembersih khusus dengan kemampuan menyerap yang tinggi, berguna untuk menjaga sepatu agar tetap bersih. Caranya : siapkan campuran air sabun, celupkan spons ke dalam campuran tersebut, lalu peras. Bersihkan sepatu dengan gerakan maju-mundur khusus pada area yang kotor sampai noda tersebut hilang. Jangan lupa bilas menggunakan air bersih dan jemur hingga kering.
  3. Cairan Lemon
    Seperti yang kita ketahui bahwa air lemon merupakan bahan alami yang mengandung citric acid, senyawa organik yang bermanfaat untuk membersihkan noda dan kotoran, serta bisa menjadi disinfektan alami yang membunuh bakteri, jamur dan lumut. Sehingga cairan lemon ini bisa digunakan sebagai alternatif lain selain cuka. Caranya : campurkan air lemon dan air secukupnya ke dalam mangkok. Gunakan spons pembersih khusus lalu celupkan ke dalam campuran air lemon. Gosokkan pada area sepatu yang kotor secara perlahan, dan tambahkan air lemon jika diperlukan. Bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan di dalam ruangan supaya tidak memperburuk bekas noda dan tidak mudah rusak.
  4. Pasta gigi
    Pasta gigi selain digunakan untuk menggosok gigi dan menjaga gigi agar tetap putih, juga bisa digunakan untuk membersihkan beberapa benda kesayangan kita. Kalau saya biasanya membersihkan emas perhiasan menggunakan pasta gigi ini, ternyata pasta gigi pun bisa digunakan untuk membersihkan sepatu juga lho. Caranya mudah banget, tinggal siapkan pasta gigi dan sikat gigi bekas untuk menggosok sepatu. Basahi permukaan sepatu dengan menggunakan handuk microfiber yang lembut, tipis-tipis saja jangan sampai terlalu basah. Aplikasikan pasta gigi secukupnya pada area yang bernoda tebal, gosok melingkar perlahan-lahan hingga bersih, lakukan setidaknya selama beberapa menit. Lalu gunakan kain lap bersih untuk mengelap permukaan sepatu, letakkan pada ruangan yang berventilasi baik, lalu diamkan hingga mengering.
  5. Sabun cici piring
    Nah selain bahan-bahan yang sudah saya sebutkan di atas, ada lagi nih yang gak kalah ampuhnya buat membersihkan sepatu/sandal supaya terlihat bersih seperti baru. Yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, yaps sabun cuci dengan kandungan asam sitrat alami yang berfungsi untuk mengangkat noda dan kotoran. Sabun cuci piring yang dimaksud tentu yang berbahan dasar cair ya teman-teman, supaya mudah diaplikasikan. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan sabun cuci piring ke dalam air hangat, aduk hingga sedikit berbusa, lalu gosok menggunakan spons pembersih pada permukaan sepatu yang kotor. Lalu seperti biasa bilas dengan air bersih dan keringkan di bawah sinar matari. Enaknya campuran sabun ini bisa digunakan untuk sepatu berbahan kulit maupun kanvas. Namun untuk sepatu berbahan kulit tidak disarankan untuk dijemur di bawah sinar matahari secara langsung karena bisa memperburuk bercak noda dan merusak permukaan sepatu, jadi cukup ditaruh di ruangan teduh berangin, tunggu hingga mengering.
Gimana nih temans? Ada yang sudah coba salah satu atau bahkan semua cara di atas? Mana yang lebih mudah menurut kalian? Kalau saya pribadi lebih suka pakai pasta gigi dan sabun cuci piring dengan media pembersih magic spons, tentunya karena pasti gigi dan sabun cuci piring adalah bahan yang sudah pasti tersedia di dalam rumah kita, jadi tinggal ambil saja, cuci-cuci sudah deh. Nah buat yang mau hemat cuci sepatu sendiri, boleh juga nih dicoba pakai cara ini karena udah gak perlu ribet bawa ke laundry shoes mahal-mahal. Ngomongin soal sabun cuci piring, ini nih saya kasih rekomendasi sabun cuci piring baru dari brand Sparkle. Ada yang belum familiar dengan namanya? Sparkle merupakan salah satu brand produk cairan pembersih yang diproduksi oleh perusahan lokal. Selain itu, Sparkle juga menggunakan bahan-bahan berkualitas dan memiliki kandungan yang dapat membersihkan bakteri dan virus yang menyebar ke seluruh rumah, peralatan rumah tangga, hingga anggota badan.
Ayo bersihkan sepatumu, biar gak cuma orangnya aja yang glowing, alas kakinya juga harus glowing dong.

Selamat mencoba temans...

Tidak ada komentar

Posting Komentar